Ayo, Buat Ruangan Tamu Lebih Menawan dengan Gaya Industrial!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Di Indonesia, ruangan tamu diperlukan untuk rumah keluarga agar bisa menjamu tamu yang datang. Ruangan tamu pun seringkali mencerminkan kesukaan pemilik rumah. Munculnya berbagai gaya interior saat ini membuat ruangan tamu bisa didesain dengan sangat variatif. Salah satu gaya interior yang menjadi tren saat ini adalah industrial.

Benar! Tidak hanya cafe atau fashion retail yang kekinian, kamu bisa menerapkan ruangan tamu bergaya industrial. Kehabisan ide? Tenang saja, Kania akan berikan 8 ide interior ruangan tamu simpel ala industrial yang menarik agar ruangan tamu kamu terlihat kekinian, mulai dari ide pemilihan material, furnitur sampai dekorasi. Penasaran, kan? Yuk, kita simak!

1. Coffee Table Khas Gaya Desain Industrial

Jika kamu sering pergi ke coffee shop bertemakan industrial, kamu akan sering melihat bentuk dan warna coffee table yang khas. Biasanya alas meja terbuat dari kayu, sedangkan kaki mejanya terbuat dari besi. Bentuk mejanya pun bisa kotak atau bundar. Coffee table ala industrial di coffee shop bisa kamu gunakan untuk ruangan tamu, lho.

ruangan tamu industrialdekoruma.com

Jika kamu sedikit bosan dengan meja yang berbentuk kotak, kamu bisa menggunakan bentuk meja yang bundar, alas meja dengah bahan kayu yang cukup tebal, lengkap dengan kaki meja berbentuk jaring. Voila! Ruangan tamu kamu menjadi terlihat lebih cozy.

2. Ruangan Tamu dengan Jendela Besar

Ruangan-Tamu Jendelapaulaeguzman.com

Interior bertemakan industrial cukup identik dengan jendela besar, lengkap dengan kusen besi berwarna hitam. Bila memungkinkan, kamu juga bisa memasang jendela besar ala industrial pada ruangan tamu kamu. Jendela besar semacamnya cukup optimal untuk dipasang di ruangan tamu karena biasanya posisi ruangan tamu berada di area rumah bagian depan, sehingga pencahayaan alami dapat dimanfaatkan dengan baik. Gunakan gorden jendela yang simpel agar tidak mengganggu bentuk jendela besar khas industrial yang khas.

3. Dinding pada Ruangan Tamu yang Dibiarkan Terkespos

Ciri khas lain yang dimiliki oleh gaya interior industrial adalah dinding yang dibiarkan mentah, tanpa finishing cat tembok. Kamu juga bisa terapkan hal ini pada ruangan tamu kamu, kok. Semen dan bata pada dinding dibiarkan terekspos sehingga memunculkan warna dan tekstur tersendiri pada ruangan tamu.

dinding ruangan tamu industrialapartmenttheraphy.com

Agar ruangan tidak terlihat kumuh, kamu perlu memperhatikan tata letak furnitur dan ornamen pada ruangan tamu. Tata letaknya harus dibuat rapi dan simpel untuk menyeimbangkan warna dan tekstur dinding yang khas.

4. Rak Ala Industrial untuk Menyimpan Barang-Barang pada Ruangan Tamu

Ruangan Tamu Rak Industrialhome-designing.com

Ruangan tamu kamu juga bisa diubah menjadi ala industrial dengan cara mengganti furniturnya. Salah satu furnitur yang cukup esensial pada ruangan tamu selain sofa dan meja adalah rak. Biasanya, rak pada ruangan tamu digunakan untuk menyimpan barang dan sebagai showcase untuk dekorasi pada ruangan tamu. Bentuk rak yang biasa digunakan pada interior bergaya industrial juga khas, lho.

Kayu dengan atau tanpa finishing yang sederhana, besi hollow berwarna hitam, serta bentuknya yang cukup konstruktif dan terlihat maskulin. Perlu untuk diingat, gunakan rak dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan tamu kamu, jangan terlalu besar sehingga memakan banyak tempat atau terlalu kecil sehingga tidak terlalu fungsional.

5. Ruangan Tamu dengan Dekorasi yang Tidak Biasa

Suka dengan ruangan tamu yang unik? Coba kamu ekspresikan melalui dekorasi yang tidak biasa pada ruangan tamu kamu. Untuk menunjang tema industrial, kamu bisa saja menaruh dekor yang unik, misalnya sepeda. Tidak, bukan hanya menaruh sepeda seperti biasa, tetapi digantung pada dinding! Pastikan hook yang kamu pasang kuat untuk menahan beban sepeda.

ruangan tamu industrial dekorasipinterest.com

Ingin lebih unik? Tanamkan berbagai bunga pada keranjang sepeda, sekaligus untuk menghemat ruang agar tidak perlu menambahkan pot pada ruangan tamu. Kamu bisa mengeksplor barang lain yang bisa dipajang, kok. Pesawat mainan? Kipas angin unik? Atau bahkan plat mobil? Semuanya bisa membuat ruang tamu kamu jadi lebih seru!

6. Gunakan Furnitur dan Ornamen DIY!

ruangan tamu industrial meja kopigoodshomedesign.com

Ruangan tamu kamu akan cukup efisien bila bertemakan industrial, lho. Tidak percaya? Kalau kamu perhatikan, furnitur-furnitur dan dekorasi yang digunakan untuk membangun suasana industrial cukup identik dengan bahan-bahan yang terekspos dan finishing yang tidak rumit. Artinya, kamu pun juga bisa membuatnya di rumah!

Baru mencoba DIY? Buatlah hal yang simpel seperti gantungan yang hanya terbuat dari pipa yang dicat hitam. Atau kamu sudah hobi DIY sejak lama? Kamu bisa membuat coffee table sendiri dari kayu dan besi. Gaya industrial cukup mudah untuk dieksplor, kan?

7. Furnitur dan Dekorasi Daur Ulang Khas Industrial untuk Ruangan Tamu

Selain DIY, kamu bisa menghadirkan gaya industrial pada ruangan tamu kamu dengan furnitur serta dekorasi yang berasal dari barang daur ulang. Jangan salah, kalau kamu cermat dalam memilih bahan daur ulang yang akan dijadikan furnitur dan ornamen, ruangan tamu kamu bisa menjadi keren! Banyak kok hiasan rumah yang bisa dibuat sendiri.

Ruangan Tamu Daur Ulangpinterest.com

Ambil contoh dari kursi yang satu ini. Kursi ini terbuat dari drum bekas, lho. Kamu bisa memotong drumnya sendiri atau dengan bantuan bengkel. Kemudian cat drum yang sudah terpotong dengan warna kesukaanmu. Tambahkan busa yang sudah dibungkus dengan kulit, pastikan ukurannya sesuai dengan drum. Tadaa! Kursi unik dari drum bisa kamu gunakan di ruangan tamu sebagai sarana duduk yang sekaligus menjadi ornamen yang menarik.

8. Lampu Unik untuk Ruangan Tamu yang lebih Catchy

Hal yang juga perlu diperhatikan dalam sebuah ruangan tamu adalah pencahayaannya. Meskipun suatu ruangan tamu memanfaatkan pencahayaan alami, pencahayaan buatan perlu diatur agar ruangan tamu tetap nyaman untuk digunakan di malam hari. Pengaturan cahaya pada ruangan tamu juga bisa kamu sesuaikan dengan gaya industrial.

ruangan tamu industrial lampupinterest.com

Gunakan bohlam kuning yang terekspos, lampu gantung dari besi dengan bentuk unik, hingga lampu lantai yang bisa menjadi pusat perhatian! Lampu antik atau DIY dari pipa bisa menjadi opsi agar ruangan tamu kamu semakin otentik.


Dengan gaya industrial, kamu bisa mengeksplor ruangan tamu kamu agar semakin kekinian. Mulai dari hal yang paling mendasar seperti warna dan material, hingga ornamen-ornamen khas industrial bisa kamu terapkan dengan mudah di ruangan tamu. Kamu bisa menemukan perabotan yang tepat di dekoruma, bahkan, kami siap membantu desain interior rumahmu! Sudah siap merubah ruangan tamu kamu jadi lebih keren?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse