8 Desain ala Rumah Jepang yang Super Sejuk!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Berhadapan dengan udara panas merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh orang-orang yang tinggal di kota padat seperti Jakarta. Kalau kamu salah satunya, mungkin kamu sedang mencari cara agar rumahmu tidak terpengaruh panasnya udara di luar. Untuk mengatasi masalah ini, desain rumah Jepang bisa menjadi salah satu solusinya.

Budaya Jepang yang dikenal mengedepankan efisiensi, kesederhanaan dan kecintaan pada alam bisa terlihat jelas dari desain rumahnya. Rumah Jepang sendiri pada dasarnya berorientasi pada praktik Zen—menggabungkan unsur-unsur alami dengan desain yang nyaman dan fungsional. Hasilnya, interior rumah Jepang tampak minimalis namun dapat memberikan efek menenangkan bagi penghuninya.

Jika kamu ingin menciptakan atmosfer sejuk dan perasaan rileks di dalam rumah, berikut desain rumah Jepang yang bisa kamu ikuti.

Kolam di dalam ruangan

Kolam di dalam Ruangan Rumah Khas Jepangjeansclab.biz

Ini dia desain rumah Jepang unik lain yang bisa menciptakan atmosfer sejuk dalam ruangan. Air yang merupakan simbol kedamaian dan kesejahteraan, menghasilkan oksigen yang dapat membuat udara di rumah terasa lebih segar. Suara gemercik air pun dipercaya bisa membuatmu merasa rileks. Oleh karena itu, bukanlah hal aneh jika kolam dalam ruangan mampu memberikan efek menenangkan bagi penghuni rumah Jepang ini.

Selain menciptakan suasana sejuk dan rileks, kehadiran kolam ikan minimalis dalam ruangan  tentu saja punya nilai estetika yang tinggi. Kombinasi air, ikan dan tanaman air akan memberikan tekstur menarik yang bisa mempercantik rumah Jepang yang kamu desain ini.

Rumah dengan Sliding Door

Salah satu desain rumah Jepang yang paling unik adalah adanya taman kecil yang dibangun di tengah bangunan. Mengusung konsep “bringing outdoor to indoor”, taman kecil ini bertujuan membantu sirkulasi udara segar tetap lancar dan cahaya alami dapat masuk ke seluruh sudut rumah. Maka itu, tidak jarang kalau rumah Jepang memiliki ventilasi yang lebih banyak dibandingkan rumah gaya lain.

Taman kecil di tengah rumah Jepangc1.staticflickr.com

Biasanya, ruangan yang berada di sekitar taman dibatasi dengan pintu geser, atau yang pada rumah Jepang tradisional disebut shoji. Penggunaan pintu geser ini dimaksudkan agar cahaya matahari tidak terhalangi dan transisi antara dalam dan luar ruangan jadi seminimal mungkin. Nah, kalau kamu mencari inspirasi rumah Jepang yang lebih modern, pintu geser dari kaca bisa menjadi alternatif. Selain cahaya matahari dapat masuk, kamu pun bisa menikmati keindahan taman dari dalam ruangan.

Dominasi elemen kayu atau bambu

Dominasi elemen kayu atau bambui.imgur.com

Elemen kayu atau bambu sangat umum ditemui di rumah Jepang karena keduanya dapat meningkatkan tampilan natural ruangan. Dinding, pintu, meja, kursi, bahkan pernak-pernik kecil terbuat dari kayu asli. Bambu juga tidak jarang digunakan sebagai hiasan dalam rumah Jepang.

Untuk menambahkan elemen natural pada ruangan, kamu bisa mulai dengan berburu furniture kayu. Mengganti lantai dengan lantai kayu atau tatami juga bisa menjadi pilihan. Lantai dari kedua elemen ini dapat membuat rumah terasa sejuk saat udara panas, dan menghangatkan rumah saat udara dingin. Tak hanya itu, tekstur kayu dan bambu juga dipercaya dapat menimbukkan efek tenang dan nyaman di rumah Jepang—kamu pasti akan menyukainya!

Furnitur minimalis

Furnitur minimalis Rumah Khas Jepangmedia.architecturaldigest.com

Nuansa sederhana dan tenang adalah fitur utama pada desain rumah Jepang. Pewarnaan yang seimbang serta detail yang lembut akan memberi kesan interior rumah ala Jepang yang elegan. Dengan suasana yang menyejukkan dan menenangkan seperti ini, jangan heran jika kamu merasa semakin betah berada di rumah Jepang ini.

Pilihan furniture modern yang terbuat dari kayu asli dan disusun dengan simetris menciptakan tampilan yang rapi, sesuai dengan karakteristik desain ala rumah Jepang. Cari furnitur dengan ukuran kecil atau pendek yang membuat dinding memiliki lebih banyak ruang kosong. Pastikan setiap furnitur memiliki fungsi dan tempat yang tepat. Ingat, desain rumah Jepang memiliki prinsip less is more—jangan sampai rumahmu terlihat “penuh”.

Open space dan pencahayaan alami

Open space dan pencahayaan alami Rumah Khas Jepangcdn.vox-cdn.com

Karakteristik desain ala rumah Jepang lainnya adalah open space dan pencahayaan alami. Cahaya matahari yang mengisi rumah dapat menambah warna natural dan menciptakan tampilan ruangan yang menenangkan. Lalu, bagaimana agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah?

Desain jendela yang lebar pada rumah Jepang kamu dan pastikan tidak ada yang menghalangi jendela, misalnya gorden yang tebal dan berat. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan tirai transparan atau bahkan tirai bambu untuk menambah tampilan natural.

Dengan open space yang luas di dalam rumah Jepang, cahaya matahari tidak akan membuat panas ruangan. Sebaliknya, cahaya hangatnya akan menyebar hingga ke sudut ruangan— memberikan kesan alami yang menenangkan serta menyejukkan pikiran.

Tanaman hijau di dalam ruangan

Tanaman hijau di dalam ruanganfloornature.com

Budaya Jepang sangat menghargai dan mencintai alam. Oleh karena itu, mereka berusaha menjaga relasi yang erat dengan alam bebas. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan tanaman sebagai dekorasi di dalam ruangan. Inilah sebabnya tanaman hijau sering ditemui pada desain ala rumah Jepang.

Di Jepang sendiri, yang biasa dimanfaatkan adalah memilih berbagai tanaman hias, seperti bonsai dan bambu. Selain itu, bisa juga menggunakan tanaman palem, anggrek, dan bunga lainnya. Jika tanaman-tanaman di atas tidak sesuai dengan seleramu, kamu masih bisa menggunakan jenis tanaman hijau lain, kok. Namun, pastikan keseluruhan tampilan ruangan pada rumah Jepang kamu tetap simpel dan natural.

Interior dengan warna netral

Interior dengan warna netralaprar.net

Untuk mempertahankan konsep desain yang natural, rumah Jepang menggunakan warna-warna netral yang selaras dengan alam. Warna coklat atau hitam dari elemen kayu dan hijau dari tanaman biasanya mendominasi ruangan. Lantai rumah Jepang umumnya menggunakan kayu atau ubin batu abu-abu. Sedangkan untuk dinding, warna yang biasanya digunakan adalah putih, krem, atau coklat muda.

Warna-warna terang tidak disarankan untuk desain ala rumah Jepang. Mengusung konsep desain yang natural dan sederhana, warna-warna netral sangat penting untuk membangun keseluruhan tampilan ruangan. Untuk mengatasi kemonotonan pada rumah Jepang, kamu bisa menggunakan warna-warna gelap atau berani dari corak tanah atau bebatuan, misalnya merah atau oranye tua.

Ruang santai khas rumah Jepang

Ruang santai khas rumah Jepangmuza-chan.net

Kembali pada konsep Zen yang menjadi orientasi desain ala rumah Jepang, sediakan satu ruang khusus untuk bersantai dengan suasana tenang dan damai. Ruangan ini bisa digunakan untuk meditasi, yoga, atau sekadar berkumpul bersama keluarga.

Tambahkan bantal-bantal sofa duduk yang empuk dan lengkapi ruangan dengan elemen alam. Misalnya saja tanaman hias favorit atau miniatur air mancur, yang suaranya dapat menyejukkan ruangan dan membuatmu merasa rileks. Jangan simpan TV atau media elektronik lainnya di ruangan ini karena dapat merusak suasana tenang yang berusaha diciptakan. Dengan mengatur furnitur dan suasana yang tepat, kamu punya ruangan tersendiri agar bisa menikmati interior rumah Jepang yang sejuk, tenang dan nyaman dengan sebaik mungkin.

Jika dilihat sekilas, desain ala rumah Jepang memiliki kemiripan dengan banyak desain interior kontemporer lain yang berfokus pada tampilan simpel, rapi dan minimalis. Namun, fokus ruangan pada elemen natural dan penggunaan furnitur dengan tinggi minimal memberikan sentuhan tradisional yang khas, berbeda dari desain lainnya. Apa kamu jadi tertarik memiliki rumah seperti rumah Jepang?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse