10 Model Atap Rumah yang Ada di Seluruh Dunia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Atap rumah merupakan bagian dari eksterior yang sangat penting keberadaannya. Selain sebagai pelindung dan penutup paling atas dari sebuah bangunan, atap rumah juga harus memiliki sifat yang kokoh dan tahan terhadap segala cuaca. Selain sebagai pelindung paling luar, atap rumah seringkali dianggap sebagai bagian rumah yang monoton dan nggak bisa dibuat secara unik. Padahal dengan kreativitas, kamu bisa mendapatkan model atap rumah kreatif yang beda dari biasanya.

Nah, pada artikel ini Kania akan membagikan 8 inspirasi model atap rumah yang ada di seluruh dunia. Model atap-atap rumah ini memiliki karakteristik tertentu yang unik dan memukau. Ingin tahu seperti apa saja 8 model atap rumah yang ada di seluruh dunia? Yuk baca sampai habis!

1. Model Atap Rumah Skillion

Model Atap Rumah Skillionprivyhomes.com

Model atap rumah Skillion memang bukan hal asing lagi pada rumah-rumah bertipe minimalis. Model atap Skillion ini dapat dengan mudah kita jumpai di rumah-rumah yang ada di Australia. Pada dasarnya, model atap rumah ini memiliki permukaan atap miring tunggal.  Bentuknya yang unik menjadikan model atap Skillion sebagai model atap rumah pilihan untuk arsitektur modern. Terutama tipe-tipe rumah multi level dengan  konsep dasar atap miring.

 

2. Model Atap Rumah Melengkung

Model-Atap Rumah Melengkungpinterest.com

Tidak banyak ditemukan model atap rumah yang melengkung di Indonesia. Umumnya, model atap rumah melengkung ini hanya digunakan sebagai pelengkap untuk menambah kesan unik pada suatu rumah dan ditempatkan di atas teras.

Salah satu kediaman yang menggunakan model atap rumah melengkung berada di Sedona, Arizona, Amerika Serikat. Rumah ini didesain oleh grup arsitek AA studio. AA studio juga mendesain model atap rumah ini menggunakan kayu untuk menambah kesan eksklusif. Penggunaan model atap rumah bergaya melengkung sendiri dianggap sebagai bentuk estetika yang menawan untuk sebuah rumah.

3. Model Atap Rumah Gambrel

Model Atap Rumah Gambrelbabywatchome.com

Model atap rumah yang satu ini sering dijumpai di rumah-rumah peninggalan Belanda atau rumah-rumah yang ada di Belanda. Model atap rumah Gambrel merupakan ciri khas dari bangunan rumah model Eropa.

Model atap rumah ala Gambrel mempunyai empat sisi simetris dengan dua lereng di setiap sisi atap. Lereng atas biasanya memiliki sudut yang dangkal sementara lereng yang lebih rendah memiliki kemiringan yang lebih curam.

4. Model Atap Rumah Mansard

Model Atap Rumah Mansardpinterest.com

Biasa digunakan untuk model rumah Eropa, terutama di Perancis, jenis model atap rumah mansard ini adalah jenis model atap rumah dengan empat sisi di mana terdapat dua lereng di masing-masing sisi atap.

Model atap rumah ini memang mirip dengan model Gambrel, yang membedakan hanya model atap rumah Mansard memiliki lereng rendah yang lebih curam dan bentuk atap yang lebih variatif dibanding model atap rumah Gambrel.

 

5. Model Atap Rumah Hip

Model Atap Rumah Hipallweathertite.com

Sudah banyak sekali kita jumpai di Indonesia rumah-rumah yang menggunakan model atap rumah Hip, mungkin salah satunya juga rumah kalian. Model atap rumah Hip adalah model atap rumah yang memodifikasi rumah limas/piramida agar dapat diterapkan pada rumah yang lebih besar.

Model ini menggunakan konsep atap trapesium. Selain itu, model atap Hip juga praktis diterapkan. Makanya, jenis model atap rumah Hip menjadi favorit bukan hanya di Indonesia, tapi juga di belahan dunia lainnya.

6. Model Atap Rumah Limas/Piramida

Nah, model atap rumah yang satu ini juga merupakan model yang paling populer di Indonesia. Model atap rumah limas/piramida ini sebenarnya paling cocok untuk bagian rumah yang tidak terlalu besar karena bentuknya yang simpel. Meski bentuknya simpel, ukuran atap juga tetap harus diperhatikan. Seperti panjang, lebar, dan tinggi setiap sudutnya agar model atap rumah ini tetap presisi.

Model Atap Rumah Pyramidpinterest.com

Banyak arsitektur yang menyarankan jenis model atap rumah ini untuk diterapkan pada bagian rumah yang memiliki porsi luas tanah yang kecil. Bila kamu memiliki lahan yang tidak terlalu luas, maka model atap ini limas/piramida ini merupakan salah satu alternatif pilihan yang paling cocok.

7. Model Atap Rumah Datar

Model Atap Rumah Datarpinterest.com

Nah, model atap rumah yang satu ini merupakan model atap rumah yang paling mudah dibuat karena modelnya yang datar. Model atap rumah ini sering diaplikasikan pada rumah-rumah yang bergaya minimalis. Model atap rumah datar ini juga membutuhkan perawatan yang rutin untuk membersihkan puing-puing yang menumpuk di atas atap. Model atap rumah datar ini merupakan salah satu karakteristik gaya arsitektur rumah-rumah yang berada di mesir dan arab.

8. Model Atap Rumah Bonet

Model Atap Rumah Bonetpinterest.com

Model atap rumah Bonet ini merupakan kombinasi dari model atap rumah limas dan model atap rumah Hip. Konsep dari model atap rumah ini bertingkat, dengan desain bagian bawah atap yang lebih menjorok ke luar yang difungsikan untuk menutupi lubang bagian ruang yang ada di bawahnya.

Kamu bisa menemukan atap dengan model ini di rumah-rumah Joglo khas Jawa. Selain di tanah Jawa, kita juga dapat menjumpai penggunaan model atap rumah Bonet di daerah-daerah lain di Amerika Serikat, seperti Louisiana dan Mississippi.

 

9. Model Atap Rumah Palang Runcing

model atap rumah palang runcinggoogle.com

Model atap rumah palang runcing ini juga umum dijumpai di Indonesia. Bentuknya menyerupai model atap rumah Hip, tapi sedikit berbeda. Posisi atapnya terlihat menyilang dan membentuk pola segitiga, memberikan kesan sesuai namanya—runcing.

Meski model atap rumah ini hanya berbentuk segitiga jika dilihat dari samping, model ini memiliki dua sisi pokok atap yang sama. Umum diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia, bagian atap rumah yang runcing dan lebih kecil sering digunakan sebagai penanda pintu masuk dan pintu belakang sebuah rumah.

10. Model Atap Rumah Gergaji

model atap rumah gergajimemphite.com

Model atap rumah gergaji biasanya digunakan di pabrik atau lokasi industri. Ini dikarenakan bentuk model atap rumah gergaji ini yang curam dan dapat melindungi pekerja dan mesin-mesin pabrik dari sinar matahari langsung. Pada umumnya model atap rumah gergaji tetap bisa diterapkan untuk hunian-hunian, terutama untuk rumah-rumah yang memiliki gaya industrial.

Selain di Indonesia, di Rusia juga banyak rumah-rumah dengan model atap rumah seperti ini. Tinggi rendahnya juga tergantung pada suhu di lingkungan. Biasanya untuk gaya industri dengan suhu yang tinggi, model atap rumah ini cukup tinggi untuk mengurangi panas matahari yang menyinarinya.


Ternyata model-model atap rumah nggak selamanya monoton dan membosankan kan, yang mana favoritmu? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek artikel menarik lainnya di dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse