9 Hal Yang Nggak Boleh Terlupa Saat Menentukan Konsep Desain Kitchen Set

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk urusan desain interior, kunci utama selalu terletak pada perencanaan. Banyak sekali proyek yang selalu gagal mencapai ekspektasi, tak lain hanya karena konsep perencanaan yang kurang matang; mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, sampai desain kitchen set pada dapur.

Kania tidak ingin kalau sampai kalian juga mengalami hal yang serupa, apalagi desain kitchen set sangat menentukan penampilan dapur secara keseluruhan loh. Yuk, simak bareng 9 hal yang tidak boleh terlupa saat menentukan konsep desain kitchen set!

1. Menentukan Kabinet Atas Desain Kitchen Set

Kabinet-Atas-Desain-Kitchen-Setdelikatissen.com

Umumnya, desain kitchen set akan terdiri dari jajaran kabinet bagian atas yang dipasang secara berdampingan. Standar kedalaman kabinet atas untuk desain kitchen set rata- rata adalah 30-45 cm, kabinet atas harus bisa memenuhi fungsi penyimpanan perkakas dapur secara baik, terutama untuk peralatan dapur yang jarang digunakan dan berbobot cukup berat.

Menentukan Kabinet Atas Desain Kitchen Set
fitzgeralkitchens.com

Untuk desain kitchen set dengan kabinet atas, perhatikan juga ketinggiannya terhadap langit-langit. Jika rumah memiliki langit-langit yang tinggi, pertimbangkan untuk membatasi kabinet dengan plafon atau solid tertutup. Dengan demikian, kalian bisa mengurangi potensi hinggapnya debu di permukaan atas kabinet atas tersebut. Desain kitchen set untuk kabinet atas juga bisa menggunakan kombinasi kayu dan kaca supaya ada kesan display secara alami di kabinet bagian atas di dapur rumah.

2. Desain Kitchen Set dengan Kabinet Bawah

desain kitchen set
fitzgeraldkitchens.com

Untuk desain kitchen set dengan kabinet bawah, standar kedalaman adalah sekitar 60 cm dengan ketinggian 90 cm. Kabinet bawah juga umumnya dilapisi dengan countertop berbahan solid untuk permukaan yang lebih tahan pakai. Untuk ini, kalian harus mempertimbangkan segi kualitas karena coutertop kabinet bawah akan digunakan secara jangka panjang. Selain itu, kontras warna juga akan sangat menentukan penampilan dapur. Pilih warna countertop yang selaras dengan desain dapur di rumah.

3. Laci-Laci Utama Pada Kitchen Set

Laci Design Kitchen Setericksonfineartphotography.com

Dalam desain kitchen set yang paling ideal, perhatikan beberapa tips khusus laci- laci kabinet untuk desain kitchen set paling memuaskan:

Pertama, desain laci harus ergonomis, artinya akses laci harus mulus tanpa hambatan. Pertimbangkan untuk menggunakan laci dengan konsep slide otomatis di bagian sisinya. Posisi laci juga harus mudah digunakan tanpa banyak mengubah posisi tubuh seperti harus jongkok atau membungkukkan badan.

Kedua, desain laci harus fleksibel dan bisa menampung hampir seluruh perlengkapan dapur dengan praktis. Desain laci paling ideal adalah dengan konsep yang tegas dan garis-garis yang jelas. Hindari desain laci dapur dengan lekukan dekoratif dan pilih desain tegas yang tahan lama.

4. Manfaatkan Sudut Dengan Baik

Posisi sudut pada desain kitchen set memang sering dianggap sangat menyusahkan, tetapi perencanaan desain kitchen set yang baik justru bisa menghadirkan storage atau laci tambahan yang inovatif sekaligus keren.

Dewasa ini, sudah banyak konsep desain kitchen set praktis untuk bagian sudut dapur yang bisa kalian terapkan. Jadi, tidak usah membatasi konsep desain kitchen set hanya karena merasa tidak banyak solusi terhadap posisi sudut dapur.

sudut desain kitchen set
fitzgeraldkitchens.com

Beberapa ide paling menarik untuk desain kitchen set bagian dapur antara lain laci khusus untuk pot-pot berukuran besar, laci putar untuk melihat pilihan peralatan masak, hingga storage khusus untuk pembuangan sampah.

5. Visualisasi Desain Kitchen Set Secara Menyeluruh

Jika kamu ingin punya penampilan desain kitchen set yang apik dan tampil sebagai sebuah unit ruangan yang keren, jangan lupa untuk mengikutsertakan perkakas dapur utama di dalam konsep desain kitchen set kamu. Kalau merasa kebingungan, nggak ada salahnya berkonsultasi dengan jasa interior desain profesional. Seperi jasa desain interior dekoruma yang siap membantu kamu. Meminta tolong jasa desain rumah profesional punya banyak keuntungannya kok.

visualisasi desain kitchen set
pinterest.com

Perabotan dapur penting seperti kulkas, oven, microwave, hingga wastafel semua juga bisa kamu posisikan dalam desain kitchen set secara khusus supaya perlengkapan dapur utama ini semua tertata dengan rapi di dapur. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi mencari-cari tempat untuk meletakkan benda- benda ini kalau sudah merencanakannya dari awal. Nggak perlu khawatir juga dapurmu terlihat nggak rapi dengan perencanaan yang matang.

6. Kabinet Spesial Di Desain Kitchen Set

Masih punya sisa ruang dapur saat mengkonsep desain kitchen set? Ciptakan penampilan dapur yang paling cantik dengan menambahkan berbagai kabinet spesial dengan fungsi khusus. Kabinet spesial ini bisa digunakan untuk tempat penyimpanan bumbu dapur hingga rak tempat pot-pot tanaman hias.

desain kitchen set
fitzgeraldkitchens.com

7. Kabinet Free Standing Yang Non-Permanen

Yang dimaksud dengan free standing cabinet adalah bagian dari desain kitchen set yang bisa dibongkar pasang atau dipindahkan ke ruang atau rumah lain dengan mudah. Kabinet free standing ini pas banget buat kamu yang ingin membuat dapur rental atau dapur non-permanen.

free standing kabinet desain kitchen set
fitzgeraldkitchens.com

Untuk kalian yang tinggal di rumah sewa, free standing cabinet adalah solusi yang sangat ideal dalam sebuah desain kitchen set. Kalian tetap bisa merencakan desain kitchen set sesuai selera, tapi pastikan pembuatannya harus mengutamakan fungsi non-permanen dalam konsepnya.

8. Sistem Daur Ulang Sampah

Dapur yang cantik pasti adalah dapur yang bebas dari pemandangan kotor dan juga bau tak sedap. Banyak yang belum menerapkan konsep pembuangan sampah di dapur dengan baik, hasilnya aktivitas di dapur selalu dibarengi dengan bau sampah dan juga tidak praktis dalam urusan mengosongkan tempat sampah.

desain kitchen set
pinterest.com

Desain kitchen set yang baik adalah desain kitchen set yang bersih. Caranya nggak sulit kok, cukup dengan cara menghadirkan tempat sampah khusus di dalam kabinet bawah. Pada inspirasi desain kitchen set diatas, terdapat cukup banyak ruang untuk sekalian menyimpan alat-alat kebersihan yang sering digunakan di dapur.

Untuk sampah basah, buang seluruh sisa-sisa makanan yang berpontesi menimbulkan bau di luar rumah setiap kali setelah selesai beraktivitas. Dijamin, kendala bau dan pemandangan tak sedap bukan lagi masalah dengan desain kitchen set cantik ini.

9. Bermain di Backsplash

Sudah punya konsep desain kitchen set paling ideal berkat tips-tips seputar kabinet di atas? Lengkapi juga desain kitchen set dengan desain backsplash yang indah.

Desain Kitchen Set Backsplashibgcs.com

Backsplash adalah desain antara ruang atau gap antara kabinet atas dengan kabinet bawah pada desain kitchen set di rumah. Jika didesain dengan tepat, ruang kosong ini akan memberikan nilai estetis yang menarik pada penampilan dan keseluruhan dapur di rumah.

Kania sarankan supaya backsplash menggunakan bahan desain backsplash dengan pilihan material favorit, misalnya keramik yang tahan lama supaya mudah dibersihkan dan tetap terlihat awet. Selain itu, pemilihan warna juga penting untuk dikoordinasikan dengan desain kitchen set. Gunakan kontras warna antar desain kitchen set dan kreasikan desain backsplash dapur yang paling sesuai dengan selera kamu di rumah


Saat mengkonsep sebuat kitchen set, jangan sampai lupa memperhatikan hal-hal di atas. Selain cantik, sebuah desain kitchen set juga harus fungsional dan efektif. Jangan ragu meminta bantuan design interior rumah profesional untuk mewujudkan dapur impianmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse