8 Trik Menyulap Rumah Tipe 45 jadi Rumah Impian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Lahan dan ruang yang terbatas sepertinya sudah menjadi permasalahan jutaan orang yang tinggal di ibu kota atau kota-kota besar. Masalah lahan ini juga sering kali dipakai banyak orang sebagai alasan untuk tidak mendekor rumah semaksimal mungkin. Padahal, ini menandakan kalau kita harus semakin kreatif dalam memanfaatkan ruang.

Faktanya, rumah impian tidak selalu bergantung pada lahan yang luas dan besar. Di sini, Kania akan bahas trik menyulap rumah tipe 45 jadi rumah impian. Yuk, disimak!

Renovasi tinggi plafon agar rumah impian terlihat lebih luas

Renovasi tinggi plafon agar rumah impian terlihat lebih luasmultiplaga.com

Definisi rumah impian bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Namun, hampir semua mendambakan lahan yang luas dan besar. Sayangnya, harga tanah kini sangat mahal dan lahan yang ada pun semakin terbatas. Nah, untuk menyiasati agar rumah impian tipe 45 kamu terlihat lebih luas adalah dengan merenovasi tinggi plafon.

Kalau kamu membangun rumah impian kamu dari nol, kamu bisa langsung request untuk meninggikan bagian plafon. Sementara, jika kamu beli jadi, renovasi adalah pilihan yang tepat. Harga renovasi plafon rumah ini memang relatif mahal dan menghabiskan waktu yang tidak sebentar, tapi ini adalah investasi terbaik yang bisa buat rumah impian di bayanganmu jadi nyata.

Hindari sekat yang terlalu banyak pada rumah impian

Salah satu cara agar rumah impian tipe 45-mu bisa terlihat lega adalah dengan meminimalisir pembatas ruangan pada rumah. Lahan terbatas yang didesain dengan banyak sekat atau pembatas justru akan membuat ruangan terasa lebih sesak dan sempit. Kamu tentu mau menghindari hal ini, kan?

Hindari sekat yang terlalu banyak pada rumah impiancdn.home-designing.com

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu. Misalnya, ruang dapur dengan ruang makan. Atau bahkan tiga ruangan sekaligus seperti dapur, ruang makan, dan juga ruang keluarga. Kalaupun harus memakai sekat, gunakan sekat ruangan yang fleksibel. Selain menghidupkan suasana kekeluargaan, ruangan yang tidak dibatasi oleh banyak sekat juga membantu perputaran udara serta pencahayaan yang lebih baik di rumah impian.

Minimalkan penggunaan warna gelap yang berlebihan di rumah impian

Minimalkan penggunaan warna gelap yang berlebihan di rumah impianihome108.com

Untuk kamu penggemar warna gelap, sepertinya harus mengurungkan niat untuk memberikan sentuhan-sentuhan gelap terlalu banyak di rumah impian tipe 45. Terlebih lagi, kalau sentuhan gelap ini mau diaplikasikan pada dinding-dinding bagian dalam. Rumah tipe 45 yang cenderung relatif kecil justru akan terlihat semakin sempit jika kamu terlalu banyak memberikan warna gelap. Kalaupun memakai warna gelap, kombinasikan dengan furniture yang berwarna cerah.

Minimalkan penggunaan warna gelap yang berlebihan di rumah impianfionaandersenphotography.co

Mempertahankan dinding warna putih lalu mengkombinasikannya dengan furnitur atau elemen dekor ruangan berwarna cerah adalah pilihan ideal. Dengan ini, rumah impianmu pun bisa terlihat luas, menarik, dan jauh dari kata membosankan.

Ruang terbuka atau taman kecil di rumah impian

Ruang terbuka atau taman kecil di rumah impianpinterest.com

Terpikir untuk membangun taman dalam rumah kecil di rumah impian? Membuat ruang terbuka di dalam ataupun samping rumah bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Pencahayaan yang terang dari ruang terbuka tersebut bisa menciptakan suasana alami yang juga menyejukkan. Tidak hanya itu, ruangan terbuka dan sentuhan alam seperti ini akan mempermanis interior rumah impian.

Mungkin sebagian dari kamu tidak rela kalau rumah impian tipe 45-mu harus terpotong lagi lahannya untuk ruang terbuka seperti taman atau teras mini. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menyiasatinya dengan memasang jendela minimalis berukuran besar.

Jendela besar agar rumah impian terasa lebih besar

Jendela besar agar rumah impian terasa lebih besarstartpreventivi.it

 Jarak dan luas pandangan kita ke arah luar ternyata bisa mempengaruhi mood di rumah loh. Semakin rumah kamu terkena paparan sinar matahari dan sentuhan alam, maka akan semakin bagus bagi suasana rumah. Nah, pasanglah jendela dengan ukuran besar atau jendela-jendela ukuran medium dengan jumlah lebih dari satu di rumah impianmu. Sirkulasi udara pun akan berputar, sirkulasi udara penting bagi rumah sehat lho!

Nah, untuk kamu yang hidup bertetangga dengan jarak lumayan berdekatan, kamu bisa coba pasang stiker kaca anti tembus pandang. Hal ini supaya aktivitas keseharian dan juga kenyamananmu tidak terganggu.

Perketat seleksi furnitur yang ada di rumah impian

Kalau ukuran ruang dan lahanmu terbatas, kamu harus bisa pintar-pintar dalam menyeleksi furnitur yang wajib ada di rumah impianmu. Ketika memilih furnitur, utamakanlah efisiensi dari barang-barang tersebut. Terlalu banyak dekorasi dan motif pada rumah impian tipe 45 justru akan membuatnya terasa lebih sesak dan berantakan.

Perketat seleksi furnitur yang ada di rumah impiannestingwithgrace.com

Ketika kamu memikirkan furnitur untuk rumah impian, pilihlah furniture yang modelnya awet. Jangan menumpuk barang-barang terlalu banyak. Faktanya, rumah impian tidak memerlukan dekorasi mewah dan berlebihan.

Jangan pasang wallpaper motif besar dengan warna kontras

Jangan pasang wallpaper motif besar dengan warna kontras Rumah Impiancdn.freshome.com

Entah karena bosan dengan warna putih atau tekstur pada dindingmu kurang bagus, memasang wallpaper dinding adalah salah satu alternatif ideal untuk mempercantik rumah impian. Wallpaper pada dinding ataupun atap plafon bisa memberikan sentuhan yang mengubah tampilan ruangan secara keseluruhan. Banyaknya motif dan corak pada wallpaper bisa memberikan karakteristik khusus. Rumah impian juga harus bersih, jadi, jaga agar wallpaper dinding di rumah tetap awet ya.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih wallpaper, terutama dalam urusan motif. Sebaiknya hindari pemasangan wallpaper motif besar dengan warna-warna terang. Nggak mau kan rumah impian justru terlihat sesak dan tidak nyaman dipandang mata?

Pasang shower pojok agar kamar mandi di rumah impianmu hemat tempat

Pasang shower pojok agar kamar mandi di rumah impianmu hemat tempatthraam.com

Rumah impian dengan tipe 45 umumnya juga memiliki kamar mandi yang ukurannya relatif kecil, seperti kamar mandi minimalis ukuran 1×2. Agar kamar mandi kamu tetap efisien, memasang shower pojok bisa dipertimbangkan. Untuk tetap menjaga kamar mandi tetap kering, kamu bisa memasang shower pojok dengan pembatas dinding tembus pandang.

Nah, sekarang kamu sudah yakin ‘kan kalau rumah impian tidak harus luas dan besar? Ukuran ruangan dan luasan yang terbatas bukan lagi jadi halangan mendapatkan rumah impian. Selamat mencoba!

Supaya lebih hemat tempat, pastikan kamu memilih furnitur dengan ukuran dan model yang tepat, ya! Tidak perlu bingung karena kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang jual kursi makan, meja ruang tamu, sofa minimalis, rak dinding, dan yang lainnya.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan berbagai jenis kasur dengan material berkualitas dari merek-merek ternama, lho! Beberapa di antaranya adalah kasur Dunlopillo, King Koil, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse