12 Desain Rumah Tingkat Keren untuk Keluarga Baru

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kaum muda urban biasanya cukup repot mencari rumah yang tepat ketika memulai keluarga baru. Minimnya lahan di perkotaan menuntut keluarga baru dapat menyiasatinya agar penambahan anggota keluarga tetap membuat rumah nyaman ditempati. Salah satu caranya adalah dengan merancang desain rumah tingkat.

Supaya rumah memiliki semua fungsi ruang dengan layak, rumah tingkat bisa kok diwujudkan meski terbatas luasan tanah. Tentu saja, ada beragam hal yang mesti dilakukan. Buat kamu keluarga baru yang berencana membangun rumah tingkat, yuk tengok 12 desain rumah tingkat keren berikut ini, siapa tahu bisa menginspirasi!

1. Rumah Tingkat dengan Ruang Serbaguna

Rumah Tingkat Ruang Keluargahome-designing.com

Keluarga baru biasanya memiliki banyak teman dan kerabat yang berkunjung untuk melakukan kegiatan bersama. Sebaiknya sediakan space khusus untuk berbagai kegiatan bersama. Untuk rumah bergaya khusus, desain rumah tingkat minimalis atau modern menyajikan ruangan lapang di lantai dua dengan ventilasi yang memadai dari atap.

Kamu bisa menambahkan karpet atau perabot lainnya sesuai kebutuhan. Acara mengobrol, bermain, bahkan yoga bisa kamu lakukan di lantai dua tanpa mengganggu aktivitas di ruangan lainnya.

2. Rumah Tingkat Cantik dengan Tangga Spiral

Rumah-Tingkat Tangga Spiralpinterest.com

Rumah tingkat mungil ini terlihat lebih luwes dengan penggunaan tangga spiral. Selain berfungsi menghubungkan dua lantai, tangga spiral juga menjadi aksen yang dapat mempercantik rumah tingkat ini. Kesan ini juga bisa diperkuat jika kamu memilih desain railing tangga yang unik.

Kesan elegan juga ditampilkan dengan sofa berbalut material kulit berwarna cokelat gelap. Paduan warna tangga, lantai, dan furnitur tampak tegas, namun tetap ada nuansa hangat ditunjukan oleh cushion dan meja kecil berwarna merah jambu. Agar ruangan tidak terlihat sempit, dipilihlah kaca bening sebagai permukaan meja bundar di depan sofa.

3. Rumah Tingkat yang Bikin Keluarga Makin Betah

Rumah-Tingkat Vintagepublishersweekly.com

Rumah tingkat bergaya vintage ini mampu menghasilkan kehangatan yang diidamkan keluarga. Dominasi warna putih yang diimbangi warna-warna pastel memberikan kesan homey pada rumah tingkat ini. Penggunaan unsur kayu dan jendela minimalis yang luas memberikan kesan sejuk dan asri. Meski tampak kecil, rumah tingkat ini memuat tiga kamar tidur di lantai atas. Sedangkan lantai bawah terdiri dari ruang tamu, dapur, dan ruang makan.

4. Rumah Tingkat Keren yang Fungsional

Hidden Lamp Rumah Tingkatdecoist.com

Kamu bingung di mana menempatkan meja kerja atau meja kantor? Desain rumah tingkat ini memberikanmu inspirasi untuk menjadikan tangga rumah tingkat sebagai meja kerja dan rak gantung untuk menyimpan buku-buku. Tangga metal yang ramping menghadirkan kesan simpel dan kokoh.

Hidden lighting di bawah rak gantung bisa kamu gunakan sebagai lampu meja kerja dan membuat meja kerjamu lebih lapang. Rumah tingkat yang tidak dipenuhi banyak perabot ini cocok untuk keluarga baru yang memiliki anak kecil yang sedang lincah. Hasilnya, rumah tingkat ini tidak hanya fungsional, tetapi juga keren dan minimalis.

5. Rumah Tingkat Keren Ramah Anak

Rumah-Tingkat Lotengpinterest.com

Bagi bunda yang memiliki anak kecil, penting sekali bisa melakukan aktivitas di rumah sekaligus menjaga anak. Adanya loteng di atas dapur memungkinkan bunda memasak dan mengawasi anak bermain di lantai atas. Di sini, ventilasi berperan penting. Ventilasi yang cukup dari atap membuat anak tetap mendapat sinar mentari meski berada di dalam rumah.

Dominasi material kayu membuat rumah tingkat ini terasa sejuk. Agar lebih hangat, karpet bercorak floral mampu memberikan warna yang segar. Tambahkan ornamen tradisional supaya tampilan ruangan lebih cantik.

6. Rumah Tingkat untuk Kamar Tidur yang Privat

Rumah-Tingkat Kamar Privatthespruce.com

Bagi keluarga baru mungkin belum memerlukan banyak kamar. Sebuah kamar tidur di loteng bisa memberikan kesegaran namun tetap memiliki privasi. Tepi tangga meunju kamar bisa dibuat lebih tebal dan dibuat menjadi rak buku.

Dalam desain kamar sendiri, atap yang landai memberi kesan ruangan lebih tinggi, ditambah dengan ventilasi pada atap, atau bahkan memakai sebuah skylight, memungkinkan cahaya matahari menerobos dengan bebas dan membuat ruangan lebih terang pada siang hari.

 

7. Rumah Tingkat untuk Kerja Lebih Fokus

Rumah-Tingkat Ruang Kerjapinterest.com

Punya anak kecil dan seringkali kesulitan menemukan tempat yang pas untuk bekerja? Kalau kamu keluarga baru dan ingin punya rumah tingkat, alokasikanlah lantai dua sebagai ruang kerja, supaya kamu bisa bekerja lebih fokus tanpa

Lantai kayu yang sejuk, serta tanaman hijau sebagai ornamen bisa membuat pikiranmu lebih segar saat bekerja. Jendela di depan meja kerja juga menyuguhkan pemandangan langit yang cantik. Selain ruang kerja, kamu juga bisa menjadikan lantai dua sebagai tempat bersantai. Cukup menambahkan sofa saja.

8. Rumah Tingkat Bergaya Etnik

Rumah Tingkat Etnikyankeebarnhomes.com

Jika kamu suka segala hal berbau etnik, rumah tingkat berikut mungkin bisa menginspirasimu. Nyaris seluruhnya berbahan kayu, rumah tingkat ini menyajikan open space yang menyenangkan. Ruang tamu dan ruang makan menyatu tanpa sekat, hal ini justru membuat rumah tampak friendly dan fleksibel. Kamar tidur terletak di lantai dua dengan atap yang menyatu dengan lantai di bawahnya.

9. Rumah Tingkat untuk Wanita Fashionista

Rumah Tingkat Rak Sepatu=edilportale.com

Jika kamu wanita muda yang baru saja berkeluarga, jangan khawatir mengenai tempat penyimpanan koleksi tas dan sepatumu karena rumah tingkatmu yang kecil. Bagian atap bisa kamu manfaatkan sebagai tempat barang-barang koleksi kesayanganmu. Dengan begini, barang-barang koleksimu akan tersimpan dengan rapi. Jika kamu menyukai desain rumah minimalis, gunakan rak tanpa pintu agar sepatu dan tas tidak lembab, usahakan ruang ini tetap mendapat sinar matahari. Beberapa bahan dan tas akan mudah mengelupas jika suhu terlalu lembab.

10. Rumah Tingkat Mungil dengan Sliding Door

Rumah Tingkat Sliding Doormilgard.com

Kamu yang tinggal di perumahan dan butuh inspirasi desain rumah tingkat yang mungil namun elegan, rumah tingkat ini cocok sekali untuk keluarga kecilmu. Sempitnya rumah tingkat disiasati sliding door berbahan kaca sebagai pintu utama. Kamu juga masih bisa memiliki taman depan rumah yang dibatasi dengan pagar besi yang minimalis.

Paduan warna gelap dan warna lampu membuat rumah tingkat ini tampak menawan. Seperti rumah tingkat pada umumnya, lantai atas diperuntuukan untuk kamar tidur.

11. Rumah Tingkat Bergaya Industrial yang Lapang

Rumah Tingkat Industrialdecoist.com

Rumah tingkat bergaya industrial bisa memberikan nuansa tersendiri dengan paduan material kayu dan metal. Agar rumah tingkat tetap lapang, gunakan selalu memilih furnitur multifungsi. Memakai perabotan multifungsi membantumu menghemat ruang, sehingga rumah terasa lebih lapang.

Jangan lupa, desain bergaya industrial identik dengan perabotan industrial pula. Jadi, sesuaikan perabotan dan dekorasi interiornya supaya fungsi dan keindahan rumah tingkat lebih optimal. Kamu bisa kok membeli perabotan secara online, contohnya di dekoruma.

12. Rumah Tingkat dengan Tangga dekat Pintu Utama

Rumah Tingkat Tangga Dekat Pintuthedecorologist.com

Ketika masuk ke dalam rumah tingkat ini maka kamu akan langsung melihat tangga menuju lantai kedua. Kombinasi antara lantai yang gelap dan putihnya dinding membuat rumah ini tampak cerah namun tidak berlebihan. Lantai atas berisi dua kamar tidur, cocok sekali untuk anak-anak. Sejuknya pepohonan dan pemandangan langit pun dapat dinikmati melalui jendela di lantai atas.


Setelah melihat 12 desain rumah tingkat keren di atas, kira-kira yang manakah yang bisa menginspirasimu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse