Yuk, Dekorasi Kamar dengan Mandala Tapestry Cantik!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu sering menonton vlog para beauty vlogger atau selebgram? Tidak hanya mereka yang menjadi fokus kamu pastinya, secara tidak langsung pasti mata kamu ikut melirik latar belakang dekorasi kamar tempat shooting yang terpampang di kamar selebgram.

mandala tapestrypinterest.com

Dekorasi kamar yang mencuri perhatianmu bisa jadi kain lebar atau permadani bermotif mandala dengan berbagai warna. Kain tersebut dikenal dengan mandala tapestry, yang sering dijadikan fokus utama dari dekorasi kamar kekinian. Siapa sih yang nggak ingin punya kamar kekinian dengan dekorasi kamar wah banget? Kamu bisa lho menata kamarmu ala-ala kamar selebgram dengan dekorasi kamar ini.

dekorasi kamar mandala tapestrybohemiandiesel.com

Sebelum menambahkan dekorasi kamar alias mandala tapestry, berikut hal-hal penting yang perlu kamu tahu dan perhatikan baik-baik. Yuk, simak cara mendekorasi kamarmu dengan mandala tapestry!

Apa Sih Mandala Tapestry Itu?

Dekorasi Kamar Tapestryoaksenham.com

Pertama-tama yang harus kamu ketahui adalah apa itu dan dari mana asal usul mandala tapestry. Mandala tapestry merupakan dekorasi kamar atau ruangan yang terbuat dari 100% katun. Tapestry sendiri adalah permadani atau kain lebar berkualitas tinggi, tahan lama, dan ramah terhadap kulit.

Motif mandala sendiri berbentuk geometris yang mewakili alam semesta dalam simbolisme Hindu dan Budha. Sedangkan menurut psikis, mandala tapestry berarti sebuah simbol dalam mimpi, mewakili pencarian pemimpi untuk kelengkapan dan kesatuan diri.

dekorasi kamar mandala tapestrypinterest.com

Dekorasi kamar satu ini terinspirasi dari karya seni para hippie. Mandala tapestry juga menjadi ciri khas dari desain interior bergaya boho. Warna yang muncul berbeda-beda, ada yang penuh dengan warna ada juga hadir dengan warna netral.

Penggunaan dekorasi kamar satu ini juga bermacam-macam lho. Dapat digunakan sebagai hiasan dinding, penutup tempat tidur atau bedspread, penutup meja, sampai hiasan dinding kamar tidur.

Menggantikan Poster Sebagai Dekorasi Kamar

Mandala Tapestry Menggantikan Poster Sebagai Dekorasi Kamarpinterest.com

Kalau di tahun 1990-2000an dekorasi kamar kamu penuh dengan poster film, game, ataupun grup idolamu. Sekarang kamu bisa mengganti poster dengan dekorasi kamar satu ini. Menggantungkan mandala tapestry membantu mengisi kekosongan dindingmu yang polos.

Mandala Tapestry Menggantikan Poster Sebagai Dekorasi Kamarvebma.com

Ada berbagai macam cara untuk menggantung tapestry ini. Sebagai salah satu pilihan dekorasi dinding kamar, mandala tapestry merupakan dekorasi kamar yang fleksibel. Pasangkan permadani dengan rod atau batang gorden. Jahitlah bagian atas tapestry selurus mungkin hingga tidak ada kerutan agar permadani tidak kusut dan batang gorden tidak berat di sisi lain. Masukkan batang pada bagian atas tapestry yang telah dijahit. Kemudian, tempelkan tapestry ke sisi dinding yang kamu inginkan.

Selain dengan bantuan batang gorden, kamu juga dapat menggunakan paku ataupun push pin. Kamu bisa memaku tapestry langsung ke dinding dengan paku, atau memakai push pin jika tapestry yang kamu pilih cukup ringan. Ini bagus untuk permadani tenunan yang lebih longgar. Tapestry dapat digantung pada paku lewat celah-celah tenunan.

Mandala Tapestry Menggantikan Poster Sebagai Dekorasi Kamarroyalfurnish.com

Kamu juga dapat menambahkan beberapa pencahayaan lampu LED atau lampu gantung sebagai dekorasi kamar untuk kamu gantungkan di sekitaran tapestry. Penambahan lampu akan memancarkan kehangatan di dalam kamar. Tambahkan selimut atau kain berbahan faux fur untuk menaksimalkan dekorasi kamarmu. Selimut ini sangat cocok dengan tema boho ataupun hippie. Beberapa cushion juga dapat kamu tambahkan, dari bantal dekorasi berwarna netral, bermotif polos sampai bantai dengan pom-pom kecil.

Mandala tapestry juga bisa jadi latar belakang yang tepat untuk kamu yang suka bernostalgia. Kamu bisa menambahkan lembaran foto-foto dengan menggantungnya didepan tapestry. Sebelum tidur, kamu dapat mengingat kejadian semasa lalu bersama teman maupun keluarga.

Saatnya Jendela Kamarmu Dihias Dekorasi Kamar Bermotif Mandala

dekorasi kamar jendela mandala tapestrystyledcanvas.com

Bersyukurlah kamu memiliki jendela di kamar, sehingga kamu bisa merasakan sinar matahari langsung dan menjaga kamarmu dari kelembaban. Namun, sinar matahari yang masuk lewat jendela terkadang terlalu silau, sampai-sampai kamu harus terbangun dari tidur.

Salah satu cara agar tidurmu tidak terganggu namun tetap mengindahkan jendela kamarmu yaitu menggantung tapestry di depan jendela sebagai pengganti gorden. Sinar matahari akan terhalang dengan dekorasi kamar satu ini tanpa membuat kamar menjadi lembap. Kamu tetap bisa mebuka jendela kamar agar sirkulasi udara berputar.

Dekorasi Kamar yang Mempercantik Langit Kamarmu

mandala tapestry langit-langit dekorasi kamarpinterest.com

Masih sama soal gantung-menggantung, tapi dekorasi kamar satu ini berpindah alamat. Tidak lagi menggantung atau menempel pada dinding. Apapun jenis plafon yang kamu miliki, bahkan plafon minimalis, tapestry siap menghiasi langit-langit kamarmu.

Pada dasarnya, penempelan tapestry pada langit-langit sama dengan menggantungkan pada dinding kamar. Menggantung dekorasi kamar ini pada langit-langit kamarmu merupakan ide bagus bagi kamu yang ingin menciptakan suasana lebih unik di dalam kamar.

Dekorasi Kamar Mandala Tapestrypinterest.com

Penggantungan dekorasi kamar ini pada langit-langit mungkin akan membuat jarak antara lantai dan plafon menjadi pendek. Namun, bagi kamu yang ingin merasakan sedang berada di sebuah tenda besar, kamu bisa banget mencoba hal ini.

Ada beberapa bentuk tapestry yang bisa kamu pilih untuk dekorasi kamar, misalnya tapestry dengan rumbai panjang. Kamu bisa menggantungkan tapestry dengan agak longgar, sehingga membentuk lengkungan ke bawah. Rumbai dari tapestry memberikan kesan pantai pada kamarmu.

Kedua, ada mandala tapestry tembus pandang. Tapestry jenis ini bisa kamu pilih untuk dekorasi kamar jika kamu tidak ingin memasang lampu lantai. Ketika kamu memasang tapestry pada plafon, terang lampu tetap nampak dibalik kain.

Dekorasi Kamar Mandala Tapestrypinterest.com

Kamu juga bisa memilih tapestry dengan ukuran super besar lho. Ya, memang terdengar aneh, tapi ada cara untuk mensiasati tapestry super besar. Kerutkan atau lipat tapestry ke dalam lipatan lebih kecil. Saat menggantung tapestry pada langit-langit, satukan ujung lipatannya pada plafon, biarkan lipatan kain jatuh dan membentuk lengkungan. Voila, dekorasi kamar ini menyulap kamarmu menjadi sebuah tenda besar yang cozy!

Dekorasi Kamar dengan Mandala Tapestry Pada Kasur

mandala tapestry dekorasi kamar sprei kamarhowbeautiful.us

Selain bantal dan sprei yang lembut, kamu bisa mempercantik dan menambahkan kenyamanan pada kasur dengan tapestry. Memang, tapestry tidak memiliki fungsi yang signifikan. Namun, tapestry berbahan tipis dapat kamu manfaatkan sebagai alas kasur setelah sprei. Kamu cukup membeli sprei bermotif polos yang kamu sukai dan menutupi atasnya dengan tapestry.

Karpet Mandala Tapestry yang Bersahabat dengan Lantai

Dekorasi Kamar Mandala Tapestry Karpettherugseller.co.uk

Mandala tapestry juga cocok jika kamu ingin menjadikan dekorasi kamar ini sebagai karpet. Gambar geometrisnya dapat mengisi ruangan atau lantai kamar dengan baik. Karpet yang tepat  bisa membuat ruangan terlihat luas dan tidak kosong. Warna hangat seperti cokelat dan warna agak tua bisa menjadi pilihan yang cocok sebagai pilihan karpet favoritmu.

Sama halnya dengan plafon, terkadang lantai tidak terlalu diperhatikan. Padahal, lantai bisa menjadi medium dekorasi kamar yang efektif lho. Contohnya dengan memakai permadani atau karpet.


Kamu bisa punya kamar kekinian ala-ala selebgram favoritmu lewat dekorasi kamar yang serbaguna.  Jangan lupa, kamu bisa lho menemukan dekorasi-dekorasi terfavorit di dekoruma. Memiliki kamar dengan dekorasi cantik nggak ribet kok, buktinya menggunakan mandala tapestry ini. Tertarik mencoba?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse