Cerahkan Ruang Makanmu Dengan Meja Makan Berwarna Terang!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebagai salah satu ruangan paling esensial di rumah, tak heran jika ruang makan dibuat senyaman mungkin. Bagaimanapun, selain makanan, tawa dan cerita juga dibagi di atas meja makan—bahkan lebih daripada di ruang keluarga.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang merasa bahwa meskipun ruang makan sudah memiliki furnitur yang nyaman dan berkualitas, tetap saja terasa kurang “hangat”. Jika kamu termasuk salah satu yang merasa seperti ini, mungkin sudah saatnya kamu beralih ke meja makan berwarna terang. Karena meja makan merupakan pusat dari ruangan ini, pemilihan warnanya sangat mempengaruhi keseluruhan nuansa yang ditimbulkan.

Meja Makanhgtvhome.com

Belakangan ini, mix and match set kursi dan meja makan berwarna terang sedang cukup populer. Selain membuat ruangan terasa lebih homey dan ceria, ruangan dengan set kursi dan meja makan yang memiliki warna terang serta bentuk yang beragam juga cocok untuk interior dengan desain apa pun. Meskipun begitu, agar tidak salah langkah, simak beberapa tips dari kami, yuk!

Tentukan skema warna

Skema Warna Meja Makanhgtvhome.com

Tentu saja, skema warna meja makan adalah hal pertama yang perlu kamu pilih sebelum memikirkan bagian-bagian lain yang ingin didekor atau diganti. Kalau belum ada ide warna terang apa yang bisa kamu pilih untuk meja makan, kamu bisa mulai dengan menentukan kelompok warna yang lebih sesuai dengan kepribadian rumah. Nuansa cerah dari warna-warna pastel? Keceriaan dari warna-warna bold? Atau suasana tenang yang diberikan oleh macam-macam corak kebiruan?

Meja Makan Pink Coralpinterest.com

Aksen warna yang tidak pernah ketinggalan zaman ini akan selalu menarik perhatian. Menggunakan warna ini untuk meja makan dapat menstimulasi semangat di dalam ruangan. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan salah satu warna dari spektrum merah yaitu pink coral. Pink coral adalah salah satu warna yang paling populer beberapa tahun belakangan ini cocok untuk kamu yang mencari referensi warna aksen pada meja makan yang cerah sekaligus kalem.

Meja Makan Orangepinterest.com

Ada juga warna oranye. Tidak banyak yang menggunakan warna ini untuk meja makan. Tetapi kalau kamu ingin menciptakan nuansa ruang makan yang penuh keceriaan, warna ini bisa kamu coba.

Meja Makan Mintpinterest.com

Atau, kamu termasuk penggemar warna-warna pastel? Hijau mint adalah salah satu warna yang bisa kamu pilih untuk menghadirkan nuansa tenang di meja makan.

Kalau kamu menyukai warna-warna positif, warna kuning bisa menjadi pilihan. Warna ini terkenal dapat memberikan energi positif bagi sekitarnya. Seperti matahari, warna kuning pada meja makan akan membuat ruangan lebih bersinar. Sedangkan sebuah meja makan yang berwarna biru langit dapat membuat ruang makanmu tampak lebih lembut dan ceria pada saat yang bersamaan.

Keseimbangan komponen warna jangan sampai dilupakan

Masih bicara tentang pemilihan warna, menentukan skema saja tidak cukup. Untuk menghindari warna-warna terang pada meja makan, kursi, serta furnitur dan dekorasi ruangan yang lain saling bertabrakan, keseimbangan komponen warna yang digunakan juga perlu diperhatikan. Singkatnya, jangan berlebihan dalam menggunakan warna-warna terang di satu ruangan.

Meja Makan Minimalismariedesigns.co.uk

 

Seimbangkan warna terang meja makan dengan corak warna yang lebih gelap untuk furnitur atau dekorasi lain. Pilih warna yang saling melengkapi satu sama lain. Misalnya, meja makan oranye dapat dilengkapi dengan kursi makan minimalis berwarna putih dan peralatan makan berwarna biru. Berikan sentuhan retro modern dan unik di ruang makanmu.

Meja makan putih terang untuk kursi penuh warna

Meja Makan Putihpinterest.com

Masih khawatir salah pilih warna? Tenang. Bagi kamu yang cenderung menyukai warna-warna netral, meja makan berwarna putih bisa menjadi alternatif. Warna putih yang termasuk dalam kategori warna terang bisa membantu meningkatkan tampilan ruang makan yang cerah.

Di samping itu, mengakali ruang makan yang terasa suram tidak hanya bisa dilakukan dengan memilih warna-warna cerah dan berani untuk dekorasi ruang makan. Jika kamu memutuskan untuk memilih meja makan berwarna putih, kursi dengan warna terang lain bisa dijadikan alternatif agar ruang makan tampak hangat dan penuh warna.

Atur agar mix and match kursimu enak dipandang

Meja Makan Mix and Matchhouzz.com

Apabila kamu memilih kursi dengan bentuk yang berbeda-beda, gunakan satu warna saja (atau berbagai gradasi dari satu warna) agar ada keselarasan di sekitar meja makan. Sebaliknya, jika kursimu memiliki bentuk yang sama, tidak ada salahnya memilih warna yang berbeda untuk mengkreasikan kursi makan.

Tentukan satu tema atau skema warna yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan tampilan ruang makan yang unik dan penuh warna, tapi tetap terlihat nyaman, harmonis dan tidak berantakan.

Cat kursi dan meja makan lamamu

Meja Makan Glossyikea.com

Tidak perlu mahal, kamu pun bisa menggunakan kursi dan meja makan yang sudah ada dengan mengecat ulang berdasarkan skema warna yang sudah kamu tentukan. Cat minyak akan memberikan hasil terbaik karena tampilan glossy dapat membuat ruang makanmu tampak lebih cerah.

Furnitur dengan cat minyak pun sangat mudah dibersihkan, sehingga kamu bisa sedikit tenang saat makanan atau minuman tumpah di atas kursi atau meja makan. Di sisi lain, menggunakan cat minyak berarti harus sabar menunggu catnya kering dan baunya hilang.

Hindari penggunaan cat lateks untuk furnitur, apalagi di kursi dan meja makan. Jika terkena noda, furnitur dengan cat lateks akan sulit dibersihkan dan meninggalkan bekas bahkan setelah dilap.

Berani bereksperimen dengan motif

Satu lagi cara yang bisa kamu lakukan dengan memodifikasi kursi atau meja makan yang sudah ada agar lebih mencerahkan ruangan: memanfaatkan kain taplak meja bermotif untuk kursi atau meja makan.

Taplak Meja Makanaliexpress.com

Taplak meja memang terkesan ketinggalan zaman. Sebagian besar rumah dengan konsep modern dan minimalis bahkan sudah meninggalkan taplak meja makan. Namun, taplak meja dengan warna terang dan motif unik akan sangat berguna bagi kamu yang ingin mencerahkan ruang makan dalam waktu yang singkat.

Meja Makan Taplakpinterest.com

Selain menggunakan taplak meja makan, kamu juga bisa menciptakan tampilan menarik dan penuh warna di ruang makan dengan menggunakan motif yang berbeda-beda pada upholstery atau kain pelapis bantalan kursi. Kalau kamu ingin memanfaatkan upholstery, tidak perlu lagi menggukan taplak meja makan—begitupun sebaliknya. Motif yang saling bertabrakan antara kursi dan meja makan hanya akan membuat ruangan terkesan berantakan dan “tidak ramah”.

Tambahkan tanaman di atas meja makan

Tanaman Meja Makanpinterest.com

Lengkapi meja makan berwarna terangmu dengan meletakkan tanaman, seperti dekorasi vas bunga atau rempah-rempah segar di atasnya. Adanya tanaman di dalam sebuah ruangan pun terbukti memiliki manfaat psikologis yang berada di sana. Nuansa alami dan cerah dari tanaman segar ini dapat membuatmu dan keluarga semakin nyaman menghabiskan waktu di ruang makan.

Meskipun berisiko, mencoba warna-warna terang untuk kursi dan meja makan memang seru dan menyenangkan. Pemilihan warna yang tepat akan membuatmu berhasil dalam menciptakan ruang makan yang lebih nyaman, segar dan menarik.

Jangan lupa untuk memberikan akses bagi sirkulasi udara dan cahaya matahari untuk masuk ke dalam ruang makan. Perpaduan warna furnitur yang cerah dengan udara dan sinar matahari alami akan membuat ruang makanmu semakin jauh dari kesan suram.


Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya membuat ruang makan terlihat lebih cerah? Kalau kamu sedang mencari tips-tips home and living lainnya, jangan lupa cek di dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse