8 Jenis Bathtub untuk Berbagai Gaya Interior Kamar Mandimu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Kamu mungkin sudah bosan dengan model kamar mandi lamamu dan berniat untuk merenovasi agar tampak baru. Satu hal yang jangan sampai dilewatkan adalah menambahkan bathtub pada kamar mandi lamamu. Selain memberikan kemewahan saat mandi, penggunaan bathtub dapat menjadikan kegiatan mandi sebagai relaksasi. Setelah beraktivitas seharian, menghabiskan waktu dalam bathtub pastinya bisa membantu tubuh melepaskan rasa penat.

Beragamnya model bathtub yang ada kadang membuat kita bingung menentukan pilihan bathtub yang sesuai dengan model kamar mandi di rumah. Bagi kamu yang ingin memasang bathtub pada kamar mandi, sebelumnya simak dulu yuk 8 jenis desain bathtub untuk berbagai gaya interior kamar mandi berikut ini!

1. Quality Drop-In Bathtub

Quality Drop-In BathtubJaiainc.us

Jika kamu masih ingin mempertahankan nuansa tradisional pada kamar mandimu, maka quality drop-in bathtub merupakan pilihan yang pas. Dengan desain yang sederhana, bathtub jenis ini hanya perlu dibenamkan pada kayu atau keramik. Bagian tepinya yang cukup luas bisa kamu gunakan untuk menaruh aksesoris kamar mandi atau lilin aromaterapi. Pada bagian tepi luar tembok kayu atau keramik bathtub, kamu bisa menambahkan tempat penyimpanan handuk berupa besi panjang.

Bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas untuk merenovasi kamar mandi, maka bathtub jenis inilah yang paling terjangkau. Meski modelnya simpel, tapi bathtub ini sudah bisa memberikan kamu kenyamanan ketika mandi. Pilihan keramik kamar mandi bisa kamu kreasikan untuk menonjolkan suasana alami nan tradisional.

2. Corner Bathtub

Corner Bathtubarchiexpo.com

Siapa bilang kamar mandi yang sempit sebaiknya tidak memakai bathtub? Sesuai namanya, bathtub ini memang ditempatkan di sudut kamar mandi. Misalnya, kalau kamu memiliki kamar mandi ukuran 1×2 yang mungil, bisa memakai bathtub jenis ini. Kebanyakan corner bathtub terbuat dari bahan akrilik karena lebih gampang dibentuk ketimbang bahan lainnya. Di samping itu, kamu juga bisa memiliki bathtub dengan bentuk yang paling kamu inginkan.

Agar ruangan bisa tampak lebih luas, gunakanlah lantai bermotif papan catur. Kamu bisa memakai keramik berwarna hitam dan putih. Agar serasi, peralatan lain di kamar mandi pun berwarna senada. Supaya tak monoton, kamu bisa menaruh beberapa buah handuk warna-warni.

3. Ergonomics Bathtub

Ergonomics Bathtubpinterest.com

Bagi kamu yang menginginkan gaya interior kamar mandi yang modern, maka ergonomics bathtub dapat menjadi penguat kesan tersebut. Bathtub jenis ini yang lebih canggih dilengkapi oleh built-in speaker sehingga kamu bisa mendengarkan musik sambil memanjakan diri.

Jika kamu ingin gaya interior kamar mandi unik yang modern, kamu bisa mendesain kamar mandimu bertema laut. Cat warna biru laut bisa dipilih untuk memulas tembok kamar mandi. Pada bagian yang tak terjangkau air, kamu juga bisa memasang wallpaper dinding bergambar ikan atau pemandangan bawah laut.

4. Sit Bathtub

Sit Bathtubmueblesbotticelli.com

Kamar mandi bertema oriental bisa dilengkapi dengan sit bathtub. Jenis bathtub satu ini merupakan inovasi dari Jepang dalam menciptakan bathtub yang tak memakan tempat, namun menonjolkan karakter etnik mereka. Walau bathtub ini tidak bisa membutmu berselonjor, tapi tetap cukup nyaman dipakai berjongkok atau bersila.

Kamu bisa menyampirkan handukmu pada tepi bathtub serta menyimpan peralatan mandi lainnya pada sebuah lemari kecil yang mudah dijangkau. Tempatkan sebuah papan kayu yang tingginya bisa memudahkanmu untuk masuk ke dalam bathtub ini. Dinding bathtub bisa pula diwarnai cat emas sehingga menghadirkan kesan klasik yang mewah.

5. Freestanding Bathtub

Freestanding Bathtubvintagetub.com

Buat kamu yang menggemari desain kamar mandi minimalis, mungkin akan jatuh hati pada freestanding bathtub. Jenis bathtub yang disukai sejak era Victoria ini dipasang begitu saja sehingga kaki-kakinya langsung menjejak lantai. Freestanding bathtub ini biasanya tidak diletakkan merapat ke dinding agar dapat menjadi aksen yang menonjol. Kamar mandi yang menggunakan cermin pada salah satu sisi dinding bisa tampil lebih elok dengan bathtub jenis ini.

Kamar mandi juga bisa tampak lebih bersih dan terang dengan dominasi warna putih. Keberaaan bathtub yang tidak perlu penopang lain ini menjadikan ruangan terkesan seperti kamar mandi minimalis, tapi tidak terlihat murah.

6. Whirlpool Bathtub

Whirlpool Bathtubpinterest.com

Whirlpool bathtub lebih kita kenal dengan nama Jacuzzi. Jenis bathtub yang biasanya dipakai untuk spa ini umumnya terbuat dari bahan porselen dan kaca pada bagian dindingnya. Bagian dasarnya memiliki lubang-lubang yang memancarkan uap-uap air bertekanan tinggi, berguna untuk menenangkan syaraf. Whirlpool bathtub ini cocok untuk desain interior kamar mandi mewah dan berkelas.

Whirlpool bathtub ini ada pula yang tertanam seluruhnya pada dasar kamar mandi, sehingga permukaan bathtub tingginya sejajar dengan lantai kamar mandi. Bantalan pada kepala bathtub memungkinkan pengguna menikmati berendam dan mandi uap dalam waktu yang lama. Supaya tidak licin, karpet berbulu tebal bisa dipakai mengelilingi tepi whirlpool bathtub ini.

7. Claw-foot Bathtub

Bathtub-6.jpgthespruce.com

Kamar mandi bergaya vintage pas sekali berpadu dengan Claw-foot Bathtub. Meski begitu, bathtub jenis ini sebenarnya cocok untuk semua gaya interior kamar mandi. Empat buah kaki bathtub yang stylish juga bisa menonjolkan kemewahan modern. Claw-foot Bathtub juga bisa dipasang di sudut, menghadap jendela, atau berseberangan dengan dinding.

Hal pertama yang perlu diperhitungkan adalah luas kamar mandi karena keran bathtub membutuhkan ruang yang lebih. Claw-foot Bathtub umumnya terbuat dari akrilik, cast iron, atau fiberglass yang tentu saja membutuhkan kekuatan lantai kamar mandi yang berbeda. Jika kamu memilih Claw-foot Bathtub berbahan cast iron, maka lantai kamar mandimu harus lebih kokoh.

8. Stone Bathtub

Stone Bathtubsmallandeleganthotels.com

Kamar mandi bernuansa alam dengan dinding kayu atau bambu makin komplit oleh adanya bathtub yang terbuat dari batu. Bentuk bathtub yang unik dan tidak beraturan justru membuatnya tampak menawan. Kekokohan bathtub jenis ini jelas tak perlu diragukan. Ditopang oleh lantai kayu atau dasar bebatuan menjadi paduan yang luar biasa.

Kamu bisa mandi uap dengan rempah-rempah yang menenangkan dalam stone bathtub ini. Beberapa bilah bambu serta daunnya bisa menjadi hiasan yang bersandar pada dinding kamar mandi. Kesan natural pun akan tercipta dengan sempurna.

Baca Juga: 10 Trik Rahasia Ciptakan Kamar Mandi Hotel di  Rumah

Sekarang kamu telah mengetahui 8 jenis bathtub yang cocok dengan berbagai desain interior kamar mandi. Bathtub yang mana yang cocok dengan gaya interior kamar mandimu? Jangan lupa menyesuaikan bathtub dengan anggaran dan ukuran kamar mandimu juga ya!