5 Ide Pagar Batu Alam Keren untuk Rumah Masa Kini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Desain pagar tembok rumah sendiri saat ini sangat beragam jenisnya dan pembuatan bahan dasarnya pun berbeda-beda. Karena memiliki tipe pagar yang berbeda-beda tergantung bagunannya, tipe pagar rumah punya banyak variasi. Saat ini, pagar batu alam semakin diminati oleh berbagai kalangan untuk menciptakan rumah masa kini yang keren, minimalis dan alami. Mengapa?

Pagar Batu Alampinterest.com

Pagar batu alam menampilkan keindahan dibandingkan dengan acian semen, lebih efisien dan ekonomis dari segi harga karena tidak memerlukan coating cat. Dari segi usia, pagar batu alam juga lebih awet dan tahan lama dibandingkan material lainnya. Bahkan penggunaan pagar batu alam bisa sampai 20 atau 30 tahun lamanya!

Banyaknya jenis batu alam membuat kamu lebih leluasa dalam memilih material pagar batu alam. Berikut beberapa ide yang bisa kamu contek untuk pagar batu alam di rumah!

Kombinasikan kayu dengan pagar batu alam

Pagar Batu Alam Kayupinterest.com

Batu alam dan kayu sama-sama memberikan kesan indah dan alami. Kayu memiliki warna yang khas, begitu pula dengan batu alam. Warnanya memang tidak seragam. Ada gelap dan ada terang juga, tetapi justru ketidakseragaman warna ini menciptakan keindahan dari batu alam. Pagar batu alam dengan kayu akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk pagar rumah, sangat cocok untuk hunian dengan gaya arsitektur rumah minimalis. Ada juga rumah-rumah yang memakai bronjong sebagai pagar.

Pagar batu alam dari batu andesit

Batu andesit terbentuk dari lelehan lava gunung berapi yang telah membeku atau biasa disebut batuan lava (lavastone). Berdasarkan corak dan warnanya, terdapat dua jenis batu andesit yaitu batu andesit polos dan batu andesit bintik hitam yang kemudian mendapat sentuhan akhir melalui proses poles dof, poles kilap dan berbagai proses lainnya.

Batu alam jenis andesit saat ini masih menjadi pilihan nomor satu untuk diaplikasikan pada pagar batu alam, baik untuk dinding pagar depan rumah maupun dinding pagar belakang rumah.

Pagar Batu Alam Andesitgoogle.com

Keistimewaan batu andesit untuk pagar adalah daya tahan terhadap cuaca dan juga tekstur corak warna yang tidak terlalu mencolok. Selain itu, batu andesit untuk pagar batu alam juga minim perawatan. Kita tidak perlu melakukan pengecatan yang berulang kali.

Batu alam andesit memiliki tampilan yang kokoh, elegan dan mewah hingga seringkali diaplikasikan pada dinding rumah. Pagar batu alam andesit dipadukan dengan dinding batu alam andesit, membuat tampilan rumah semakin terlihat mewah dan elegan.

Pagar batu alam dari batu sabak

Pagar Batu Alam Sabakpinterest.com

Jenis batu alam lainnya yang dapat digunakan sebagai material pagar batu alam adalah batu sabak. Memiliki karakteristik yang hampir serupa dengan batu alam andesit, batu sabak atau sering juga disebut sebagai batu alam lempeng memiliki keunggulan susunannya yang berlapis-lapis membuatnya mudah dibelah menjadi lempengan tipis-tipis untuk keperluan pembuatan pagar batu alam. Batu ini juga bisa dipakai pada pagar-pagar rumah unik.

Pagar batu alam dari batu sabak umumnya berwarna abu-abu muda, hitam gelap sedikit coklat, hijau tua dan merah tua yang juga mendekati cokelat. Karena warna yang dimilikinya, batu sabak menampilkan pagar batu alam yang cantik dan elegan. Selain kecantikan warna, batu alam sabak juga terbaik karena kualitas kekuatannya, bisa membantu keamanan rumahmu, lho!

Pagar batu alam dari batu kewal

Pagar Batu Alam Kewalgoogle.com

Dari banyaknya material untuk desain pagar rumah yang bagus, batu alam satu ini memiliki keunikan dibanding batu alam lainnya. Permukaannya cenderung kasar dan tidak rata, sedangkan batu alam lainnya memiliki permukaan yang halus dan licin. Dari segi pemasangan pun, batu kewal juga memiliki keunikan karena tidak tertata rapi seperti pemasangan pagar batu alam lainnya tetapi dibiarkan pemasangannya tidak teratur, karena pada dasarnya bentuk batu kewal pun tidak rapi.

Wujudnya seperti bongkahan batu kali yang terbentuk secara alami dan menghasilkan pola tertentu ketika dijadikan pagar batu alam. Tapi siapa sangka dengan keunikannya tersebut, batu kewal bisa menampilkan kecantikan rumahmu.

Pagar Batu Alam Batu Kewalyahoo.com

Menelusuri asal usulnya, batu kewal sebenarnya adalah batu kali Lumajang. Material batu alam satu ini sulit didapatkan, tidak dijual di pasaran sehingga membuat harganya sedikit mahal. Meski demikian, peminat batu kewal tetap banyak dan menjadi incaran untuk pembuatan pagar batu alam.

Untuk sentuhan akhir dari pagar batu alam kewal bisa dengan menggunakan glossy coating agar batu kewal terlihat basah atau dengan natural coating untuk menampilkan batu kewal sesuai warna aslinya. Pengaplikasian pagar batu alam kewal di rumahmu dapat memberikan kesan natural, alami.

Padukan pagar batu alam dengan tanaman dan material metal

Pagar Batu Alam Metal Tanamangoogle.com

Ide penggunaan pagar batu alam yang satu ini akan menonjolkan desain arsitektur yang minimalis dan alami karena adanya perpaduan dengan tanaman hijau di sekitar pagar rumahmu. Untuk menguatkan kesan modern, kombinasikan juga dengan pagar besi dengan model bar atau garis lurus atau dengan model ukiran sederhana bernuansa klasik.


Menarik kan 5 ide pembuatan pagar batu alam di atas? Selain lebih efisien dari segi harga karena tidak memerlukan banyak cat untuk melapisi, dengan penggunaan pagar batu alam, kamu juga turut serta dalam gerakan go green loh.

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse