Mau Mendesain Kamar? Kenali Dulu 10 Desain Interior Kamar Paling Populer!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamar tidur adalah salah satu tempat favorit masing-masing anggota keluarga. Selain menjadi tempat istirahat setelah seharian beraktivitas, kamar tidur juga bisa menjadi tempat bersantai dan main game. Dilihat dari fungsinya, desain interior kamar tidak dapat disepelekan atau dibuat sembarangan.

Desain interior kamar sebaiknya dibuat berdasarkan keinginan si pemilik kamar agar terasa nyaman dan membuatnya betah berlama-lama di sana. Ada beberapa desain interior untuk area yang sifatnya pribadi ini. Sebelum membangun kamar, yuk kenali dulu 10 desain interior kamar yang paling populer berikut ini dan pilihlah yang sesuai dengan keinginanmu!

1. Desain interior kamar bohemian

Desain interior kamar bohemianpinterest.com

Menerapkan desain interior kamar ala bohemian berarti kamu harus berani bermain motif dan warna. Tidak ada aturan khusus untuk menghias interior kamar ini. Memadukan motif tribal dengan lingkaran? Tidak masalah! Menggunakan 5 warna sekaligus di dalam kamar juga tidak masalah.

Elemen lainnya yang penting dalam desain interior kamar bohemian adalah penggunaan kain dengan rumbai di ujungnya.  Kain ini bisa berupa sprei, sarung bantal, atau throw. Nggak lupa, Mandala tapestry juga menjadi ikon penting dalam konsep desain bohemian.

 

2. Desain interior kamar eklektik

Desain interior kamar eklektikcutypaste.com

Desain interior kamar yang satu ini cukup menantang, pasalnya warna yang digunakan adalah warna-warna yang mencolok seperti merah, biru, dan kuning. Kunci utama pada desain interior kamar eklektik adalah penggunaan elemen kain. Elemen kain ini bisa dimunculkan dengan karpet, tirai besar, atau hiasan dinding dari kain.

Misalnya menggunakan motif geometris pada furnitur atau wallpaper. Motif geometris yang sering digunakan adalah zig-zag, vertikal, garis, dan lingkaran. Furnitur yang digunakan juga biasanya memiliki kaki yang melengkung atau berbahan dasar besi tempa.

3. Desain interior kamar Victorian

Desain interior kamar Victorianpinterest.com

Desain interior kamar berikutnya adalah ala Victorian. Desain interior kamar seperti ini biasanya ditemukan pada rumah-rumah mewah dan mengingatkan kita pada interior istana yang megah.

Desain interior kamar Victoria biasanya memiliki area untuk duduk. Pada area duduk ini ada beberapa kursi dan ottoman empuk untuk sandaran kaki. Furnitur yang digunakan pada desain interior kamar ini adalah furnitur yang memiliki ukiran pada bagian kaki atau pinggirannya.

Desain interior kamar Victorianinteriorsroom.ru

Sebagian besar desain interior kamar Victorian memiliki ranjang dengan headboard yang dilengkapi tirai dari kain tebal dan mengkilap. Cermin, lukisan, dan wallpaper bermotif wajib menghiasi dinding kamar. Tidak ketinggalan juga lampu gantung dari kristal sebagai sumber pencahayaan.

4. Desain interior kamar shabby chic

Desain interior kamar shabby chicpinterest.com

Desain interior kamar shabby chic adalah salah satu desain interior yang digemari oleh para perempuan. Desain interior shabby chic sendiri merupakan bentuk turunan dari gaya vintage yang banyak menggunakan warna-warna lembut.

Motif yang sering digunakan pada desain interior kamar ini adalah bunga-bunga kecil. Sebagai pelengkap, kamu bisa menggunakan sprei berwarna pastel atau sprei berenda. Untuk furnitur di kamar ini, gunakanlah material kayu dengan cat yang mengelupas untuk menciptakan kesan usang dan lusuh khas desain interior shabby chic. Desain interior kamar ini sangat cocok untuk anak perempuan atau perempuan dewasa yang feminin.

5. Desain interior kamar industrial

Desain interior kamar industrialhome-designing.com

Desain interior kamar yang berikutnya akan cocok untuk kamu yang berkepribadian kalem. Desain interior kamar industrial ini identik dengan warna abu-abu dari dinding atau lantai beton yang tidak diberi finishing alias dibiarkan terlihat apa adanya. Lantai beton ekspos ini bisa juga diganti menggunakan lantai kayu.

Warna abu-abu yang identik ini mampu menciptakan kesan cool dan dingin. Furnitur yang digunakan biasanya terbuat dari metal dan besi atau kayu. Dekorasi yang paling direkomendasikan ada di dalam interior kamar ini adalah lampu bercorong besar yang biasa digunakan di pabrik. Atau, kalau nggak bisa menemukan lampu bercorong, kamu bisa memakai variasi lampu hias.

6. Desain interior kamar rustic

Desain interior kamar rusticcanadianloghomes.com

Desain interior kamar rustic ini populer di kalangan masyarakat karena dianggap mampu menciptakan suasana zaman dahulu di bangunan modern. Material yang digunakan untuk furniturnya adalah kayu tanpa finishing sehingga warna aslinya tetap menonjol.

Bagian dinding biasanya terbuat dari batu bata yang dibiarkan tanpa aci atau cat. Dekorasi terbaik untuk menghiasi desain interior kamar ini adalah berbagai barang antik dan kuno.

7. Desain interior kamar Skandinavia

Desain interior kamar Skandinaviadeloghtfull.com

Sebagai salah satu konsep desain interior paling populer di dunia, hampir semua orang mengetahui apa itu konsep Skandinavia. Pada umumnya, desain interior kamar Skandinavia didominasi oleh warna serba putih—mulai dari dinding hingga lantai, meski pada perkembangannya ada juga yang menggunakan warna abu-abu atau cokelat pasir.

Material yang digunakan pada desain ini adalah kayu untuk lantai dan furnitur. Karena Skandinavia identik dengan kesan simpel dan natural, pencahayaan utama dari kamar ini berasal dari matahari. Oleh karena itu, pilih jendela berukuran besar saat mendesain dengan konsep Skandinavia.

Desain interior kamar Skandinaviaflickr.com

Agar desain interior kamar ini terlihat tidak monoton, kamu bisa menambahkan dekorasi berupa pot tanaman hijau di beberapa sudut atau menggunakan sarung bantal bermotif simpel dan warna senada dengan konsep ruangan.

8. Desain interior kamar Mediterania

Desain interior kamar Mediteraniadecoist.com

Desain interior kamar Mediterania biasanya populer di negara-negara tropis, salah satunya adalah Indonesia. Desain interior kamar yang dipengaruhi oleh negeri-negeri sebelah selatan Eropa seperti Yunani, Italia, dan Spanyol ini identik dengan penggunaan batu alam pada salah satu bidang dinding atau lantai.

Furnitur yang digunakan biasanya terbuat dari kayu pinus dan berukuran sangat besar. Kamu tidak membutuhkan banyak dekorasi untuk menghias desain interior kamar ini.

9. Desain interior kamar tradisional

Desain interior kamar tradisionalavetexfurniture.com

Desain interior kamar tradisional memiliki nuansa yang lembut dan hangat. Warna yang mendominasi desain interior ini adalah cokelat dari penggunaan material kayu pada furnitur, mulai dari ranjang, pintu, lemari, lantai, dan meja.

Furnitur yang digunakan biasanya berukuran besar dan memiliki ukiran sederhana di sekelilingnya. Untuk pencahayaan, gunakanlah warna lembut seperti kuning atau putih namun tidak perlu terlalu terang sehingga terciptalah kesan yang nyaman.

10. Desain interior kamar minimalis

Desain interior kamar minimalisadsttc.com

Desain interior kamar yang paling populer di kalangan masyarakat adalah minimalis. Desain interior kamar yang satu ini cocok diterapkan untuk kamar anak maupun dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Desainnya tidak lekang oleh waktu, maksudnya cocok untuk segala umur. Ketika anak kamu beranjak dewasa, desain interior kamar ini tidak perlu diubah mengikuti umurnya. Berbeda jika kamu menerapkan desain kamar tidur anak-anak bertema kartun yang harus diubah ketika anak beranjak dewasa nanti.

Desain interior kamar minimaliscdn.home-designing.com

Furnitur yang digunakan dalam kamar minimalis ini memiliki garis tegas tapi sederhana seperti bentuk persegi atau persegi panjang. Warna yang juga digunakan netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Untuk penerangannya gunakan pencahayaan tidak langsung agar kegiatan tidur bisa terasa lebih nyaman.

 


Itulah 10 desain interior kamar populer yang perlu kamu ketahui sebelum membangun kamar. Jangan lupa, kamu bisa kok mewujudkan desain kamar impianmu bersama dekoruma. Kamu juga bisa menemukan perabotan kamar terfavorit! Nah, desain mana yang menjadi pilihanmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse