10 Prediksi Tren Interior Dapur di Tahun 2020!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memasuki tahun yang baru bagi sebagian orang adalah waktunya untuk mengubah tampilan rumah sehingga rumah supaya terasa seperti baru lagi. Salah satu ruangan yang perlu tampilan baru adalah interior dapur supaya penghuninya semakin semangat untuk memasak dan menyiapkan makanan.

Untuk tahun 2020 ini, ada 10 perkiraan tren interior dapur. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak daftarnya berikut ini!

1. Interior dapur dengan area backsplash dari batu bata putih

Interior Dapur Backsplash batu bata putihhgtv.com

Area backsplash berfungsi untuk melindungi dinding dari noda masakan seperti minyak dan saus. Oleh karena itu, area backsplash umumnya dibuat menggunakan material yang memiliki permukaan licin seperti keramik atau cermin. Dengan demikian, noda masakan akan lebih mudah dibersihkan.

Namun, untuk tahun 2020 ini justru area backsplash yang terbuat dari batu bata putih akan menjadi tren interior dapur terkini. Batu bata yang dicat berwarna putih ini akan menciptakan suasana yang hangat sekaligus kesan modern di rumah. Tren interior dapur ini cocok untuk hunian dengan gaya interior Skandinavia atau rumah tradisional.

2. Interior dapur dengan meja dan tempat cuci piring yang terintegrasi

Interior Dapur Mejaessexworktops.co.uk

Pada tahun 2020, interior dapur dengan meja dan tempat cuci piring yang terintegrasi akan digunakan oleh banyak orang. Meja dan tempat cuci piring yang terintegrasi ini akan memudahkan pergerakkan kamu saat menyiapkan masakan. Misalnya saja mencuci sayuran segar sebelum menatanya di atas piring atau mencuci buah kemudian memotongnya di atas meja menggunakan talenan. Interior dapur seperti ini juga akan terlihat lebih sederhana karena tidak memakan banyak tempat. Cocok untuk dapur berukuran kecil maupun besar.

3. Interior dapur dengan meja yang tipis

10 Perkiraan Tren Interior Dapur di Tahun 2018!youtube.com

Penggunaan meja dapur yang tipis pada interior dapur ini menjadi tren pada tahun 2020 bukan tanpa alasan. Tampilan meja dapur yang tipis ini terlihat ramping dan berkelas. Bahkan bisa membuat lemari kabinet terlihat lebih menonjol. Desain meja dapur yang tipis ini cocok untuk model-model dapur minimalis. Untuk meja tipis ini sebaiknya gunakan material berkualitas baik agar tidak mudah pecah dan rusak.

4. Interior dapur yang tertutup

10 Perkiraan Tren Interior Dapur di Tahun 2018!houzz.com

Interior dapur yang tertutup adalah dapur memiliki areanya sendiri dan tidak tergabung dengan area lain, seperti ruang makan atau ruang keluarga. Untuk memasuki dapur, kamu perlu melewati sebuah pintu atau lorong khusus. Di sekelilingnya ada tembok yang membatasi area dapur dengan area lainnya di dalam hunian.

Tren interior dapur yang tertutup ini lebih cocok diterapkan di hunian berukuran besar untuk memperkuat kesan eksklusif dan rapi. Kamu akan lebih nyaman saat memasak dan menyiapkan makanan untuk tamu yang sedang menunggu di ruang makan.

5. Interior dapur yang menggunakan material marmer

Interior Dapur Marmerhome-designing.com

Penggunaan material marmer akan menjadi tren interior dapur pada tahun 2020 ini. Material yang identik dengan kemewahan ini memiliki berbagai keunggulan. Di antaranya adalah daya tahannya yang sangat kuat, tahan lama, tersedia dalam berbagai warna, dan kemampuannya menciptakan kesan mewah serta berkelas. Material marmer ini biasanya digunakan pada interior dapur bergaya victorian, modern, dan minimalis.

Beberapa bagian di dapur yang bisa menggunakan material marmer adalah meja dapur, kitchen island, area backsplash, dan lantai. Warnanya bisa disesuaikan dengan konsep dapur dan keinginan pemilik dapur, apakah marmer berwarna terang seperti putih dan krem atau marmer berwarna gelap seperti cokelat tua dan hitam yang elegan.

6. Interior dapur dengan warna gelap pada bagian tertentu

10 Perkiraan Tren Interior Dapur di Tahun 2018!pinterest.com

Jika pada tahun-tahun sebelumnya para pemilik hunian akan menggunakan warna senada untuk interior dapur mulai dari furnitur hingga lantai, maka tahun 2020 ini tren interior dapur adalah penggunaan warna gelap pada bagian tertentu dan warna terang pada bagian lainnya.

Misalnya saja menggunakan motif keramik dapur warna hitam untuk menutup permukaan lantai. Furnitur dapur menggunakan warna terang seperti krem. Bisa juga menggunakan keramik berwarna hijau untuk area backsplash dan warna cokelat untuk kabinet dapur. Nggak ada salahnya mencoba mengaplikasikan kitchen set aluminium yang tahan lama dan berwarna terang di dapurmu.

7. Material kuarsa untuk countertop

Interior Dapur Countertopsilestoneusa.com

Countertop memiliki peran yang cukup penting untuk sebuah interior dapur. Countertop berfungsi sebagai alas menyiapkan bahan makanan dan meletakkan perlengkapan masak seperti bumbu dapur atau blender. Pada tahun-tahun sebelumnya, material yang populer untuk countertop dapur adalah granit. Namun, pada tahun 2020 ini popularitas material kuarsa diprediksi akan menggesernya.

Material kuarsa ini bisa dibilang saingannya marmer dan granit. Tapi kekuatannya lebih unggul dibandingkan kedua batu lainnya. Untuk urusan perawatan, material kuarsa juga tidak perlu terus menerus dipoles karena kilapnya cukup awet. Sedangkan marmer dan granit setidaknya perlu dipoles setahun sekali agar tetap mengkilap.

Countertop yang berbahan kuarsa ini tidak akan menyerap air, tahan noda, zat asam, bahkan goresan benda tajam. Karena berupa kristal-kristal kecil, material kuarsa ini mudah dikombinasikan dengan material lain dan dibentuk sesuai keinginan.

8. Interior dapur bergaya kontemporer

Interior dapur bergaya kontemporerhgtv.com

Belakangan ini interior dapur bergaya minimalis dan modern sangat populer di kalangan masyarakat. Namun, gaya interior tersebut diprediksi akan tergantikan oleh gaya interior kontemporer pada tahun 2020.

Interior dapur bergaya kontemporer pada dasarnya akan selalu berubah pada setiap zamannya. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan material dan model furnitur yang baru. Namun secara garis besar, gaya kontemporer ini selalu menampilkan ruangan yang rapi, bersih, dan kekinian.

Keunggulan dari kitchen set atau dapur gaya kontemporer ini adalah kamu bisa memperbaharui konsep interiornya sesuai dengan tren yang sedang berkembang. Jika menerapkan gaya ini, maka interior dapur tidak perlu mengalami perombakan yang berarti hingga beberapa tahun ke depan.

9. Interior dapur bergaya pedesaan

10 Perkiraan Tren Interior Dapur di Tahun 2018!architectureartdesigns.com

Selain interior bergaya kontemporer, ternyata interior dapur bergaya pedesaan juga menjadi tren di beberapa lokasi pada tahun 2020 ini. Zaman sekarang, ada banyak hal yang mengusung konsep alami seperti zaman dulu kembali. Salah satu yang terkena dampaknya adalah interior dapur. Interior dapur bergaya pedesaan identik dengan suasana yang asri, hangat, dan alami. Penggunaan material kayu dan berbagai tanaman hias identik dengan gaya interior satu ini.

10. Interior dapur yang dilengkapi dengan teknologi

 Interior dapur yang dilengkapi dengan teknologiyoutube.com

Perkembangan teknologi selalu membantu keseharian kita, tidak terkecuali untuk urusan di dapur. Interior dapur masa kini akan dilengkapi dengan sejumlah teknologi untuk membantu memasak. Misalnya saja penggunaan ponsel untuk mengawasi microwave dan oven pilihan sehingga kamu tidak perlu bolak-balik mengecek makanan di dalamnya apakah sudah matang atau belum.

Ada juga aplikasi yang bisa mengingatkanmu makanan apa saja yang akan kadaluarsa di dalam kulkas atau pengambilan gambar di dalam kulkas sehingga kamu bisa mengetahui bahan makanan apa yang perlu kamu beli selagi berada di supermarket. Kegiatan memasak jadi lebih mudah, ya?


Itulah tren interior dapur yang diprediksi akan populer tahun ini. Apakah kamu siap untuk menjajal tren interior dapur di atas?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, ada juga aneka peralatan memasak berkualitas, seperti merek Fackelmann yang bisa kamu beli secara online. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse