8 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Menata Dapur Minimalis

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dapur adalah salah satu bagian penting bagi sebuah rumah. Mendesain dapur hendaknya mengutamakan fungsi dan higienitas. Salah satu gaya desain dapur yang bisa kamu adaptasi untuk rumah modern adalah desain dapur minimalis. Mendesain interior dapur minimalis bisa jadi menyulitkan jika kamu tidak tahu desain dapur minimalis yang kamu inginkan.

Sebetulnya, faktor penting yang harus kamu perhatikan saat menata dapur minimalis adalah desain dan material yang digunakan. Seperti apa saja? Yuk, simak ulasan Kania!

1. Mencari inspirasi dan referensi desain dapur minimalis

dapur minimalispinterest.com

Langkah awal dan pertama dalam mendesain dapur minimalis adalah untuk mencari inspirasi dan referensi dari apapun yang kamu suka. Kamu bisa menemukan berbagai inspirasi desain dapur minimalis dari internet ataupun jejaring media sosial. Buat sketsa, gambaran, serta budget yang kamu miliki untuk dapur minimalis. Memakai referensi desain akan sangat memudahkanmu dibanding harus mendesain dari awal, kamu juga bisa meminta bantuan jasa interior.

2. Tempatkan kabinet hingga menyatu dengan langit-langit

kabinet dapur minimalispinterest.com

Kabinet adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada dapur minimalis rumah kamu. Kabinet berfungsi sebagai rak penyimpanan utama yang bisa mengorganisir berbagai peralatan dapur dan peralatan makan keluarga dengan rapi. Semakin besar kabinet, maka semakin besar ruang penyimpanan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki ruang terbatas, maka kabinet dinding adalah solusinya.

Untuk menghindari ruangan menjadi kotor dan kabinet tidak higenis akibat debu dan kotoran lainnya, manfaatkan ruang vertikal. Caranya adalah usahakan kabinet dapur mencapai langit-langit. Memakai selurh space yang ada juga merupakan ciri dapur minimalis lho!

3. Memilih perpaduan warna yang tepat

Warna adalah salah satu elemen esensial dalam menciptakan desain dapur minimalis dan modern yang sempurna. Kamu bisa memilih warna bold, warna-warna cerah, atau memilih palet warna netral yang selaras dengan furniture yang akan kamu gunakan untuk menghidupkan nilai estetika dari dapur.

Memilih perpaduan warna yang tepat Dapur Minimaliscroptopsandkale.com

Sebagai tambahan, jika ruangan dapur minimalis kamu sempit dan terbatas, sebaiknya menggunakan perpaduan warna cat rumah yang cerah. Misalnya, warna putih menciptakan ilusi optikal yang membuat ruangan tampak lebih luas dan lapang. Padupadankan warna dinding ruangan dengan warna yang kontras terhadap warna furnitur.

Jika tidak ingin menggunakan cat untuk pelapis warna, kamu bisa mengaplikasikan wallpaper dinding bermotif sebagai alternatif. Tapi ingat, jangan mengaplikasikan wallpaper pada bagian dekat kompor atau tempat mencuci piring karena wallpaper tidak tahan panas. Selain itu, jika terlalu sering terkena air, wallpaper akan rusak.

4. Memanfaatkan ruang penyimpanan multifungsi

Memanfaatkan ruang penyimpanan multifungsicontemporist.com

Gunakan ruang penyimpanan multifungsi untuk dapur minimalis yang lebih tertata dan rapi. Memanfaatkan ruang penyimpanan multifungsi juga akan bermanfaat untuk dapur minimalis dengan kapasitas ruang yang sempit dan terbatas, membuatnya terlihat lebih lapang. Penyimpanan multifungsi untuk dapur minimalis ini bisa berupa lemari kabinet untuk menyimpan peralatan makan seperti gelas dan piring beserta alat masak, daripada harus menginstal satu per satu lemari kecil yang hanya memiliki satu fungsi.

Furnitur dengan desain minimalis dan modern bisa kamu temukan dengan mudah saat ini, bahkan secara online. Seperti di dekoruma!

5. Hindari mengoleksi terlalu banyak peralatan

Desain dapur minimalis menerapkan prinsip yang sama dengan desain interior minimalis ruangan lainnya, less is more; semakin sederhana sebuah dapur minimalis, semakin baik.

peralatan dapur minimalismyamazingthings.com

Kamu harus memahami perbedaan peralatan dapur yang esensial dan yang tidak terlalu berguna. Sebagai contoh, jika kamu punya penggiling dan penumbuk makanan seperti pengupas sayur, penghancur bawang putih tidak terlalu diperlukan (karena kamu bisa menggunakan pengupas sayur). Atau, kamu bisa menggunakan pisau sebagai alat pemotong dan pengupas buah dibanding membeli pengupas buah secara eklslusif.

Daripada membeli banyak peralatan untuk dapur minimalis rumah kamu yang ujung- ujungnya hanya dibiarkan diam dalam lemari, sebaiknya membeli peralatan dapur minimalis yang sederhana juga fungsional lebih baik diutamakan.

6. Berikan dekorasi penghias ruangan dapur minimalis

Berikan dekorasi penghias ruangan dapur minimalisdownshiftology.com

Dapur identik dengan tempat yang mudah kotor dan bukan salah satu ruangan dalam rumah yang layak untuk bersantai. Demi menciptakan tampilan yang lebih hidup, menambahkan dekorasi penghias ruang dapur minimalis bisa menjadi solusi.

Memiliki ruang dapur minimalis yang terbatas? Tidak perlu khawatir, banyak dekorasi sederhana dapat mempercantik dapur minimalis kok. Kamu bisa memajang vas yang berisikan seikat bunga, koleksi toples antik dengan motif etnik yang kamu beli sebagai souvenir setelah berlibur, atau koleksi gelas kaca cantik yang bisa kamu manfaatkan untuk menyambut tamu dengan minuman hangat. Menggantungkan karya lukis atau poster yang dibingkai juga bisa menjadi alternatif dekorasi dapur minimalis. Ruang dapur minimalis rumah kamu akan tampak lebih hidup dan ceria.

7. Mendesain sirkulasi udara

Mendesain sirkulasi udara Dapur Minimalishomedit.com

Sirkulasi udara yang baik merupakan salah satu ciri-ciri rumah sehat. Saat kamu ingin membangun sebuah dapur minimalis, sirkulasi udara juga wajib diperhatikan. Udara dalam ruang dapur minimalis harus selalu segar, karena udara segar akan membantu menjaga peralatan memasak dan peralatan makan tetap steril dan higienis.

Jangan lupa perhatikan keberadaan jendela pada ruang dapur minimalis rumah kamu. Dengan banyak jendela, sirkulasi udara akan berjalan dengan baik dan cahaya matahari yang masuk juga baik untuk menjaga kelembapan dapur.

8. Tempat mencuci minimalis sebagai furnishing fungsional

tempat cuci piring dapur minimalispinterest.com

Tempat cucian adalah salah satu bagian dapur yang bisadipakai untuk menghias dapur minimalis secara efektif dan fungsional. Ganti tempat cucian dengan desain wastafel berwarna krom yang terbuat dari stainless steel untuk tampilan modern. Padukan dengan area meja wastafel yang terbuat dari keramik atau marmer untuk tampilan minimalis yang maksimal.


Nah, setelah mengetahui apa saja yang harus kamu perhatikan di dapur minimalis, kamu juga nggak perlu bingung gimana caranya mendapatkan dapur impianmu, dekoruma bisa membantu lho! Apa kamu sudah siap membangun dapur minimalis ala dirimu sendiri?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse