9 Cara Hemat Membersihkan Rumah Secara Alami

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Semua orang pasti senang membersihkan rumah agar rumah tetap nyaman dihuni dan enak dilihat. Kegiatan membersihkan rumah tidak identik dengan perlengkapan mahal dan penuh bahan kimia karena sekarang banyak bahan murah dan alami yang tersedia. Kamu bisa membersihkan rumah dengan alat dan bahan sederhana yang sudah ada di rumahmu. Yuk, simak tips dan trik seru membersihkan rumah dengan hemat dan alami dari Dekoruma!

Jaga Kebersihan Kamar Mandi dengan Lemon

Membersihkan Rumah dengan Lemonhgtv.com

Bahan alami pertama yang cukup populer efektivitasnya membersihkan rumah adalah sari buah lemon. Mungkin selama ini kamu memakai irisan lemon sebatas untuk membersihkan minyak pada peralatan masak, tapi lemon juga bisa dipakai untuk kegiatan membersihkan rumah yang lebih rumit, lho! Salah satunya adalah untuk menghilangkan kerak dan noda air pada keran air dan pancuran mandi.

Membersihkan rumah dengan lemon sangat praktis, cukup siapkan irisan kulit lemon dan gosok merata pada permukaan keran air dan pancuran mandi yang ingin dibersihkan. Lalu bilas permukaan keran air atau pancuran yang sudah digosok tadi dengan air hangat.

Segera keringkan agar tidak muncul noda air baru. Selain itu, kamu bisa memakai spons pembersih yang dibasahi perasan sari lemon untuk membersihkan rumah seperti mengusir noda air pada kaca yang sering basah seperti jendela dan cermin kamar mandi.

Bersihkan Kompor dan Saluran Air dengan Cuka

Membersihkan Rumah dengn Cukahouseandhome.ie

Dua titik yang sering terlewat saat membersihkan rumah adalah celah kompor dan saluran air wastafel. Biasanya, kita baru sadar pentingnya kebersihan dua tempat itu kalau api kompor sulit menyala atau saluran air sudah buntu. Solusinya adalah cuka murni yang ampuh membersihkan rumah dan permukaan logam yang sangat kotor.

Untuk membersihkan kompor yang berminyak, semprotkan cuka yang tidak diencerkan air ke seluruh bagian yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 5 sampai 10 menit lalu gosok hingga semua minyak dan kotoran terangkat dengan kain atau spons lembut.

Kalau kamu perlu menghilangkan sumbatan saluran air, campurkan satu cangkir cuka, seperempat cangkir soda kue dan air panas ke saluran air wastafel. Larutan sederhana ini menghasilkan reaksi kimia yang sangat membantumembersihkan rumah dari kotoran dan lemak yang sudah membandel bertahun-tahun.

Membersihkan Rumah dengan Tisu Basah Bebas Kimia Buatan Sendiri

Membersihkan Rumah dengan Tisu Basah Bebas Kimia Buatan Sendiri beautylish.com

Suka membersihkan rumah dengan tisu basah tapi mencemaskan kandungan kimia berbahaya? Buat saja sendiri tisu basah dari campuran bahan alami seperti cuka, minyak esensial beraroma segar seperti jeruk, sabun yang lembut untuk kulit.

Karena kamu perlu tisu yang kuat untuk membersihkan rumah, memakai tisu dapur khusus dengan serat yang lebih kuat sangat dianjurkan. Misalnya saja, kamu bisa memakai paper towel. Campur semua bahan dengan seperempat cangkir air hingga larut, lalu basahi tisu dapur dengan larutan tadi.

Lap Mikrofiber dan Penjepit Roti untuk Pembersih Tirai

Membersihkan Rumah Tirai Penjepit Rotitutkryto.su

Membersihkan rumah secara menyeluruh memang sulit. Banyak bagian rumah yang penting jutru terlewat saat dibersihkan, salah satunya adalah celah tirai. Celah ini biasanya sempit sulit membersihkannya dengan lap biasa. Kalau sudah begitu, baiknya kamu membuat alat pembersih sendiri untuk membersihkan rumah. Gunakan penjepit roti dan bungkus kedua ujungnya dengan lap mikrofiber, lalu ikat lap pada penjepit dengan karet gelang atau benang.

Jepit bagian tirai yang ingin dibersihkan dengan penjepit yang sudah dibungkus lap lalu geserkan penjepit sampai tirai benar-benar bersih. Dengan alat ini, kamu bisa membersihkan rumah dengan mudah sekaligus hemat, karena lap bisa kamu cuci dan pakai berulang kali.

Usir Sarang Laba-laba dengan Sapu dan Handuk

Usir Sarang Laba laba dengan Sapu dan Handuk Memberesihkan Rumahpicdn.net

Masalah lain yang sering muncul saat membersihkan rumah adalah sarang laba-laba dan serangga mati. Biasanya, laba-laba bersarang pada sudut tinggi yang sulit dijangkau, seperti langit-langit. Hal ini pasti menimbulkan tantangan saat membersihkan rumah. Kamu tidak perlu membeli alat khusus untuk membersihkan rumah dari sarang laba-laba, cukup manfaatkan sapu rumah biasa dan handuk atau kain bekas.

Bungkus bagian ijuk sapu dengan kain atau handuk, lalu ikat kuat agar tidak mudah lepas saat dipakai membersihkan rumah. Handuk cenderung lebih efektif karena permukaan handuk yang berbulu lebih bisa ‘mengait’ sarang laba-laba dan kotoran saat kamu membersihkan rumah.

Rawat Penyedot Debu dengan Alat Pendedel Benang

MembersihkanbRumahbPenyedotbDebubodrumtemizlikmarti.com

Penyedot debu atau vacuum cleaner sangat penting dalam aktivitas membersihkan rumah, tapi bagaimana kalau mendadak penyedot debumu tidak lagi berfungsi maksimal? Jangan buru-buru mengganti dengan yang baru, bisa jadi penyedot debumu terbelit benang dari pakaian atau terhambat oleh sisa rambut rontok yang berjatuhan.

Mulai dari membuka kepala penyedot debu dalam keadaan tidak dialiri listrik untuk melihat berapa banyak potongan benang kusut dan rambut yang membelit bagian roller. Siapkan pendedel benang untuk mengeluarkan roller penyedot debu dan membersihkannya dari lilitan benang atau rambut. Roller yang sudah bebas dari lilitan benang dan rambut kusut bisa langsung kamu pakai untuk membersihkan rumah lebih efektif.

Larutan Serbaguna untuk Membersihkan Rumah

Larutan Serbaguna untuk Membersihkan Rumahthisfinejourney.co

Kegiatan membersihkan rumah tentu kurang lengkap tanpa larutan pembersih. Tapi, kalau kamu harus membeli berbagai merk cairan pembersih yang berbeda untuk mengepel lantai, pasti boros, bukan? Jawaban hemat untuk permasalahan ini adalah memakai soda kue.

Agar lantai bersih berkilat, campurkan setengah cangkir soda kue dengan satu ember air hangat untuk mengepel. Selain itu, kamu juga bisa menyampurkan tiga sendok soda kue dengan satu sendok air untuk membuat pemoles peralatan makan perak.  Campuran soda kue dan air juga aman untuk permukaan kaca karena todak akan menggores jendela atau cermin rias. Setelah selesai, akhiri dengan semprotan cuka dan air.

Amonia Membersihkan Oven dan Menghilangkan Noda

Membersihkan Rumah dan Oven dengan Amoniathepolkadottedturtle.com

Mungkin banyak orang tidak suka bau menyengat khas amonia, tapi cairan ini sebenarnya ampuh untuk membersihkan rumah, lho! Dua manfaat penggunaan amonia untuk membersihkan rumah adalah untuk membersihkan oven, juga menghilangkan noda sekaligus menjaga keindahan warna kain.

Untuk membersihkan jeruji oven dari kotoran membandel, panaskan oven hingga suhu 65 derajat celsius dan masukkan mangkok berisi setengah cangkir amonia pada rak oven yang atas serta satu baskom air mendidih pada rak bagian bawah. Biarkan semalaman untuk hasil maksimal.

Kalau kamu menggunakan mesin cuci, tambahkan setengah cangkir amonia ke dalam cucian agar hasil cucianmu lebih bersih dan warnanya lebih awet. Amonia juga bisa kamu pakai membersihkan rumah, seperti menghilangkan noda pada karpet dan sofa berbahan kain dengan campuran 50% air dan 50% amonia.

Usir Karat dan Ilalang dengan Sabun Cuci Piring

Usir Karat dan Ilalang dengan Sabun Cuci Piring Membersihkan Rumahpinterest.com

Membersihkan rumah tidak hanya menjaga keindahan bagian dalam rumah tapi juga bagian luarnya. Kesulitan membersihkan rumah dari serbuan ilalang yang terus tumbuh? Buat saja cairan pembunuh ilalang dari campuran setengah sendok makan sabun cuci piring yang pekat dan dua cangkir cuka.

Ingin lebih mudah membersihkan rumah dan pagar dari karat? Celupkan kentang yang sudah dipotong setengah ke dalam sabun cuci piring lalu gosokkan pada permukaan yang berkarat. Mudah kan?

Nggak sangka kan kalau membersihkan rumah bisa dilakukan dengan mudah lewat bantuan bahan-bahan alami. Berniat mencoba?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse