12 Inspirasi Desain Dapur Kecil Favorit Para Ibu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memiliki rumah yang mungil tentunya membuat kita harus lebih pintar membagi ruangan. Meski berukuran kecil, fungsi tiap ruang sebaiknya tetap optimal. Hal ini juga berlaku untuk ruangan favorit para ibu, yaitu dapur. Para ibu tentunya menginginkan dapur yang cantik dengan fasilitas yang lengkap. Namun jika dapur memiliki luas yang terbatas, desain dapur kecil juga bisa menawan kok!

Merancang desain dapur kecil memang membutuhkan ide dan kreativitas yang mumpuni. Bagi para ibu yang sedang memikirkan desain dapur kecil yang pas di rumahnya, simak dulu yuk 12 inspirasi desain dapur kecil yang tentunya bisa menjadi favoritmu.

1. Desain Dapur Kecil yang Terintegrasi dengan Ruang Makan

Desain DapurKecil Meja Makanthekitchn.com

Penghilangan sekat menuju ruang makan dapat membuat desain dapur kecil terasa lebih luas. Hal ini juga membuat desain dapur kecil jadi lebih praktis, karena memudahkanmu membawa makanan ke meja makan. Ibu pun bisa lebih menghemat waktu saat membuat sarapan. Supaya desain dapur kecil terlihat stylish, pilihlah kursi dan meja makan yang ringan dengan bentuk yang mungil namun tetap nyaman digunakan. Perabotan yang yang terlalu besar hanya akan membuat dapur kamu semakin sesak.

2. Desain Dapur Kecil yang Efisien

Desain Dapur Kecil Efisienhgtv.com

Desain dapur kecil sebaiknya tetap memenuhi kebutuhan dalam memasak, terutama peralatan. Pada desain dapur kecil, tidak semua perabot bisa ditampung. Jadi kamu harus menata peralatan masak dengan baik.

Pasanglah sebuah rak gantung yang mudah dijangkau ketika memasak, sehingga bumbu-bumbu dan bahan makanan bisa kamu dapatkan tanpa perlu melepas pandangan dari wajan. Untuk peralatan dapur esensial seperti spatula, pisau, wadah, dan talenan sebaiknya ditaruh pada countertop.

Sebaliknya, simpanlah peralatan-peralatan makan pada lemari di bawah countertop. Desain dapur kecil seperti ini membuatmu irit tenaga dalam menyiapkan alat dan bahan memasak.

3. Desain Dapur Kecil dalam Balutan Hitam dan Putih

Desain Dapur Kecil Hitam Putihelledecor.com

Siapa bilang desain dapur kecil tidak bisa tampil elegan? Putihnya dinding dan meja countertop berbahan granit hitam mengkilat membuat desain dapur kecil tampak mewah. Di samping itu, lantai keramik dapur berwarna hitam dan putih seperti papan catur yang berpadu dengan cahaya dari lampu gantung juga bisa menghasilkan desain dapur kecil yang mengagumkan. Percaya deh, dengan desain dapur kecil seperti ini, para ibu pasti makin rajin memasak!

4. Desain Dapur Kecil Menghadap Ruang Terbuka

Desain Dapur Kecil Menghadap Ruang Terbukamyhomemystyle.com

Desain dapur kecil bisa terasa lebih segar dengan memiliki ventilasi yang menghadap ke ruang terbuka. Jangan ragu untuk menambahkan jendela besar pada desain dapur kecil. Di samping membuat dapur terasa lapang, jendela besar juga membuat cahaya matahari bisa masuk. Kamu juga bisa menaruh tanaman hijau atau bunga-bunga di dekat jendela dapurmu. Desain dapur kecil seperti ini bisa membuat kegiatan memasak jadi lebih rileks.

5. Desain Dapur Kecil Berfunitur Kayu

Desain Dapur Kecil Kayupinterest.com

Nuansa tradisional masih bisa kamu rasakan dengan menambahkan furnitur dari kayu pada desain dapur kecil. Jangan pilih warna gelap untuk dinding karena akan membuat ruangan terasa sempit, sebaliknya pilih warna terang seperti putih. Paduan dinding warna putih dan furnitur berbahan kayu akan melahirkan kesan minimalis yang anggun. Dinding batu bata pada tepi atau sudut desain dapur kecil dapat menjadi aksen yang memperkuat citra etnik.

6. Desain Dapur Kecil Menghadap Ruang Keluarga

Desain Dapur Kecil Menghadap Ruang Keluargaelledecor.com

Desain dapur kecil jenis ini memungkinkan para ibu tetap bisa mengobrol bersama keluarga meski sedang memasak. Desain dapur kecil ini juga akan terasa lapang tanpa adanya sekat antara dapur dan ruang keluarga.

Alih-alih sekat, gunakan warna atau motif lantai yang berbeda untuk menandai area dapur dan ruang keluarga. Di samping itu, desain dapur kecil juga bisa memanfaatkan ventilasi pada ruang keluarga yang umumnya lebih lebar.

7. Desain Dapur Kecil Metalik

Desain Dapur Kecil Metalikhomedit.com

Selain bentuk, pemilihan material juga penting agar desain dapur kecil tak terasa makin sempit. Jika kamu ingin dinding dapur agak gelap, material metal bisa menyeimbangkannya. Selain lebih mudah dibersihkan, material metal juga bisa memantulkan cahaya dan membuat ilusi ruangan terlihat lebih luas pada desain dapur kecil.

Pilihlah kitchen set dari bahan aluminium atau stainless steel agar lebih tahan lama serta tak mudah berkarat. Terakhir, gunakan lampu dinding untuk membuat sua.

8. Desain Dapur Kecil Berbentuk L

Desain Dapur Kecil Lpinterest.com

Area yang luas untuk memasak bisa para ibu dapatkan dengan desain dapur kecil berbentuk L. Keunggulan dari desain dapur kecil ini adalah keleluasaan saat memasak. Desain dapur kecil ini terdiri dari dua buah meja countertop membentuk siku-siku. Kamu bisa memisahkan area bersih-bersih dengan area masak dengan kompor dan microwave. Jika memungkinkan, penambahan kitchen island juga dapat berfungsi sebagai meja makan.

9. Desain Dapur Kecil pada Lorong

Desain Dapur Kecil Lorongapartmenttherapy.com

Kamu hanya punya lorong untuk dijadikan dapur? Jangan khawatir, kamu tetap bisa merancang desain dapur kecil tanpa sumpek lho! Untuk menyimpan peralatan dapur, kamu bisa menggunakan rak dinding terbuka. Rak ini dapat membuat desain dapur kecil terasa lebih luas.

Kelebihan lainnya adalah rak terbuka dapat mempercantik dapur jika kamu menata perabot dengan rapi. Tempatkan bunga-bunga palsu dalam pot sebagai aksen, maka pandangan mata juga akan teralihkan dari lorong yang sempit.

10. Desain Dapur Kecil Bergaya Vintage

Desain Dapur Kecil Vintagepinterest.com

Desain dapur kecil masih bisa tampil ceria dengan warna-warna pastel khas desain bergaya vintage. Jangan menggunakan terlalu banyak warna karena desain dapur kecil akan terlihat terlalu ramai. Pililah dua warna dominan, misalnya putih dan biru muda atau krem dan merah muda.

Kursi dan meja makan dari kayu dengan taplak kotak-kotak akan tampak simpel namun tetap cantik. Supaya desain dapur kecil lebih artistik, pasanglah lampu gantung minimalis untuk memunculkan suasana ala cafe di rumahmu.

11. Desain Dapur Kecil dengan Mesh Panel

Desain Dapur Kecil Partisipinterest.com

Jika kamu kurang nyaman dengan dapur yang tanpa sekat sama sekali, tapi ingin tetap berinteraksi dengan keluarga saat memasak, maka mesh panel bisa menjadi solusinya. Mesh panel adalah salah satu jenis sekat ruangan yang tembus pandang. Kamu bisa memasangnya di antara dapur dan ruang keluarga.

Pastikan dapur tetap rapi agar sedap dipandang dari ruang keluarga. Sebagai pemanis, kamu bisa menambahkan kitchen island berwarna cerah seperti merah agar desain dapur kecil lebih hidup.

12. Desain Dapur Kecil dengan Tiang Fungsional

Desain Dapur Kecil dengan Tiang Fungsionalpinterest.com

Jika dapurmu kebetulan punya tembok tiang yang membuat dapur terlihat makin sempit, maka kamu bisa meniru desain dari Benjamin Bradley and David Thiergartner. Mereka mengubah tembok tiang yang semula hanya sebagai penyangga menjadi lemari kaca untuk menyimpan gelas. Selanjutnya, kamu bisa melapisi tembok tiang tersebut dengan wallpaper dinding yang cantik. Desain dapur kecilmu akan sangat unik.

Ternyata luasan kecil nggak menghalangi kamu mendapatkan dapur yang cantik kan? Sekarang, dekoruma juga bisa membantumu mewujudkan kitchen set impian lho! Dari desain dapur di atas, yang mana favoritmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse