Serbaguna, 5 Model Kabinet yang Muat untuk Banyak Barang

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Capek dengan ruangan rumah yang terlihat berantakan? Atau lagi cari cara supaya ruang tamu kamu bisa lebih efisien dalam hal penyimpanan barang? Pasang kabinet serbaguna bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat nih untuk kamu. Tidak hanya soal sedap dipandang mata, ruangan yang rapih dan bersih tentu bisa menciptakan mood yang menyenangkan.

Kamu tidak percaya? Kania sudah siapkan 5 cara pintar yang bisa membuat ruang tamu di rumahmu terlihat lebih rapih dengan kabinet serbaguna. Yuk, disimak!

Kombinasikan beberapa model kabinet dalam satu ruang

Kabinetpinterest.com

Punya ruangan yang cukup luas? Jika ya, kamu bisa lebih bebas dalam memilih model kabinet nih. Pasang dua atau tiga kabinet di dalam satu ruangan? Boleh, kok! Kamu bisa menjajarkan beberapa kabinet kembar dengan ukuran dan tinggi yang sama di ruang tamu.

Kabinet dengan model ini tidak hanya membantu membuat ruangan lebih rapi karena punya banyaknya ruang penyimpanan, tetapi juga tetap memberikan kesan luas. Apalagi saat menata ruang tamu kecil.

Kabinet Banyaklightandwiregallery.com

Tergantung dari penggunaan dan pemanfaatan si kabinet, kamu bisa memilih desain dengan pintu kaca atau juga kabinet yang terbuka alias tanpa pintu. Kalau kamu mau menyimpan buku dan atau piring-piring antik, sebaiknya pilihlah kabinet dengan pintu yang dilapisi kaca. Sebab biasanya buku yang diletakkan pada rak terbuka cenderung lebih cepat menguning.

Selain itu, kabinet dengan pintu kaca ini juga bisa melindungi piring-piring antik itu tersenggol dan pecah. Warna dari kabinet ini bisa kamu padankan langsung dengan kursi tamu atau dinding yang ada di ruangan tersebut. Tapi usahakan untuk memilih warna yang cukup netral dengan warna dan furnitur. Jangan lupa tambahkan lampu dengan warna yang pas di pojok baca ya!

Model kabinet dengan rak setinggi plafon 

Kabinet Tinggihome-designing.com

Jika kamu suka interior dengan desain kontemporer serta mau memanfaatkan ruang dengan maksimal, kabinet rak tinggi adalah jawabannya. Kabinet yang tingginya hampir menyentuh atap plafon memang biasanya harus dipesan terlebih dahulu alias customized.

Harga kabinet dengan tinggi seperti ini juga umumnya terhitung relatif mahal jika dibandingkan dengan kabinet yang dibeli langsung di toko alias kabinet jadi. Tapi jangan pernah meragukan efisiensinya, sebab kabinet customized ini bisa kamu atur sendiri setiap ukuran dan model ruang penyimpanannya.

Kabinet Plafonbeeyoutifullife.com

Selain persoalan efisiensi, kabinet customized ini juga bisa lebih mudah disesuaikan dengan furnitur ataupun keseluruhan interior yang ada di ruang tamu. Kamu bisa lebih bebas dalam memilih variasi kabinet.

Tapi kalau takut salah pilih, Kania sarankan kamu untuk pakai jasa desain interior. Sebab kabinet customized seperti ini relatif sulit untuk dirombak ulang modelnya. Jadi, jangan sembarangan ukur dan pasang, ya!

Pasang kabinet serbaguna ukuran mini 

Kabinet Terturuppinterest.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau ukuran ruang tamu yang kecil sering dijadikan salah satu alasan untuk tidak mendekor rumah. Padahal kalau ruang kecil yang satu ini berantakan dan terabaikan sedikit saja, ruangan justru akan terlihat semakin sumpek dan tidak rapi loh.

Nah, solusinya adalah dengan memasang kabinet mini dengan model wide di ruang tamu mungilmu. Untuk ukuran tinggi, kamu bisa menyesuaikan langsung dengan kursi yang ada di ruangan tersebut.

Kabinet kayu rustic sebagai meja tvpinterest.com

Jika kamu memiliki ruangan yang terbatas, sebaiknya pilihlah kabinet ukuran mini dengan model rak tertutup. Hal ini untuk menghindari tampilan yang terkesan ‘penuh’ dan tidak terorganisir dari luar. Nah, rak tertutup seperti ini juga lebih memudahkan kita untuk memanfaatkan efisiensi ruang dengan maksimal.

Kamu termasuk orang yang rapih dan teratur? Kabinet dengan pintu kaca bisa juga menjadi salah satu alternatif ideal.  Tapi ingat, hati-hati dalam memilih furniture, jangan sampai salah pilih ya!

Pajang piring antik di dalam kabinet ramping 

Kabinet Piringpinterest.com

Kalau kamu termasuk salah satu orang yang suka mengkoleksi piring antik, kabinet dengan model ramping dan tinggi tentu bisa menjadi pemanis yang cantik. Ya, fungsi kabinet tidak terbatas sebagai tempat untuk menumpuk barang-barang keseharian agar tidak berantakan saja, namun bisa juga sebagai lemari pajang. Piring-piring antikmu dijamin terlihat lebih cantik jika dipasang di kabinet model ramping.

Kabinet putih bergaya klasikpinterest.com

Nah, untuk urusan warna, Kania sarankan pilihlah warna-warna pastel atau putih kalau kamu mau memberikan tone yang cerah pada ruangan. Untuk gaya klasik, kamu bisa memilih kabinet dengan warna cokelat kayu.

Sementara itu, untuk menciptakan kesan minimalis pada ruangan, warna hitam bisa menjadi pilihan yang tepat. Alternatif lainnya, kamu juga bisa mewarnai satu baris dinding yang berada di belakang kabinet dengan warna bold.

Kabinet gantung terbuka untuk buku-buku atau pajangan Kabinet Gantungpinterest.com

Bosan dengan model kabinet yang gitu-gitu saja? Mungkin kamu harus coba pasang kabinet gantung alias rak dinding di ruanganmu. Kabinet gantung sekarang ini tidak cuma terbatas made-by-order saja loh.

Kabinet gantung atau yang biasa disebut juga rak dinding model dan ukurannya sangat beragam. Kabinet gantung serbaguna ini biasanya cocok untuk digunakan sebagai tempat meletakkan buku-buku dan mainan/pajangan kesayanganmu. Kabinet bisa menjadi salah satu alternatif rak buku dinding yang unik.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika kamu memasang kabinet yang punya ruang terbuka dan tertutup dalam proporsi tertentu. Kalau kamu berani berkreasi, kamu bisa juga memilih beberapa model kabinet gantung yang dijual terpisah lalu mempadupadankannya sendiri dengan furniture favoritmu.

Kabinet Gantunghome-designing.com

Warna dari kabinet gantung ini juga bisa dipadupadankan langsung dengan warna dari furnitur atau tampilan keseluruhan dari ruangan. Kalau kamu lebih suka gaya yang ringan, janganlah membeli kabinet gantung dengan ukuran besar.

Kamu bisa memilih kabinet gantung ukuran sedang dengan warna-warna serupa untuk tetap mempertahankan kesan luas pada ruangan. Memasang beberapa stiker dinding dekoratif di belakang kabinet juga bisa jadi pilihan ideal untuk kamu yang suka dengan dekorasi detail.

Nah, setelah melihat beberapa tips dan trik memanfaatkan kabinet serbaguna di atas, kamu pasti lebih yakin kan kalau kabinet bisa jadi solusi untuk mengatasi ruangan berantakan?

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse