8 Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Kursi Bambu di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Siapa sih yang tidak mengenal bahan bambu? Di Indonesia, bambu sangat mudah untuk dibudidayakan sehingga kita bisa manfaatkan bambu untuk berbagai hal, termasuk di dunia interior. Bambu biasa digunakan sebagai material furnitur, dan furnitur yang cukup umum adalah kursi bambu.

Kursi bambu merupakan salah satu jenis kursi yang sering menjadi pilihan untuk diletakkan di berbagai rumah keluarga atau restoran khas Nusantara sejak dahulu. Mungkin di rumah masa kecilmu ada kursi bambu juga. Tapi percaya deh, kursi bambu tetap bisa menjadi opsi kalau kamu lagi berencana untuk membeli kursi baru. Mengapa? Karena kami akan beri tahu 8 alasan mengapa kamu harus punya kursi bambu di rumah! Penasaran?

Pada Dasarnya, Kursi Bambu itu Indah!

kecantikan tampilan kursi bambupinterest.com

Kursi bambu memang pada dasarnya indah dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai furnitur di rumah, apalagi jika rumah kamu bergaya tradisional atau natural. Warna alami dari kursi bambu berupa cokelat muda yang cenderung krem membuat kursi bambu tidak membutuhkan finishing yang berlebih. Kursi bambu cukup dihaluskan, asalkan bambunya sudah kering.

Pengawetan bambu juga cukup mudah, bambu bisa juga dicat dengan warna coklat kayu. Kursi bambu sangat cocok untuk ditaruh di teras rumah karena cukup serasi dengan taman ditambah dengan meja bambu juga untuk semakin mempercantik desain teras rumahmu, ya. Kursi bambu juga menarik untuk diletakkan di ruang makan atau ruang tamu.

 

Banyak Kursi Bambu yang Merupakan Karya Asli Indonesia

kursi bambu karya indonesiafacebook.com

Pada dasarnya, bambu cukup mudah untuk dibudidayakan di wilayah Asia, dari Asia Tenggara hingga Asia Timur, termasuk Indonesia, sehingga kursi bambu cukup familiar bagi orang-orang Asia. Karena kemudahannya, maka sejak dahulu banyak penduduk Indonesia yang memanfaatkan bambu dengan baik, dari usaha budidaya bambu hingga pengrajin bambu.

Bahkan, tidak jarang desainer dan seniman asal Indonesia juga menggunakan bambu untuk karyanya. Dengan kamu membeli kursi bambu buatan Indonesia, kamu tidak hanya mempercantik rumah kamu, tapi bisa juga mendukung karya asli Indonesia dan menyejahterakan banyak warga Indonesia yang mendapat penghasilan dari bambu, lho. Semua jadi senang, deh!

Di Indonesia, Harga Kursi Bambu Variatif, Tidak Jarang Harganya Miring!

kursi bambu hargapinterest.com

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bambu sangat mudah dibudidayakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Karena jumlah yang banyak, maka stok bambu yang siap untuk dijadikan furnitur termasuk kursi bambu juga banyak. Pengrajin Indonesia mudah untuk mengeksplor bahan bambu.

Proses dari menanam bahan dasar sampai produksi menjadi kursi bambu siap pakai tergolong mudah untuk dilakukan di Indonesia, karena penduduk yang bekerja dengannya cukup membutuhkan bengkel dengan peralatan yang simpel, tidak seperti kursi-kursi lain di pasaran yang merupakan buatan pabrik, menggunakan banyak material serta proses produksi yang panjang (walaupun kursi-kursi tersebut diproduksi dengan massal).

produksi kursi bambudesignboom.com

Seluruh hal tersebut membuat banyak kursi bambu di Indonesia dijual dengan harga yang cukup terjangkau, meskipun ada juga beberapa kursi bambu dirancang khusus oleh desainer profesional, sehingga ada pula kursi bambu yang harganya cukup tinggi. Kursi bambu lokal yang tergolong umum biasa dijual dengan harga mulai dari 200 ribu rupiah, bahkan kamu bisa saja membawa pulang satu set furnitur berupa kursi bambu beserta mejanya dengan total hanya 800 ribu rupiah!

Kursi Bambu adalah Furnitur yang Ramah Lingkungan

kursi bambu ramah lingkunganshopify.com

Bambu merupakan salah satu vegetasi yang sangat mudah bertumbuh. Dalam sehari, bambu bisa tumbuh sekitar 10 cm, sehingga bambu bisa cepat dipanen dan tanahnya siap dipakai untuk menanam bambu yang baru lagi, tidak seperti furnitur dari kayu jati, misalnya, yang memakan waktu hingga puluhan tahun untuk siap dipakai sebagai bahan furnitur yang mahal. Bahan dasarnya tentu organik, sehingga kursi bambu cukup ramah lingkungan, terlebih lagi kursi bambu tidak membutuhkan cat yang banyak sehingga kursi bambu pun mudah terurai di dalam tanah bila sudah tidak digunakan.

Kursi Bambu itu Awet

kursi bambu awetdesignboom.com

Perhatikan dengan baik bila kamu ingin membeli kursi bambu yang baru. Bila perlu, kamu bisa tanyakan tentang bagaimana cara pembuat kursi bambu tersebut mengawetkan bambunya. Karena jika pengawetannya baik, kursi bambu bisa menjadi furnitur yang awet untuk rumah kamu, lho.

Kursi bambu biasanya bertahan selama 7 tahun. Tapi jangan bingung kalau nantinya kursi bambu kamu rusak, karena kursi bambu tergolong mudah untuk diperbaiki, mengingat bahwa bahannya yang mudah untuk ditemukan serta banyaknya pengrajin bambu di Indonesia.

Kursi Bambu Mudah untuk Dipadukan Dengan Furnitur Lain

padupadan furnitur dengan kursi bambupinterest.com

Pasti ngak cuma kursi bambu yang sering kamu lihat sebagai furnitur berbahan dasar bambu, ada pula meja bambu, dekorasi-dekorasi keranjang bambu, bahkan kini mulai banyak eksplorasi bambu seperti lampu dari bambu. Bambu juga sering dipakai sebagai bahan konstruksi untuk bangunan-bangunan bergaya tradisional.

Bambu sebagai bahan yang mudah dijumpai sehari-hari membuat kursi bambu mudah untuk dipadukan dengan furnitur lain. Misalnya, kursi bambu saja pun sering dijual satu set dengan meja bambu. Faktor lain yang membuatnya mudah untuk dipadukan adalah warnanya yang sejenis dengan kayu-kayu lainnya, sehingga jangan ragu untuk kombinasikan dengan rak kayu atau lemari kayu favoritmu!

Banyak Kursi Bambu dengan Bentuk yang Lebih Modern juga, lho!

bentuk kursi bambupinterest.com

Eits, kata siapa kursi bambu hanya untuk rumah di pedesaan? Zaman sekarang, kursi bambu bisa dijumpai dengan berbagai bentuk yang jauh lebih beragam, bahkan banyak yang sudah mulai membuat kursi bambu dengan gaya yang lebih simpel, minimalis, dan elegan, seperti kursi malas dan kursi panjang.

Dari perkembangannya yang cukup pesat, kursi bambu saat ini bisa bersaing dengan furnitur-furnitur modern buatan Barat! Bersanding bersama rotan, kedua bahan tersebut mulai dilirik oleh dunia, sehingga desain kursi dari bahan-bahan tersebut semakin adaptif. Jenis kursi bambu ini juga cocok dijadikan sebagai kursi kafe.

Kursi Bambu Tergolong Timeless

furnitur kursi bambupinterest.com

Sejak dahulu, kala rumah-rumah di Indonesia masih bergaya tradisional sesuai daerahnya masing-masing, banyak warga yang sudah menggunakan kursi bambu. Namun hingga saat ini kita masih bisa menemukan kursi bambu dengan mudah, kan? Hal tersebut dikarenakan kursi bambu tergolong timeless, yang artinya kursi bambu tidak akan ketinggalan zaman atau termakan oleh tren.

Kursi bambu akan selalu bagus untuk digunakan di rumah, kok. Maka dari, itu membeli kursi bambu jadi lebih menguntungkan daripada membeli furnitur-furnitur lain yang mengikuti tren, lho. Win-win solution!


Nah, itu dia 8 alasan mengapa kamu harus punya kursi bambu di rumah. Menarik, kan? Berbagai kelebihan yang sudah dijelaskan membuat kursi bambu bisa menjadi furnitur yang baik serta dekorasi yang cantik di rumah kamu. Kursi bambu akan selalu disukai dari masa ke masa, kok. Yuk, kita hunting kursi bambu!

Kursi bambu juga bisa kamu temukan di Dekoruma. Selain itu, Dekoruma juga jual kasur Alga dan Comforta, dua merek kasur ternama di Indonesia yang punya kualitas material terbaik. Yuk, langsung cari dan temukan furnitur sesuai kebutuhanmu di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse