13 Ide Daur Ulang Kreatif dari Kayu Palet

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu memiliki kayu palet yang tidak terpakai? Jangan sampai kamu membuangnya begitu saja! Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa mengubah kayu palet bekas menjadi aneka perabotan rumah yang apik. Selain lebih bernilai jual, perabotan hasil daur ulang kayu palet bisa kamu gunakan sendiri untuk mengisi rumahmu. Kayu palet juga dapat dipoles dan digunakan kembali menjadi berbagai ornamen yang cantik lho!

Pemakaian kayu palet sebagai perabotan dan ornamen dekorasi merupakan salah satu alternatif terbaik buat kamu yang menginginkan rumah dengan kesan unik dan lain dari biasanya. Kamu tentunya penasaran kan kayu palet bisa disulap menjadi apa saja? Simak rekomendasi ide daur ulang kayu palet dari Kania berikut ini ya!

Dirubah Menjadi Swing Bed atau Tempat Tidur

Kayu Palet Tempat Tidurdesigningidea.com

Hampir sama dengan proses pembuatan ayunan, mendaur ulang kayu palet menjadi ranjang gantung alias swing bed dapat dilakukan dengan menyatukan kayu palet secara mendatar sesuai dengan luas yang kamu inginkan. Setelah itu kaitkan keempat sudutnya dengan tambang atau rantai besi agar menggantung pada balok rangka atap kamar. Lalu taruh kasurmu di atas kayu palet yang telah tergantung. Demi keamanan, jangan lupa untuk memastikan kekuatan bahan-bahan tadi dan balok rangka atap tempat kamu mengaitkan ranjang gantungmu ya!

Ruang yang Lebih Artistik dengan Plafon Gantung dari Kayu Palet

Kayu Palet Plafoncoastalvirginiamag.com

Plafon gantung biasanya terdiri dari panel berbahan gypsum yang digantungkan di rangka besi. Nah, tidak ada salahnya kamu mengganti material panel tersebut dengan kayu palet. Selain menambah kesan artistik pada ruangan, kayu palet yang dipasang sebagai plafon gantung juga dapat menutupi berbagai instalasi mekanikal di langit-langit rumah seperti pipa, dan kabel listrik.

Kayu palet yang dipasang sebagai plafon gantung bisa kamu beri warna dengan cat atau hanya diplitur untuk mengutamakan kesan wooden-nya. Jika ingin memberinya warna, kamu bisa menyelaraskannya dengan warna langit-langit dan dinding ruangan. Pilihan lainnya, kamu juga bisa mengecat kayu palet dengan warna yang benar-benar kontras dengan warna elemen ruangan lainnya agar plafon kayu palet semakin terlihat menonjol.

Menjadi Dipan Sekaligus Head Board

Kayu Palet Headboardlivesimply.me

Kreasi daur ulang kayu palet yang satu ini cukup simple. Kamu hanya tinggal menumpuk secara mendatar dua hingga tiga lapisan kayu palet sebagai tempat menaruh kasur. Untuk luasannya, kamu dapat menyesuaikan dengan ukuran kasur atau kamar tidurmu. Sementara untuk headboard-nya kamu hanya tinggal menyatukan beberapa kayu palet secara vertikal.

Disulap Jadi Sofa bergaya Rustic

Kayu Palet Sofafunkyjunkinteriors.net

Kamu dapat menyusun kayu palet secara horizontal untuk bagian dudukannya. Sedangkan untuk bagian sandaran dan lengan sofa, kamu tingga menyusun kayu palet secara vertikal. Ketiga bagian tersebut tinggal disatukan dan diberi bantalan untuk dudukan dan sandarannya. Untuk menimbulkan kesan rustic, kamu tidak perlu terlalu mengecat kayu palet. Cukup haluskan sedikit bagian-bagian yang berbahaya.

Meja Kopi yang Penuh Gaya

Kayu Palet Meja Kopiblogspot.com

Hanya dengan menumpuk dua set kayu palet secara mendatar, kamu akan mendapatkan meja kopi berbentuk persegi dengan kesan sederhana. Jika ingin lebih stylish, kamu bisa menambahkan selapis kaca di bagian permukaan meja daur ulangmu. Selain itu tambahan roda di keempat sudut bagian bawahnya juga bisa membuat meja kopimu lebih mudah dipindahkan. Meja ini bisa kamu letakkan di ruang keluarga, ruang tamu, ataupun teras samping rumah tempatmu biasa bersantai. Kalau kamu suka dengan desain industrial ala kafe, meja ini cocok banget buatmu!

Ayunan yang Nyaman untuk Anak

Kayu Palet Ayunanjbeedesigns.com

Kayu palet juga dapat digunakan untuk bagian dudukan pada ayunan. Cukup mengaitkannya dengan rangka ayunan menggunakan rantai, kamu bisa mendapatkan ayunan yang keren. Jika ingin lebih rumit, kamu bisa menambahkan kayu palet yang dipasang vertikal sebagai sandaran ayunanmu dan menaruh beberapa bantalan alas kursi empuk di atasnya. Anak-anak pasti betah berlama-lama menikmati waktu di ayunan ini.

 

Finishing Lantai Sun Deck

Kayu Palet Sun Deckpinterest.com

Kayu memang sering digunakan sebagai material penutup sun deck yang berada di pinggiran kolam renang. Maka tidak salah jika material kayu yang digunakan sebagai bagian tersebut adalah kayu palet hasil daur ulang. Agar lebih nyaman dan tahan lama, terlebih dahulu kamu harus menghaluskan permukaan kayu palet dan memberinya lapisan plitur atau pernis. Ketika menyusunnya pun sebaiknya kayu palet dipasang serapat mungkin untuk mencegah celah antarkayu yang bisa jadi berbahaya dan membuatmu kurang nyaman beraktivitas di atasnya.

Lounge Chair yang Antik

Kayu Palet Lounge Chairpinterest.com

Kayu palet juga bisa dikreasikan menjadi lounge chair. Kalau kamu sedang mencari alternatif kursi santai yang nyaman, kursi dari kayu palet bisa kamu coba lho! Untuk membuatnya kamu harus menyatukan dua lapis kayu palet dalam tumpukan mendatar ditambah satu lapis kayu palet yang dipasang agak landai untuk bagian sandarannya. Agar lebih nyaman, kamu bisa menambahkan aksesori berupa bantalan cushion di atasnya. Lounge chair dari kayu palet ini dapat kamu tempatkan di tepi kolam renang, atau di teras belakang rumah.

Ornamen Taman Vertikal

Kayu Palet Taman Vertikalpalletsdesigns.com

Selain bambu dan paralon, kayu palet juga dapat menjadi alternatif pilihan material yang dapat digunakan untuk membuat taman vertikal pada dinding luar rumah. Caranya adalah dengan memasangnya secara vertikal pada dinding dan menambahkan beberapa papan tambahan sebagai tempat meletakkan tanaman. Cukup beri lapisan pernis atau plitur saja pada kayu palet agar terlihat alami dan menyatu dengan tanaman. Namun, kamu juga bisa mengecatnya dengan warna yang selaras dengan fasad rumahmu.

Menambahkan Floating Shelves

Kayu Palet Shelvingpalletlist.com

Tentunya sangat mudah membuat kreasi daur ulang kayu palet yang satu ini. Kayu palet hanya tinggal dipotong sedemikian rupa sesuai keinginanmu dan dipasangkan pada dinding. Kamu bisa meletakkan berbagai pajangan, menggunakan rak untuk bingkai foto, atau kenang-kenangan seperti plakat dan lain sebagainya pada floating shelves hasil daur ulang ini.

Sebagai Partisi Ruangan

Kayu Palet Partisiidolza.com

Menggunakan kayu palet untuk partisi ruangan bukan merupakan ide yang buruk. Kamu tinggal menyusun kayu palet secara vertikal dengan tinggi kurang lebih dua meter dan lebar sesuai keinginanmu. Finishing partisi kayu paletmu dapat disesuaikan dengan konsep ruangan. Agar mempercantiknya agar tidak terlalu polos, kamu dapat menggantung beberapa foto, lukisan, hingga poster kesayanganmu di permukaan partisi kayu palet. Memberikan partisi ruangan bisa membuat ruangan terlihat lebih luas lho!

Area Menggantung Peralatan Rumah Tangga

Kayu Palet Gantungan Peralatan Rumah Tanggapinterest.co.uk

Mungkin ide ini bisa menjadi solusi mengatasi banyaknya peralatan rumah tangga yang berserakan. Kayu palet cukup dipasang secara vertikal pada dinding dan diberi kaitan-kaitan pada permukaannya. Bila ditempatkan di dinding dapur, kamu tentunya dapat menggantung wajan, gelas, hingga spatula di sini. Selain itu dapurmu juga akan kelihatan lebih menarik dengan adanya ornamen dekorasi ini. Kreasi kayu palet yang satu ini juga bisa ditempatkan di area lain di rumah, seperti gudang atau bahkan kamar tidur.

Kayu Palet Sebagai Side Table

Kayu Palet Side Tablepinterest.com

Kamu bisa membuat kreasi yang satu ini dengan menyusun kayu palet menjadi berbentuk balok. Side table ini bisa kamu letakkan di sudut ruang tamu, ataupun di samping tempat tidurmu. Kamu bisa menyimpan beberapa buku atau majalah di side table ini. Sedangkan di atasnya, kamu tentu bisa meletakkan lampu meja untuk mempermanis dekorasi ruanganmu.


Apa kamu jadi terinspirasi mendaur ulang kayu palet untuk perabotan dan ornamen dekorasi rumahmu? Kamu juga bisa menemukan artikel home and living dan DIY lainnya di dekoruma, jadi, jangan lupa dicek ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse