13 Model Dapur Bersih Ala Jepang Ini Pasti Bikin Kamu Kagum!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Interior hunian ala Jepang memiliki ciri khas yang berbeda dari interior lainnya. Di antaranya adalah bentuk kotak-kotak pada hampir setiap bagian interior, material yang alami, minimalis, dan penggunaan pintu geser. Bagian hunian ala Jepang yang menarik untuk dibahas adalah ruang dapur bersih.

Secara garis besar, dapur bersih ala Jepang ini terasa nyaman, bersih, modern, dan alami. Dapur bersih ala Jepang ini lebih mementingkan fungsi dibandingkan estetika. Tidak heran jika kamu hanya akan menemukan perabotan penting seperti kompor, lemari es, tempat cucian, mesin penanak nasi, dan oven elektronik saja di dalam dapur bersih.

Dapur bersih ala Jepang ini cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet dan lebih mengutamakan fungsi dari dapur itu sendiri. Sebagai inspirasi, Kania akan membagikan 13 model dapur bersih ala Jepang yang bisa kamu tiru!

1. Dapur bersih dengan jendela kertas

Dapur bersih dengan jendela kertaspinterest.com

Kamu yang suka menonton film samurai atau Jepang dengan latar belakang zaman dahulu pasti tidak asing lagi dengan pintu shoji atau jendela berlapis kertas. Di kota zaman modern, jendela kertas sangat tidak aman karena mudah dibobol. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan kertas sebagai tirai jendela. Nuansa yang didapat akan sama naturalnya dengan jendela kertas.

2. Sentuhan industrial modern pada dapur

Dapur bersih ala Jepang dengan sentuhan industrial moderndecoist.com

Penggunaan material kayu pada dapur bersih ala Jepang ini bisa kamu temukan dalam rupa lantai, meja, dan langit-langit. Ukuran dapur bersih ini tidak terlalu luas dan hanya diisi oleh meja dapur sekaligus tempat cucian piring yang menyambung dengan meja makan. Karena perabotannya tidak banyak, area dapur ini bisa ditambahkan kursi nyaman dan disulap menjadi ruang keluarga. Sangat minimalis dan terlihat rapi ya?

3. Dapur bersih ala Jepang dengan rak terbuka

Dapur bersih ala Jepang dengan rak terbukahousebeautiful.com

Rak terbuka atau rak dinding dapat menciptakan kesan dapur bersih yang luas dan bersih. Tampilannya juga cocok untuk dapur bersih ala Jepang. Alih-alih menggunakan rak dinding untuk membuat rumah terlihat rapi, dapur ini menggunakan rak terbuka yang tergantung pada langit-langit. Sekilas, rak terbuka ini mengingatkan kita pada tampilan meja bar di mana rak tersebut digunakan untuk meletakkan gelas.

4. Dapur bersih yang menyatu dengan ruang makan

Dapur bersih yang menyatu dengan ruang makanpinterest.com

Dapur bersih yang dibuat menyatu dengan ruang makan bukanlah suatu yang asing. Penyatuan dua ruangan ini bisa dibilang menghemat tempat. Kamu juga bisa menyatukan ruang makan dengan ruang keluarga sebagai alternatif. Masih menerapkan kunci dari dapur bersih ala Jepang, model dapur yang satu ini terasa minimalis dan nyaman.

Penggunaan material kayu diseragamkan untuk semua bagian mulai dari lantai, meja, kursi, dan lemari. Semuanya memiliki warna yang sama. Jendela persegi berukuran besar memungkinkan sinar matahari masuk menyinari area dapur bersih ini.

5. Gaya semi-tradisional di dapur bersih ala Jepang

Dapur bersih ala Jepang semi tradisionalpinterest.com

Saat melihat model dapur bersih ala Jepang yang satu ini, kamu pasti akan teringat dengan model dapur di rumah tradisional Jepang. Penggunaan perabotan kayu sampai ke material lantai kayu berwarna cokelat tua dengan hasil akhir tanpa polesan akan membuatnya terlihat kuno. Begitu juga dengan peralatan masak yang ala vintage khas Jepang. Bagian pintu lemari menggunakan lapisan kertas. Serasa kembali ke zaman dahulu dengan suasana yang lebih modern, ya?

6. Dapur bersih dan rapi meski banyak perabotan

Dapur bersih ala Jepang yang rapi meski banyak perabotanpinterest.com

Kamu seseorang yang aktif memasak di dapur dan gemar mengoleksi variasi peralatan makan? Supaya kesan bersih tetap terjaga, kamu bisa menyusun peralatan makan tersebut pada rak melayang dan lemari atau kabinet dari kayu yang dilengkapi dengan pintu kaca. Dapur bersih akan tetap terlihat bersih dan rapi ala Jepang!

7. Memakai dinding beton

Dapur bersih ala Jepang dinding betondecoist.com

Dapur bersih ala Jepang tidak selalu menggunakan material kayu untuk seluruh areanya. Jika kamu menghuni bangunan baru yang menggunakan dinding beton, jangan ragu untuk mengombinasikannya dengan material kayu. Caranya adalah dengan menutupi salah satu bagian dinding dengan rak kayu yang tinggi dan lebar. Rak ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan makan, sehingga area dapur bersih benar-benar kosong tanpa perabotan.

8. Kesan elegan budaya Jepang di dapur bersih

Kesan elegan budaya Jepang di dapur bersihhouzz.com

Dapur bersih ala Jepang yang bernuansa alami dan tradisional juga bisa tampil elegan loh. Mau tahu bagaimana caranya? Gunakan pencahayaan lampu yang tepat. Dibandingkan menggunakan lampu berwarna putih dan meletakkannya di langit-langit, kamu bisa coba menggunakan lampu berwarna kuning dan meletakkanya di beberapa sudut ruangan. Lampu berwarna kuning ini akan membuat material kayu di dapur bersih ala Jepang akan terlihat keemasan dan lebih elegan.

9. Dapur bersih minimalis ala Jepang

Dapur bersih minimalis ala Jepangdecoist.com

Model dapur bersih ala Jepang berikutnya sangat minimalis dengan desain kabinet yang berbentuk persegi panjang dilengkapi bingkai sederhana. Di bagian tengah dapur bersih ini terdapat sebuah kitchen island berbentuk persegi dengan teko khas Jepang sebagai dekorasinya. Pencahayaan dengan watt lampu yang tepat membuat dapur ini terasa nyaman dan hangat.

10. Dapur bersih ala Jepang bernuansa gelap

Dapur bersih ala Jepang bernuansa gelaptheydesign.net

Ingin dapur bersih ala Jepang dengan nuansa gelap yang lebih maskulin? Mudah saja. Kamu bisa tetap menggunakan material kayu, namun mengecatnya dengan warna abu-abu tua atau hitam kemudian dipadukan dengan warna putih. Tambahkan penerangan berupa lampion berbentuk persegi yang digantungkan pada langit-langit.

11. Dominasi kayu dan rotan di dapur bersih

Dominasi kayu dan rotan di dapur bersihkitchendid.com

Selain kayu, bahan alami yang bisa digunakan untuk dapur bersih ala Jepang adalah rotan. Material rotan ini digunakan sebagai pintu lemari dalam bentuk anyaman. Anyaman rotan ini akan membuat bagian dalam lemari bebas lembap karena udara bisa keluar masuk dari lubang anyaman tersebut. Untuk tampilan yang unik pada bagian lainnya, kamu bisa menggunakan marmer untuk permukaan kitchen island dan lapisan kertas untuk menutupi cooker hood.

12. Cerah ceria warna merah di dapur bersih ala Jepang

Cerah ceria warna merah di dapur bersih ala Jepangpinterest.com

Negara Jepang juga identik dengan warna merah seperti yang ada pada benderanya. Sebuah dapur bersih ala Jepang mungkin akan terlihat aneh jika didominasi sepenuhnya oleh warna merah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hanya menerapkan warna merah pada beberapa bagian saja pada dapur bersih. Misalnya menggunakan kabinet warna merah. Selebihnya, gunakan material kayu berwarna gelap. Jangan lupa tambahkan beberapa tanaman hijau khas Jepang seperti bambu atau bonsai sebagai dekorasi.

13. Dapur bersih ala Jepang dengan material kayu berwarna gelap dan terang

Dapur bersih ala Jepang dengan material kayu berwarna gelap dan terangdecoist.com

Dapur bersih ala Jepang identik biasanya didominasi oleh material kayu untuk furnitur-furniturnya. Agar tidak terlihat terlalu monoton, kamu bisa berkreasi pada warna material kayu. Cobalah memadukan material kayu berwarna cokelat tua dengan warna cokelat muda. Misalnya warna cokelat tua untuk bagian meja dan cokelat muda untuk pintu kabinet.


Demikian 13 model dapur bersih ala Jepang yang telah Kania rangkum. Kalau bingung, jangan ragu meminta tolong jasa desain interior profesional, seperti dekoruma, untuk merancang kitchen set-mu. Semoga bisa memberikan inspirasi untuk mempercantik dapur barumu nanti!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse