12 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ruang tamu biasanya berada di bagian depan rumah. Fungsinya tidak lain adalah untuk menyambut tamu yang datang ke rumah, khususnya tamu yang kurang akrab seperti kolega bisnis sehingga bagian dalam rumah tidak perlu terekspos. Model ruang tamu yang digunakan bisa menjadi “wajah” bagi pemilik rumah sekaligus cermin kepribadian mereka.

Agar ruang tamu di rumahmu dapat memberikan kesan yang baik bagi para tamu, kali ini Kania akan berbagi 12 model ruang tamu yang bisa kamu terapkan untuk rumah masa depan. Yuk, disimak!

1. Model ruang tamu berwarna mint

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Warna mint jarang digunakan orang untuk menghias interior, padahal warna ini bisa mempercantik model ruang tamu di rumah masa depanmu. Warna mint yang terkesan kalem menciptakan suasana yang sejuk. Karena warnanya sudah menonjol, kamu tidak perlu menambahkan dekorasi secara berlebihan lagi. Cukup tambahkan karpet bermotif geometris, kalau perlu hiasi dengan kolase bingkai foto.

2. Model ruang tamu glamour

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Bagi para pecinta kemewahan, model ruang tamu yang tepat adalah gaya glamour. Model ruang tamu gaya glamour ini identik dengan warna dan material mengkilap nan mewah seperti warna emas, stainless steel, serta kain beludru atau velvet. Pencahayaan pada ruang tamu ini juga memiliki peran penting. Terapkan pencahayaan tidak langsung berwarna lembut pada beberapa sudut.

3. Model ruang tamu bergaya bohemian

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Jika kamu termasuk orang yang berani bereksperimen dan mengombinasikan banyak hal, cobalah menerapkan model ruang tamu bergaya bohemian ini. Sofa berwarna pink yang tampak menonjol dipasangkan dengan ottoman empuk berwarna cokelat tua. Selain itu, menambahkan Mandala tapestry sebagai ciri khas ala bohemian juga bisa kamu pertimbangkan. Karpetnya gunakan yang memiliki ujung rumbai. Jangan lupa untuk menggantungkan lukisan abstrak warna-warni untuk mempercantik ruangan.

4. Model ruang tamu dengan dinding bata ekspos

Model ruang tamu bata eksposdecoist.com

Model ruang tamu dengan dinding bata ekspos bisa membuat suasana terasa lebih akrab, nyaman, dan hangat. Lapisi dinding bata ekspos ini dengan warna cat rumah yang bagus, seperti putih untuk menampilkan kesan yang terang dan bersih. Untuk furniturnya, kamu bisa memadukan antara gaya modern dan tradisional. Tambahkan karpet dan hiasan dinding agar ruang tamu terlihat lebih atraktif.

5. Model ruang tamu bergaya eklektik

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Selama ini orang-orang mengira kalau model ruang tamu bergaya eklektik itu identik dengan warna-warna mencolok dan dipenuhi dengan dekorasi antik. Padahal, gaya eklektik juga bisa tampil sederhana. Misalnya saja model ruang tamu yang satu ini. Ada banyak warna mencolok yang digunakan, namun hanya satu yang menjadi focal point yakni warna biru navy pada sofa. Warna lainnya seperti merah, pink, kuning, putih, dan hijau hanya menjadi aksen untuk mempercantik interior.

6. Model ruang tamu bergaya maskulin

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Model ruang tamu berikut ini menerapkan gaya maskulin. Meski identik dengan laki-laki, ruangan gaya maskulin ini juga cocok untuk perempuan. Ruang tamu bergaya maskulin didominasi oleh warna-warna gelap seperti hitam, abu-abu, dan cokelat tua. Gunakan sofa berbahan kulit dan karpet bermotif kulit bintang agar terlihat semakin keren. Jangan pernah ragu untuk bereksperimen dengan ruangan interior rumah serba hitam!

7. Model ruang tamu yang asri penuh tanaman

Model ruang tamu yang asri penuh tanamandecoist.com

Model ruang tamu ini bisa dibuat terpisah dari bangunan utama rumah. Biasanya ruangan seperti ini disebut juga sebagai sunroom di mana sinar matahari bisa menyinari bagian dalam ruang dan ada banyak tanaman di dalamnya. Ruang tamu ini cocok sebagai tempat kamu melakukan obrolan santai dengan tamu sambil menikmati camilan dan secangkir teh hangat.

Untuk tanamannya, pilihlah tanaman hias yang mudah dirawat dan memiliki pesona seperti anggrek, krisan, tanaman sukulen, atau kaktus hias. Namun, kamu perlu memastikan bahwa tamu yang datang tidak alergi dengan tanaman ya.

8. Model ruang tamu monokrom

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecorsdot.com

Model ruang tamu monokrom tidak akan pernah lekang oleh waktu dan cocok untuk semua usia dan ukuran rumah. Rumah kecil minimalis juga cocok dengan tema monokrom lho. Warna monokrom yang bisa digunakan adalah perpaduan warna hitam, abu-abu, dan putih pada furniture minimalis, perlengkapan, dan beberapa dekorasi. Jika kamu tidak mau ruang tamu monokrom terlihat sangat membosankan, tambahkan warna lain sebagai aksen sederhana, misalnya warna cokelat pada bingkai foto atau menggunakan motif menarik pada sarung bantal.

9. Model ruang tamu berwarna pink

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Warna pink identik sekali dengan kaum hawa karena warnanya mewakili kelembutan dan romantisme. Meski demikian, warna pink juga bisa dinikmati oleh kaum adam loh. Caranya adalah memadukan warna pink dengan warna lembut lainnya seperti krem dan abu-abu seperti model ruang tamu di atas. Terasa nyaman dan tidak terlalu girly, kan?

10. Model ruang tamu bergaya shabby chic

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Model ruang tamu berikutnya yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah ruang tamu bergaya shabby chic. Kunci utama untuk ruang tamu ini adalah penggunaan warna pastel dan furnitur jaman dulu. Beberapa furnitur yang bisa kamu gunakan pada interior ala shabby chic adalah peti kayu bekas sebagai meja kopi dan lemari kayu dua pintu dengan cat yang sudah agak mengelupas.

11. Model ruang tamu bergaya Victoria

14 Model Ruang Tamu untuk Rumah Masa Depanmudecoist.com

Model ruang tamu bergaya Victoria cocok untuk kamu yang menyukai nuansa mewah dan megah. Seisi ruangan dipenuhi dengan ukiran cantik dan lukisan-lukisan artistik. Ruang tamu bergaya Victoria tidak selalu harus menggunakan warna putih gading, kamu bisa coba menggunakan warna merah, ungu, biru, bahkan hitam. Jangan lupakan lampu gantung kristal sebagai penghias dan penerangan ruangan, ya.

12. Model ruang tamu bergaya Skandinavia

Model ruang tamu bergaya Skandinaviahappygreylucky.com

Terakhir, ada ruang tamu bergaya interior Skandinavia. Beberapa kunci utama dari gaya Skandinavia adalah penggunaan furnitur yang tidak berlebihan, dominasi warna putih, bersih, alami, dan menggunakan lantai kayu.

Penerapan desain ruang tamu Skandinavia ini cocok untuk kamu yang mencintai alam dan tidak suka direpotkan dengan urusan dekorasi. Cukup letakkan sofa yang nyaman, meja kopi sederhana, dan tanaman hijau dalam pot, seperti bunga monstera sebagai dekorasi. Jangan lupa tambahkan juga beberapa kain untuk dijadikan throw blanket pada sofa.


Demikian 14 model ruang tamu sebagai inspirasi untuk rumah masa depanmu. Kira-kira model nomor berapa yang akan kamu terapkan dan sesuai dengan kepribadianmu?

Kamu punya hunian di Jakarta dan sedang mencari jasa desain interior Jakarta? Dekoruma jawabannya! Dengan desain yang multifungsi dan space-saving, harga yang transparan, dan pengerjaan yang cepat, rumah impianmu akan cepat terealisasikan.

Selain itu, Dekoruma juga jual bedcoversprei, dan aneka perlengkapan tidur untuk menemanimu tidur. Bahkan, aneka kasur pun tersedia dalam ragam merek dan ukuran. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse