12 Inspirasi Taman Kering Ini Bisa Buat Stresmu Berkurang!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jangan biarkan lahan terbatas ikut membatasi kreativitas dan hobi kamu untuk merawat tanaman di sebuah taman. Pada dasarnya, taman terdiri dari dua jenis yaitu taman basah dan taman kering. Taman kering bisa dibuat di luar ruangan maupun dalam ruangan.

Jenis tanaman yang umumnya digunakan untuk taman kering adalah Sansevieria, Bromelia, Kaktus, Peace Lily, dan masih banyak lagi. Sedangkan dekorasinya adalah bebatuan seperti batu koral tabur atau batu koral sikat.

Sudah paham dengan konsep taman kering? Sekarang saatnya mencari inspirasi untuk taman kering di hunianmu. Simak ya inspirasi persembahan Kania berikut ini!

1. Taman kering dengan area duduk

Taman Kering Area Dudukpinterest.com

Sebuah taman akan terasa sempurna jika bisa digunakan untuk bersantai oleh para pemilik hunian. Untuk taman kering, buatlah area dudul sederhana dari bebatuan alam dengan alas kursi yang empuk. Agar waktu santai terasa semakin asri dan sejuk, tanamlah beberapa pohon tropis untuk menghalau sinar matahari.

2. Taman kering sederhana yang didominasi bebatuan

Taman Kering Bebatuanyoutube.com

Salah satu kemudahan dalam membuat taman kering adalah tidak diperlukannya banyak elemen. Misalnya saja taman kering yang hanya memiliki satu pohon dengan beberapa semak-semak di sekitarnya. Bagian tanahnya ditutupi dengan bebatuan kecil berwarna putih. Terlihat sederhana, bersih, namun tetap cantik dan asri, kan?

3. Taman kering outdoor dengan tanaman hias berukuran kecil

Taman Kering Outdoorpinterest.com

Tanaman kecil juga terlihat cantik untuk menghias taman kering outdoor loh. Agar terlihat seimbang dengan ukuran lahan, letakkan tanaman-tanaman kecil tersebut dalam beberapa pot batu berukuran besar. Kamu bisa menyusunnya dengan menggabungkan beberapa jenis tanaman sekaligus.

4. Taman kering dengan jalan setapak yang cantik

Taman Kering Jalan Setapakgoogle.com

Tuangkan kreativitasmu melalui bebatuan pada taman kering. Alih-alih menggunakan batu untuk menutupi permukaan tanah secara merata, kamu bisa coba mendesain jalan setapak menggunakan batu warna-warni dalam berbagai bentuk.

Jika kesulitan untuk menyusun batu untuk jalan setapak tersebut, kamu bisa membeli batu yang sudah dicetak dalam berbagai bentuk seperti kupu-kupu, daun, hexagonal, dan masih banyak lagi. Ketika turun hujan, kamu bisa berjalan di atas jalan setapak ini sehingga kaki tidak kotor akibat genangan air atau tanah yang basah.

5. Taman kering ala Jepang

12 Inspirasi Taman Kering Buat Lahan Terbataspinterest.co.uk

Taman kering ala Jepang didominasi dengan tanaman berwarna hijau dan bebatuan saja. Desain taman ini akan cocok untuk hunian bergaya minimalis atau tradisional. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat area rumput di bagian tengah, kemudian letakkan beberapa batu yang berukuran sedang di beberapa sudut. Setelah itu, tebarkan batu koral di sekitarnya. Agar terlihat lebih cantik, kamu bisa mengeruk beberapa bagian batu supaya tercipta garis-garis pemisah atau tekstur yang unik.

6. Taman kering di bawah tangga area indoor

12 Inspirasi Taman Kering Buat Lahan Terbatasdailytelegraph.com

Lahan hunian tidak memungkinkan untuk kamu memiliki taman outdoor? Manfaatkanlah area bawah tangga yang biasanya tidak digunakan untuk apa-apa sebagai taman dalam rumah. Tidak perlu berukuran besar, asalkan cukup untuk meletakkan beberapa tanaman hijau berukuran kecil.

Karena berada di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari, pilihlah tanaman hijau yang tidak membutuhkan banyak air dan sinar matahari untuk bertahan hidup, misalnya tanaman sukulen dan kaktus. Tutupi permukaan tanah menggunakan bebatuan agar tidak mengotori bagian dalam rumah.

7. Taman kering dengan kolam kecil

12 Inspirasi Taman Kering Buat Lahan Terbataspinterest.com

Unsur air pada taman kering memang lebih sedikit dibandingkan dengan taman basah. Meski demikian, bukan berarti taman kering tidak boleh memiliki unsur air seperti kolam ikan. Misalnya saja seperti inspirasi taman kering yang satu ini.

Tanaman yang digunakan memiliki ukuran kecil dan diletakkan tidak beraturan di bagian bawah. Selebihnya, permukaan tanah didominasi oleh bebatuan koral. Dekorasi yang cukup menonjol adalah elemen kolam ikan minimalis dari bebatuan yang dihuni beberapa ikan hias. Cantik, ya?

8. Taman kering  dengan permukaan berundak

Taman kering  dengan permukaan berundakyoutube.com

Jika permukaan hunian milikmu lebih tinggi daripada permukaan jalan, kamu bisa membuat taman kering dengan permukaan berundak menyerupai tangga. Tangga ini bisa dibuat menggunakan perpaduan kayu dan bebatuan kecil. Di sekitar tangga, tanamilah sejumlah tanaman hijau mulai dari warna hijau muda hingga hijau tua.

9. Taman kering indoor dengan atap terbuka

12 Inspirasi Taman Kering Buat Lahan Terbataspinterest.com

Jika memungkinkan untuk memiliki atap terbuka di bagian tengah rumah, manfaatkanlah area tersebut sebagai taman kering. Tanamlah tanaman yang tumbuh menjulang tinggi seperti bambu, kemudian tutupi permukaan tanah menggunakan batu berwarna putih. Sebagai dekorasi, kamu bisa menggunakan bebatuan berukuran sedang dan meletakkanya di sebelah bambu.

Karena atapnya terbuka, sebaiknya gunakan dinding kaca di sekitar taman kering ini. Dengan demikian ketika turun hujan, air tidak akan membasahi area rumah. Area indoor jadi terasa lebih asri dan alami, ya?

10. Taman kering di halaman belakang

12 Inspirasi Taman Kering Buat Lahan Terbataspinterest.com

Halaman atau taman belakang rumah bisa dimanfaatkan sebagai taman kering. Sederhana saja, kamu bisa menutupi bagian permukaan tanah menggunakan keramik dari batu alam dan isi sela-selanya dengan bebatuan koral. Kumpulkan tanaman pada satu sudut agar tidak terlihat terlalu sempit. Sebagai bonus, letakkan kursi panjang kayu di bagian sudut. Cocok untuk bersantai di pagi hari sambil menikmati kopi dan membaca koran.

11. Taman kering di dalam pot raksasa

12 Inspirasi Taman Kering Buat Lahan Terbatasdecoist.com

Lahan yang ada pada hunian tidak memungkinkan untuk membuat sebuah taman? Kalau begitu, buatlah sebuah taman kering di dalam pot raksasa. Satu pot raksasa ini cukup besar untuk ditanami beberapa jenis kaktus sekaligus. Pilihlah kaktus dalam berbagai bentuk dan warna. Kemudian, susun kaktus-kaktus tersebut agar terlihat menarik.

Bila perlu, tambahkan dekorasi mungil seperti patung kurcaci atau batu berukuran serupa. Jika sudah selesai menyusun, pot raksasa ini bisa kamu letakkan di sudut teras atau pun di bagian dalam rumah.

12. Taman kering dengan kombinasi tanah liat yang hangat

12 Inspirasi Taman Kering Buat Lahan Terbatashouzz.com

Inspirasi taman kering yang terakhir tidak hanya didominasi oleh batu dan tanaman hijau, tapi juga dekorasi berupa pot yang terbuat dari tanah liat. Warna alami tanah liat ini akan menciptakan nuansa yang hangat dan alami. Pot dari tanah liat ini bisa digunakan untuk mengelompokkan jenis tanaman sehingga taman terlihat lebih rapi.


Itulah 12 inspirasi taman kering untuk kamu yang memiliki lahan terbatas. Terbukti kan kalau luasan sempit nggak menghalangi kamu untuk punya taman yang cantik? Cek juga artikel-artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, ragam jenis furnitur dengan model kekinian juga ada di Dekoruma, lho mulai dari meja TV, laci, meja rias, hingga rak sepatu. Dekoruma juga jual kasur Comforta dan King Koil. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!

Voucher Dekohouse