6 Dekorasi Kamar Tidur untuk Ruangan Kecil

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamar tidur merupakan salah satu ruang yang paling vital dalam sebuah hunian. Karena fungsi utama ruangan yang satu ini adalah untuk beristirahat atau tidur, maka unsur kenyamanan menjadi yang utama dalam mendesain dan mendekorasi sebuah kamar tidur. Kamu tidak perlu khawatir jika hanya memiliki ruangan dengan luas yang tidak terlalu besar untuk kamar tidur milikmu. Faktanya, kenyamanan sebuah kamar tidur tidak bergantung kepada luas ruangannya, lho!

Kamar Tidurhomedit.com

Mendekorasi kamar tidur yang menempati ruangan kecil memang susah-susah gampang. Ini karena kamar tidur biasanya identik dengan furnitur berukuruan besar yang menghabiskan tempat. Oleh karenanya, banyak yang merasa kehabisan ruang untuk bereksplorasi ketika mencoba mendekorasi kamar tidur berukuran kecil. Kamar tidur kecil tetap memiliki potensi untuk menjadi nyaman, cantik, dan manis. Bagaimana caranya? Simak ide-ide dekorasi dari Kania berikut ini ya!

Kamar Tidur Kecil dengan Dekorasi Kreatif pada Dinding dan Plafon

Dinding Kamar Tidurpinterest.com

Salah satu hal yang bisa membuat kamar tidur berukuran kecil menjadi terlihat menarik adalah dengan dekorasi dinding kamar yang meriah. Misalnya saja dengan penataan warna dinding kamar yang berani atau pemasangan wall covering dengan motif ceria dan warna yang cerah. Ini dapat mengalihkan fokus penghuni kamar dari kesan ruangan yang sempit, sehingga siapapun bisa tetap merasa nyaman dalam memaksimalkan fungsi kamar tidur sebagai tempat beristirahat.

Permainan dekorasi yang kreatif juga menjadi salah satu cara untuk memberi kesan lebih hidup pada ruangan sempit. Tidak hanya pada dinding, dekorasi kreatif juga dapat diterapkan pada langit-langit kamar.

Dekorasi plafon yang dapat diterapkan antara lain dengan menggunakan drop ceiling atau up ceiling. Adanya level pada plafon akan membuat kamar tidur kecil terlihat lebih dinamis. Elemen dekoratif yang seharusnya ditempatkan di area bawah seperti lampu meja atau lampu tidur juga dapat dibuat menggantung dari plafon.

Menggunakan Perabotan Multifungsi

Menggunakan Perabotan Multifungsi di Kamar Tidurdekoruma.com

 

Mendekorasi kamar tidur dengan area terbatas juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan perabotan multifungsi. Salah satu perabot multifungsi yang paling sering digunakan adalah ranjang lengkap dengan ruang penyimpanan yang multifungsi. Undakan tangga naik menuju ranjang pun dapat dimanfaatkan sebagai laci penyimpanan.

Kasur Lipat Kamar Tidurhome-designing.com

Selain ranjang yang menyatu dengan kabinet, alternatif perabot lainnya yang dapat digunakan adalah tempat tidur lipat yang menyatu ke dinding. Ini akan menjadikan ruangan kamar tidur yang kecil menjadi lebih luas ketika sedang tidak digunakan untuk tidur.

 

Meja rias atau meja kerja juga masih bisa kamu tempatkan di kamar tidur kecil. Pemilihan meja rias yang tepat akan menjadikan kamar tidur kecil terkesan luas. Kursi ottoman multifungsi yang bagian bawahnya bisa dipakai untuk menyimpan barang juga dapat melengkapi perabot meja di kamar tidur kecil.

Meja Rias Kamar Tidurdekoruma.com

Permukaan pintu lemari pakaian juga bisa ditambahkan elemen dekoratif berupa cermin berukuran besar yang menutupi hampir keseluruhan permukaan pintu lemari. Selain dapat digunakan untuk bercermin, kehadiran elemen reflektor yang satu ini akan membuat kamar tidur kecil terlihat dua kali lebih lega. Kamar tidur kecil juga akan menjadi lebih terang dengan penambahan cermin.

Dekorasi Serba Putih untuk Seluruh Ruangan Kamar Tidur

Dekorasi Serba Putih untuk Seluruh Ruangan Kamar Tidurlovingit.pl

Bukan rahasia lagi jika nuansa serba putih bisa membuat ruangan kecil jadi tampak lebih luas. Jika kamar tidur belum terisi perabotan, cobalah memilih perabotan dengan warna serba putih. Hati-hati ketika menerapkan dekorasi serba putih di kamar tidur. Meskipun menjadikan ruangan tampak lebih luas, jangan sampai warna putih yang dominan membuat kamar tidur malah terkesan membosankan. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menambahkan atau memilih motif-motif tertentu pada beberapa elemen dekoratif seperti tirai, sprei, atau permukaan dinding.

Pakai Satu Material Utama yang Dominan

Satu Material Kamar Tidurgosiadesign.com

Dekorasi kamar tidur berukuran kecil dengan satu material utama yang dominan akan membuat keseluruhan kamar terlihat compact. Setiap elemen dekoratif pun akan terlihat menyatu satu sama lain. Misalnya saja dengan pemilihan material kayu berwarna cerah yang sama dapat diterapkan sekaligus pada lantai, headboard, ranjang, dan ornamen dekoratif dinding.

Ambalan Memanjang dan Rak Tanam

Kamar Tidur Shelfingmanohome.com

Ambalan atau floating shelves juga tidak boleh ketinggalan untuk melengkapi dekorasi kamar tidur untuk ruangan kecil. Selain dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif yang meningkatkan keindahan ruangan, ambalan juga bisa dimaksimalkan sebagai tempat penyimpanan benda-benda yang sering digunakan penghuni kamar tidur.

Selain ambalan, opsi lainnya untuk mendekorasi dan memaksimalkan bagian dinding kamar tidur adalah dengan menggunakan rak yang tertanam alias menyatu dengan dinding.

Kamar Tidur Shelfing Gantungmarieclaire.com

Tempat yang paling pas untuk menempatkannya adalah di sisi dinding yang paling terlihat dari pintu kamar. Ambalan atau rak tanam juga hanya bisa ditempatkan di salah satu sisi dinding saja. Penempatan ambalan di semua sisi dinding kamar tidur kecil malah akan membuat ruangan terkesan sempit.

Penggunaan Pintu dan Jendela Geser di Kamar Tidur Kecil

Pintu Geser Kamar Tidurpapertostone.com

Kamar tidur kecil sangat cocok bila menggunakan jendela atau model pintu geser. Selain menghemat ruang, hal ini juga dapat membuat kamar tidur terkesan lebih stylish dan modern. Pintu geser bisa digunakan sebagai pintu kamar maupun pintu lemari pakaian. Perabotan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan seperti kabinet juga dapat menggunakan bukaan geser


Kalau kamu pintar menerapkan dekorasi kamar tidur seperti yang Kania berikan tadi, kamar tidur kecil tetap menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat, nggak peduli seberapa besar luasnya. Jangan lupa, lihat juga tips dan inspirasi menarik lainnya di dekoruma. Siap mencoba?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse