6 Trik Menata Rumah Sederhana tapi Mewah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Membuat rumah tampak mewah memang tidak mudah. Luas rumah, anggaran dan waktu renovasi hanyalah beberapa di antara sekian banyak hal yang dipertimbangkan untuk membuat rumah sederhana tapi mewah. Belum lagi harus menentukan desain yang tepat—elegan, high-end dan tidak berlebihan. Tidak sedikit orang yang pada akhirnya mengurungkan niat karena merasa usaha yang harus mereka keluarkan untuk merenovasi rumah sederhana tapi mewah akan terlalu besar.

Beruntung, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Bahkan jika kamu memiliki bujet yang terbatas, kamu tetap bisa memiliki rumah sederhana tapi mewah. Para desainer interior mengungkapkan bahwa trik seperti menambahkan aksesoris tertentu pada ruangan dan renovasi rumah dalam skala kecil bisa kamu lakukan untuk menciptakan nuansa mewah pada rumahmu. Yuk, simak ulasan di bawah ini untuk inspirasi rumah sederhana tapi mewah yang mudah.

Kemewahan rumah sederhana dari crown molding

Rumah Sederhana Tapi Mewah Crown Moldingzillowstatic.com

Kunci tampilan rumah sederhana tapi mewah terletak pada detail ruangan-ruangannya. Misalnya saja, menambahkan crown molding di sudut ruangan atau bagian atas pintu dan jendela. Crown molding yang menghubungkan dinding dan plafon dapat melengkapi kepaduan ruangan serta menciptakan kesan rumah sederhana tapi mewah. Sebaliknya, tanpa crown molding, ruangan cenderung terlihat biasa saja, bahkan seperti ruangan yang belum selesai dibangun.

Rumah Sederhana Tapi Mewah Crown Moldingarchitecturaldigest.com

Ketika menentukan desain crown molding untuk rumah sederhana tapi mewah, pilih yang trim-nya lebar untuk efek yang lebih kentara. Tidak sedikit desainer interior yang menganggap bahwa semakin lebar trim crown molding, ruangan pun akan terlihat semakin mewah. Untuk menciptakan efek seperti ini, kamu bisa tambahkan beberapa tipe molding sekaligus di rumah, seperti crown, ceiling beams, dan chair rails. Biaya yang dikeluarkan untuk merenovasi rumah sederhana tapi mewah dengan crown molding juga relatif tidak mahal, khususnya yang terbuat dari plastik.

Karya seni di ruang keluarga, tanda selera tinggi penghuninya

Karya Seni Rumah Sederhana Tapi Mewahhabcdn.com

Ciptakan fokus ruangan yang mengagumkan dengan memasang karya seni di ruang keluarga untuk menampilkan efek rumah sederhana tapi mewah. Karya seni ini bisa berupa meja dan kursi berbentuk unik, hiasan atau dekor meja vintage turun-temurun keluarga, atau lukisan dinding dan poster kanvas ukuran besar. Ruangan dengan tampilan seperti ini membuat rumah sederhana tapi mewah, elegan dan modern.

Agar biaya yang dikeluarkan untuk rumah sederhana tapi mewah, kamu bisa mendapatkan lukisan atau karya seni lainnya di toko barang-barang bekas. Atau, jika ingin hasil yang lebih kreatif dan personal, kamu bisa susun hiasan-hiasan dinding kecil menjadi karya seni yang unik di dinding ruang keluargamu. Intinya, hindari ruangan yang monoton dengan menampilkan elemen-elemen dengan bentuk dan siluet yang menarik, khususnya di ruang keluarga rumah sederhana tapi mewah.

Pemilihan warna untuk rumah sederhana tapi mewah tidak boleh setengah-setengah

Pemilihan Warna Rumah Sederhana Tapi Mewahhomeklondike.site

Memilih warna cat rumah seringkali merupakan salah satu keputusan yang paling sulit dilakukan. Tetapi jika kamu sedang mendesain rumah sederhana tapi mewah, ada beberapa pilihan warna yang dapat langsung menarik perhatian dengan kesan elegannya. Pertama-tama, ada dua tipe corak warna yang bisa kamu pilih—bold dan dramatis, atau netral dan lembut.

Kedua tipe corak ini sama-sama bisa menciptakan rumah sederhana tapi mewah. Selanjutnya, kamu tinggal menyesuaikan corak yang kamu pilih dengan karakter rumah yang ingin kamu bangun dan konsisten menggunakannya.

Pemilihan Warna Rumah Sederhana Tapi Mewahpinterest.com

Bagian dalam pintu yang dicat hitam juga salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan rumah sederhana tapi mewah. Jika kamu mengikuti pilihan ini, tambahkan beberapa dekorasi atau aksesoris berwarna hitam di dalam ruangan agar keseluruhan desain rumah sederhana tapi mewah ini padu padan.

Ruangan elegan dengan jendela bertirai

Tirai Rumah Sederhana Tapi Mewahpinterest.com

Sama seperti crown molding, rumah tanpa tirai jendela terlihat seperti rumah yang pengerjaannya belum selesai. Beruntung, tirai adalah salah satu dekorasi yang paling mudah ditambahkan untuk rumah sederhana tapi mewah. Karena variasi jenis dan harga tirai sangat banyak, pilih tirai dengan kualitas terbaik yang bisa kamu usahakan. Hindari tirai dari material yang tipis atau transparan meskipun harganya jauh lebih terjangkau, karena akan memberikan kesan yang berkebalikan dari rumah sederhana tapi mewah.

Tirai Rumah Sederhana Tapi Mewahyousheyoujia.com

Untuk tirai jendela di rumah sederhana tapi mewah, pastikan memilih jenis tirai atau gorden yang tepat. Pilih yang dibuat dari material yang elegan, seperti sutra, linen dan katun. Apabila kamu tidak menyukai tirai drapery, alternatif lain yang bisa kamu pilih adalah tirai bambu atau kayu. Pastikan dengan tirai ini, nuansa rumah sederhana tapi mewah yang sedang kamu tampilkan tampak didesain dengan matang.

Setelah selesai memilih, gantung tirai tersebut sedekat mungkin dengan plafon untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih tinggi dan mewah. Sebaliknya, tirai yang digantung tepat di atas jendela memberikan kesan bahwa ruangan tersebut tidak menarik dan biasa saja.

Pencahayaan memiliki peran yang penting di rumah sederhana tapi mewah

Pencahayaan Rumah Sederhana Tapi Mewahpinterest.com

Banyak kontraktor memilih untuk memasang pencahayaan yang standar, yang mungkin sudah mereka gunakan berkali-kali di rumah-rumah lain yang mereka bangun. Inilah salah satu sebab banyak rumah yang terlihat standar dan seperti tidak punya style dan karakter yang kuat. Padahal, pencahayaan punya peran yang signifikan untuk meningkatkan nuansa elegan, khususnya jika ingin membuat rumah sederhana tapi mewah.

Pilih lampu gantung atau lampu lantai dengan desain yang unik untuk rumah sederhana tapi mewah. Lampu yang memiliki bentuk yang kreatif akan menambah kemewahan pada rumah, karena dapat pula berperan sebagai karya seni di ruangan tersebut.

Pencahayaan Rumah Sederhana Tapi Mewaheakeenan.com

Tambahkan beberapa sumber pencahayaan sekaligus di satu ruangan. Selain terhindar dari ruangan yang suram, sumber pencahayaan lampu yang bervariasi juga dapat meningkatkan kesan rumah sederhana tapi mewah yang sedang kamu bangun. Lampu lantai dan lampu meja di beberapa ruangan di rumah, misalnya, dapat menciptakan tampilan dan nuansa klasik yang elegan.

Aksesori yang tepat akan melengkapi rumah sederhana tapi mewah

Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Mewahpinterest.com

Aksesori ruangan adalah salah satu dekorasi yang paling tricky. Ada rumah dengan aksesori ruangan yang terlalu sedikit sehingga tampak kosong, ada pula rumah yang memiliki aksesori ruangan terlalu banyak sebagai alasan untuk menambah bujet dekorasi. Lalu, bagaimana mencari jalan tengah untuk keduanya—misalnya, untuk mendesain rumah sederhana tapi mewah? Jawabannya ada pada aksesori dengan warna keemasan.

Warna keemasan dapat langsung menciptakan nuansa elegan di rumah sederhana tapi mewah selama tidak terlalu banyak aksen emas dalam satu ruangan. Bingkai foto, ornamen lampu dan hiasan meja berwarna emas yang dipasang sekaligus di satu ruangan akan menyakitkan mata.

Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Mewahhgtvhome.com

Bukan malah membuat rumah sederhana tapi mewah, kebanyakan aksesori berwarna emas malah menjadikan ruangan tampak murahan dan terasa tidak nyaman. Agar tidak terlalu banyak aksesori berwarna emas, warna silver, krom dan nikel bisa menjadi alternatif karena memiliki corak yang lebih kalem tapi tetap menampilkan kesan rumah sederhana tapi mewah. Aksesori dengan corak-corak seperti ini akan membuatmu lebih mudah dalam mendesain rumah sederhana tapi mewah.

Itulah beberapa inspirasi terpopuler jika kamu ingin membuat rumah sederhana tapi mewah dengan mudah. Tapi, ada cara yang lebih mudah dan lebih terjangkau lagi yang bisa kamu lakukan: menjaganya tetap rapi dan bersih. Sediakan bujet untuk peralatan pembersih rumah, seperti vacuum cleaner dan lap kain lembut yang berkualitas untuk menciptakan kesan rumah sederhana tapi mewah.

Baca Juga: 9 Cara Hemat Membersihkan Rumah Secara Alami

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior dekoruma! 🙂

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse