13 Desain Kamar Anak yang Buat Anak Makin Ceria

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bagi anak-anak, tidur adalah sebuah kegiatan yang dihindari karena mereka lebih tertarik untuk bermain di luar atau menonton TV. Tentu akan menyulitkan para orang tua, apalagi ketika keesokan harinya harus bangun pagi untuk pergi ke sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah membuat kamar anak dengan interior yang menarik. Dengan demikian, anak akan lebih ceria dan mudah diajak untuk tidur.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak dulu 13 desain kamar anak berikut ini!

1. Kamar anak dengan tema bajak laut

Kamar Anak Bajak Lauthomeepiphany.com

Film anak-anak banyak yang menceritakan kisah tentang bajak laut. Alur cerita yang menarik membuat anak-anak sering berimajinasi untuk menjadi bajak laut dan menaklukan lautan. Menata desain kamar anak dengan tema bajak laut ini didominasi oleh warna biru, merah, dan hitam.

Poin utama dari kamar anak ini? Tentu saja ranjang tidur dengan bentuk kapal! Agar memiliki kesan yang lebih mendalam, kamu bisa tambahkan jaring ikan sebagai dekorasi tempat tidur. Tidak ketinggalan juga berbagai boneka binatang laut seperti paus, hiu, gurita, bintang laut, dan berbagai ikan.

2. Kamar anak dengan window nook

Kamar Anak Window Nookhouseofjadeinteriorsblog.com

Window nook di kamar anak bisa digunakan sebagai area bersantai atau membaca buku. Letaknya yang berada di dekat jendela akan membuat waktu membaca jadi lebih nyaman. Untuk warnanya, gunakan warna-warna lembut seperti pink dan abu-abu.

3. Kamar anak dengan tema mobil balap

13 Desain Kamar Anak yang Buat Anak Makin Ceriaboredpanda.com

Anak laki-laki biasanya gemar bermain mobil-mobilan. Jika anak kamu memiliki hobi seperti ini, mengapa tidak coba menerapkan tema mobil balap untuk kamar anak? Saat ini ranjang tidur dengan bentuk mobil-mobilan banyak dijual di pasaran. Kamu bisa menggunakannya sebagai focal point untuk kamar anak. Si anak pun jadi lebih mudah diajak untuk tidur karena ranjangnya menyenangkan.

Bagian langit-langit juga bisa dicat menyerupai langit sungguhan supaya si anak bisa berimajinasi seakan-akan sedang bersiap untuk lomba balap. Seru, ya!

4. Kamar anak dengan mezanine

13 Desain Kamar Anak yang Buat Anak Makin Ceriadecoist.com

Kamar anak dengan mezanine akan memberikan beberapa keuntungan, misalnya ada pemisah antara area tidur dan bersantai serta ada ruang tambahan untuk penyimpanan barang. Kamu bisa membuatkan rak penyimpanan pada mezanine.

Agar terlihat lebih ceria, kamu bisa menerapkan motif chevron besar pada dinding kamar anak dengan warna-warna cerah seperti kuning, oranye, dan biru. Sebagai tambahan, gunakan tempat duduk gantung untuk anak bersantai.

5. Kamar anak dengan tema sirkus

kamar anak sirkusdecoist.com

Menonton pertunjukan sirkus adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Untuk anak-anakmu yang menyukai sirkus ini, kamu bisa menerapkan tema sirkus di kamar anak. Poin utama untuk kamar anak bertema sirkus ini adalah ranjang yang menggunakan tirai menyerupai tenda sirkus lengkap dengan dekorasi garland. Jika luas kamar memungkinkan, kamu bisa meletakkan beberapa mainan seperti bola dan hula hoop.

6. Kamar anak dengan tema hutan

kamar anak hutanfreshdesignpedia.com

Anak-anak memiliki tingkat imajinasi yang tinggi dan suka dengan kisah petualangan. Untuk membangkitkan imajinasi mereka, kamu bisa menyulap kamar anak menjadi hutan mini yang lengkap dengan pohon dan langit.

Letakkan pohon di sudut kamar anak. Pohon ini bisa berupa pohon mainan atau wall covering bermotif dengan gambar pohon. Untuk langitnya, kamu bisa mengecat langit-langit dengan warna biru tua dan menambahkan lampu-lampu hias kecil sebagai pengganti bintang.

Kamar anak yang didominasi warna hijau dan cokelat ini akan semakin menarik di mata anak jika kamu menambahkan ayunan atau boneka-boneka binatang.

 

7. Kamar anak dengan tema Cinderella

Kamar Anak Cinderellaroomstogokids.com

Anak perempuan rasanya tidak mungkin jika tidak tahu tentang Cinderella. Kisah Cinderella tidak hanya identik dengan sepatu kaca, tapi juga kereta kudanya yang bulat terbuat dari labu. Setiap anak perempuan pasti ingin tahu seperti apa rasanya naik kereta kuda tersebut.

Sebagai orang tua, kamu bisa mewujudkannya dengan menghadirkan dekorasi kamar anak ala negeri dongeng, misalnya melalui ranjang tidur berbentuk kereta kuda di kamar anak. Agar semakin sempurna, kamu bisa menambahkan lemari baju dengan bentuk istana dan langit-langit kamar yang menyerupai bagian dalam aula istana.

8. Kamar anak untuk 3 orang dengan ranjang melayang

kamar anak 3 orangfreshome.com

Jumlah kamar tidur di hunianmu terbatas sedangkan kamu memiliki 3 anak? Satu kamar anak pun sebenarnya sudah cukup karena kamu bisa menggunakan ranjang tingkat. Jika mau kamar anak terlihat lebih lapang, kamu bisa menggantikan kehadiran ranjang tingkat dengan ranjang melayang yang konstruksinya dibuat menyatu dengan bagian langit-langit.

Ranjang bagian atas ini sebaiknya dibuat dengan konstruksi yang kokoh untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat naik atau turun ranjang.

9. Kamar anak ala putri negeri dongeng

Kamar Anak Negri Dongengfathead.com

Setiap anak perempuan pasti pernah bermimpi untuk menjadi seorang putri ala negeri dongeng yang tinggal di dalam istana cantik. Kamu bisa membuat mereka merasakan tinggal di dalam istana dengan interior kamar anak seperti ini. Kasurnya menggunakan sprei berumbai dan dilengkapi dengan tirai berwarna putih.

Dekorasi utamanya adalah lampu kristal yang digantungkan di tengah ruangan. Agar lebih sempurna, tutupi permukaan salah satu dinding dengan wallpaper pemandangan luar istana seperti pegunungan dan lautan.

10. Kamar anak dengan tema LEGO

kamar anak legodecoist.com

Desain kamar anak berikutnya terlihat sederhana, namun akan sangat berkesan bagi anak-anak yang gemar bermain LEGO. Mainan yang tidak lekang waktu ini bisa jadi tema yang menarik. Kamu bisa menempelkan potongan-potongan LEGO raksasa sebagai dekorasi dinding. Jika memungkinkan, letakkan sebuah rak untuk memajang hasil rakitan LEGO.

11. Kamar anak dengan tema Frozen

Kamar Anak Frozenroohome.com

Masih ingat dengan film Frozen yang digandrungi jutaan anak di seluruh dunia? Jangan ragu untuk menerapkan tema tersebut untuk kamar anak, apalagi jika anakmu perempuan. Kamar anak yang didominasi dengan warna biru muda dan putih ini akan menciptakan suasana yang dingin dan ceria. Poin utama dari kamar anak ini adalah pohon yang sudah “tersihir” menjadi es.

12. Kamar anak dengan tema Indian

Kamar Anak Indianpinterest.com

Bagi anak yang menyukai kisah petualangan, kamu tidak hanya bisa menggunakan tema hutan tapi juga perkampungan ala suku Indian. Tidak perlu dekorasi berlebihan, kamu hanya perlu menggunakan tenda khas suku Indian atau teepee. Letakkan kasur untuk si anak di dalam teepee ini. Teepee juga bisa dimanfaatkan untuk menghalau gigitan nyamuk dan menciptakan suasana yang lebih nyaman untuk tidur.

13. Kamar anak dengan perosotan

Kamar Anak Perosotanhomedit.com

Kamar anak dengan ranjang tingkat seringkali membuat anak kesulitan turun ketika bangun tidur. Solusinya adalah membuatkan perosotan untuk si anak. Selain memudahkan untuk turun dari ranjang, mereka juga akan bersemangat saat bangun tidur dan bersiap-siap untuk sekolah. Tapi, pastikan perosotan tersebut aman untuk digunakan setiap saat ya.

Itulah 13 desain kamar anak yang bisa membuat anak ceria dan mudah diajak tidur. Perabotan untuk kamar anak juga bisa kamu temukan dengan mudah di dekoruma. Jangan lupa ajak anak berdiskusi supaya mereka mendapatkan kamar yang diimpikan!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse