Kembali ke Alam dengan Desain Rumah Bambu Alami!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Keberadaan rumah bambu saat ini rasanya sulit ditemui. Meningkatnya suhu global yang membuat udara semakin panas membuat kita rindu suasana alam yang teduh. Teringatlah kita pada hunian yang sejuk seperti rumah bambu.

Setiap liburan atau akhir pekan tiba, kita biasanya mencari kesegaran dengan pergi ke tempat-tempat yang alami. Makanan tradisional yang disajikan oleh restoran atau rumah makan berkonsep rumah bambu pun seringkali jadi pilihan. Mengapa tidak menikmati tenangnya rumah bambu setiap hari? Buat kamu yang ingin merasakan hunian alami berbentuk rumah bambu, yuk simak desain-desain rumah bambu berikut ini yang siapa tahu bisa menjadi inspirasimu.

1. Rumah Bambu Bergaya Vintage

Rumah Bambucnn.com

Kesan yang hangat dan nyaman dari rumah bergaya vintage juga bisa lho dihadirkan oleh rumah bambu. Dengan desain rumah ala abad pertengahan, rumah bambu ini maish bisa menonjolkan keceriaan lewat atap berwarna hijau toska.  Ruangan pada atap bisa dimanfaatkan sebagai kamar dan tempat bermain si kecil, namun ia pun tetap bisa leluasa memandang ke luar lewat dua bilah jendela.

Rumah Bambu Vintagepinterest.com

Furnitur pada bagian dalam rumah bambu bergaya vintage ini bisa dilengkapi dengan sebuah turn table dan beberapa buah kursi berkaki lancip. Kamu juga bisa menambahkan ornamen hiasan dinding. Pemakaian karpet bermotif juga bisa menjadi aksen yang menonjol.

2. Rumah Bambu Panggung

Rumah-Bambu-Panggungdezeen.com

Rumah-rumah tradisional melayu, terutama yang di dekat pantai umumnya berbentuk panggung, sama seperti beberapa rumah adat yang ada di Nusantara. Jika kamu kebetulan tinggal di dataran rendah, rumah bambu berbentuk panggung adalah hunian cocok untuk suasana lebih teduh. Rongga-rongga pada lantai kayunya memberikan sirkulasi udara lebih yang membuat rumah bambu terasa begitu sejuk.

Jika dilihat dari arah luar, rumah bambu panggung ini memiliki satu ruang untuk bersantai, di mana ruangan tersebut langsung menyambung dengan bagian teras. Sementara, bagian terasnya tidak terlalu luas, tapi tetap bisa untuk duduk santai. Selain itu, kamu juga masih bisa meletakkan rak sepatu kecil pada bagian teras agar semua sepatu tertata dengan rapi.

Pada halaman rumah bambu, batu-batu alam sebagai alas dan pot-pot berisi tanaman palem kuning mampu memberikan variasi unsur alam.  Kamu bisa menambahkan batu besar pipih sebagai alas melewati batu-batu layaknya desain taman bergaya zen.

Rumah Bambu Panggungislaliving.com

Variasi ini membuat desain eksterior rumah bambu kamu tampak alami dan berwarna. Jangan lupa untuk memastikan alas rumah bambu kuat, karena alas ini mendapat tekanan lebih besar dibandingkan berpijak langsung pada tanah.

3. Rumah Bambu Semi-Modern

Rumah Bambu Semi ModernRumah Bambu Semi Modernpinterest.com

Rumah bambu ini menggunakan pintu geser yang menyajikan gazebo dengan kursi dan meja kecil bergaya etnik, membuat suasana rumah bambu terasa begitu homey. Selain itu, dinding batu bata ditambahkan untuk menambahkan kesan modern.

Bambu ditonjolkan pada lantai gazebo dan sekat antar ruang termasuk pintuk ke luar. Area gazebo semakin rindang dan teduh dengan adanya pohon besar yang melintang dari luar gazebo. Untuk pembatas rumah bambu dengan lingkungan luar, pagar rendah bercat hijau muda dipilih sebagai pembatas rumah dengan dunia luar. Tampilan luar rumah bambu yang alami ternyata bisa dipadukan dengan kenyamanan hunian modern di dalamnya.

4. Rumah Bambu Dua Lantai

Rumah-Bambu-Dua-Lantaimapohouse.com

Rumah bambu yang kita lihat selama ini umumnya berukuran kecil dengan beberapa ruangan saja. Namun jangan salah, bukan berarti rumah bambu tak bisa menjelma menjadi rumah tingkat dua. Rumah bambu dua lantai ini cocok untuk dihuni keluarga besar.

Agar rumah bambu ini semakin kokoh, maka harus memilih bambu dengan umur dan kualitas yang baik. Pilihlah bambu berumur sekitar empat atau lima tahun, rendamlah bambu sebelum dibentuk supaya kelak tak mudah diserang rayap.

Rumah Bambu Panggungpinterest.com

Pembuatan dan perawatan rumah bambu ini tentunya memerlukan ketelitian yang lebih, daripada rumah bambu yang lebih kecil. Jangan pernah menggunakan paku besi dalam menyatukan bilah-bilah bambu, paku besi hanya akan membuat bambu gampang retak.

Sebaiknya, gunakanlah paku pasak yaitu paku yang memang terbuat dari bahan bambu. Supaya sejuk dan terasa lebih alami, gunakanlah rumput alang-alang sebagai atap. Rumah bambu ini juga memiliki kelebihan soal keamanan, yaitu tahan terhadap gempa.

5. Rumah Bambu Futuristik

Rumah-Bambu-Futuristikkunst-studio.com

Siapa bilang desain futuristik tak cocok dengan rumah bambu? Rumah bambu berisi empat ruang utama dan dua lantai ini memiliki desain futuristik yang ditunjang dengan penggunaan banyak kaca baik sebagai pintu maupun jendela geser.

Dengan bilah bambu yang dibentuk mendatar dan lebih rapat, membuat rumah bambu ini tampak lebih modern namun tetap segar dipandang mata. Kesan kuno juga ditanggalkan lewat ketiadaan tali sabut kelapa dan penggunaan plafon mendatar sebagai atap.

Penggunaan cat warna hitam untuk melapisi rumah bambu lantai atas memberikan nuansa futuristik nan elegan. Jika kamu ingin meniru konsep ini, gunakanlah cat yang memang diperuntukkan untuk mewarnai bambu atau kayu agar tak mudah mengelupas serta menurunkan kulitas bambu. Jangan lupa tambahkan juga berbagai aksesoris rumah yang terbuat dari bambu supaya nuansa alaminya tetap terasa di dalam rumah.

6. Rumah Bambu Simetris

Rumah Bambu Simetrispinterest.com

Rumah dengan bentuk yang simetris biasa tampak pada rumah-rumah di Eropa. Meski terlihat kaku, rumah simetris juga menghadirkan aura yang anggun dan berkelas. Tidak ada salahnya jika rumah bambu mengadopsi bentuk simetris yang tradisional namun terasa modern. Kamu bisa menambahkan pot batu berbentuk persegi panjang dan menanaminya dengan beberapa jenis bunga seperti mawar atau anyelir untuk mempercantik bagian depan rumah bambu.

Rumah bambu dengan dinding luar yang dipernis bisa terlihat lebih berkilau dan cantik dipandang. Ditambah dengan kolam ikan minimalis yang menyejukkan pada halaman depan, dilengkapi jembatan kayu berbentuk setengah lingkaran membuat desain rumah ini sangat instagramable.


Kira-kira desain rumah bambu yang mana nih yang jadi pilihanmu? Selain lebih sejuk, anti gempa, serta ramah lingkungan, rumah bambu juga membutuhkan anggaran yang lebih terjangkau. Jadi kamu bisa memiliki anggaran lebih untuk membeli berbagai perabot berkualitas di toko yang jual furniture online, seperti Dekoruma.

Kalau kamu kebingungan dalam mewujudkan rumah impian, kamu juga bisa menggunakan jasa desain rumah Dekoruma, lho! Desainnya menarik, efisien, dan multifungsi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan desain rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse