8 Sekat Ruang Tamu yang Buat Ruangan Terlihat Luas

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu memiliki rencana menghias ruangan terbuka menjadi lebih nyaman atau justru membuatnya terlihat lebih lapang? Semuanya bisa terasa berbeda dengan pemilihan sekat ruang tamu yang tepat.

Tapi bagaimana ya mencari sekat ruang tamu yang tepat untuk ruang tamu di rumah kita? Tenang, Kania punya ide 8 sekat ruang tamu yang tidak hanya membuat ruangan jadi terlihat cantik dan unik tapi juga terasa luas!

1. Kombinasi Elemen Tumbuhan dan Partisi

Tumbuhan Sekat Ruang Tamupinterest.com

Menggabungkan antara sentuhan anorganik dan organik bisa menjadi sekat ruang tamu yang yang indah dan juga ramah lingkungan. Suasana ruang tamu di rumahmu pun pasti terasa lebih sejuk. Kamu hanya perlu menambahkan pot tanaman di dinding atau membuat sebuah taman mini dengan living wall. Selalu ingat untuk menanam tanaman yang low maintenance, misalnya tanaman hijau daun atau tanaman sukulen supaya nggak ribet mengurusnya.

Jadikan Tanaman Lidah Mertua Sebagai Sekat Ruang Tamu Asri

Sekat Ruang Tamu Lidah Mertuainscapeindoorplanthire.com.au

Tanaman hias Sansevierla atau lebih dikenal sebagai lidah mertua sudah dikenal sebagai tanaman hias yang cocok untuk mempercantik rumah kita. Selain mudah dirawat, tanaman lidah mertua ini hanya membutuhkan sedikit air dan cahaya matahari untuk bertahan hidup.

Nah, coba letakkan tanaman lidah mertua dibalik sofa ruang tamu. Pilihlah lidah mertua dengan panjang lebih dari 30 cm daripada tinggi sofa untuk mendapatkan kesan sekat ruang tamu yang kamu inginkan. Tekstur lidah mertua yang rapat dan tebal akan membatasi pandangan dari ruang tamu sekaligus membuat ruangan terasa lebih asri.

Sekat Ruang Tamu Indah dari Manik

Sekat Ruang Tamu Manikimg.alicdn.com

Tirai indah yang terbuat dari manik tidak hanya membatasi pandangan dari arah ruang tamu tapi juga menjadi sekat ruangan yang tepat kalau kamu tidak mau ruang di rumahmu terasa sempit dan sesak. Kalau kamu tidak cocok dengan desain manik sebagai tirai sekat ruang tamu, kamu juga bisa memakai tirai dari kerang laut.

Sekat ruang tamu dari manik ataupun kerang ini pun pas banget untuk kamu yang sibuk dan mempunyai tingkat mobilitas tinggi, karena baik tirai manik dan kerang ini sangat mudah dibersihkan dan dapat kembali dipasang dalam waktu singkat.

Sesuaikan Kebutuhan Sekat Ruang Tamu dengan Pintu Geser

Sekat Ruang Tamu Pintu Gesergeminily.com

Pintu geser bisa menjadi solusi kreatif kalau kamu menginginkan sekat ruang tamu yang fleksibel. Kamu bisa membuka pintu saat ingin membiarkan udara bebas masuk ke dalam rumah ataupun menutupnya saat ingin mendapatkan privasi di dalam rumahmu. Ingin mendapatkan dua keuntungan sekaligus? Berarti kamu patut mencoba sekat ruang tamu dengan pintu berongga. Selain bisa memberikan privasi, pintu geser dengan rongga ini tetap akan membuat ruanganmu terasa luas.

Sekat-Ruang-Tamu-Pintu Geserhouzz.com

Untuk mendapatkan kesan playful, kamu bisa mengecat sekat ruang tamu ini dengan warna terang ataupun pastel. Sebaliknya, jika kamu ingin nuans elegan, kamu bisa mengecatnya dengan warna netral seperti hitam, putih, abu–abu, cokelat, ataupun perak.

Batasi Ruang dengan Rak Buku

Sekat Ruang Tamu Rak Bukupinterest.com

Sekat ruang tamu dengan menggunakan rak buku menjadi solusi pintar sekaligus multi fungsi untuk rumahmu. Ruang tamu tidak akan terasa sempit karena rak buku tidak akan sepenuhnya menutupi pandangan, namun tetap memberikan privasi.

Sekat Ruang Tamu Rak Bukupinterest.com

Kamu tidak perlu memikirkan tambahan tempat untuk meletakkan rak buku karena semua koleksi bukumu sudah ditata rapi sebagai sekat ruang tamu. Asyiknya, kamu bisa menjadikan koleksi buku sebagai bahan pembicaraan yang menarik ketika ada tamu yang sedang berkunjung.

Sekat Ruang Tamu Efektif dengan Memakai Tirai Kain Transparan

Sekat Ruang Tamu Kain Transparancpiat.com

Tirai kain transparan memang tidak bisa memblokir ataupun meredam suara yang muncul di dalam rumahmu. Tapi tirai kain transparan ini sangat mudah dipasang, mampu melindungi pandangan secara maksimal, dan juga enak untuk dipandang!

Kamu bisa memakai tirai kain transparan dengan warna netral seperti putih, hitam, abu–abu ataupun coklat. Tapi, kamu harus rajin mencucinya. Ada baiknya kamu memilih tirai kain transparan dengan warna gelap sebagai sekat ruang tamu yang efisien.

Desain Sekat Ruang Tamu Trendi dengan Tirai Bambu

Sekat Ruang Tamu Tirai Bambuhomesfeed.com

Tirai Bambu juga bisa menjadi sekat ruang tamu pilihan yang fleksibel loh. Saat sedang dipakai, tirai bambu akan menjadi sekat ruang tamu yang pas karena memberimu privasi tanpa membuat ruangan terasa sempit. Nah, saat sedang tidak dipakai, kamu bisa menggulungnya kembali sehingga ruangan di rumah kamu terasa lapang dan lega.

Sudah banyak tirai bambu hias yang beredar di pasaran. Kamu bisa memilih berbagai sekat ruang tamu seperti apa yang akan cocok dengan desain interior rumahmu. Dari mulai warna coklat bambu polos hingga yang sudah dihias dan dilukis cantik. Ada yang bergaya tradisional khas Indonesia, ada juga sekat ruang tamu yang bernuansa ala Jepang.

Ayo Beralih ke Sekat Ruang Tamu Ramah Lingkungan!

Sekat Ruang Tamu Ramah Lingkunganpinterest.com

Sebelumnya, sudah ada tanaman hias lidah mertua yang bisa dijadikan alternatif sekat ruang tamu yang asri. Nah, ada lagi alternatif dengan tanaman hias rambat atau pot-pot tanaman!

Pertama–tama, kamu menanam media tanam tanaman hias rambat di lantai. Usahakan yang kuat ya. Kemudian pasang tali yang terhubung dari lantai ke langit–langit rumah. Tanaman rambat ini akan tumbuh ke atas dan menjadi sekat ruang tamu alami. Kalau kamu mau menambah fungsinya, kamu bisa memilih tanaman hias yang menghasilkan buah seperti anggur.

Jangan lupa merawat tanamannya supaya selalu terlihat indah. Walaupun memerlukan sedikit usaha keindahan dari sekat ruang tamu ini dijamin worth it banget!



Itu dia 8 sekat ruang tamu yang bisa kamu aplikasikan. Dari ke 8 sekat ruang tamu yang sudah Kania beritahu, nomor berapa yang menjadi favoritmu? Kalau suka artikel ini, jangan lupa share dan cek artikel menarik lainnya di dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse