12 Model Lemari Kaca Supaya Ruangan Kelihatan Lebih Lega

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bukan tidak mungkin dalam satu ruangan ada banyak sekali barang dan furnitur yang diletakkan. Jika sudah demikian, ruangan akan terlihat sumpek meski ukurannya sangat luas.­­ Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruangan terlihat lebih lega meski ada banyak barang dan furnitur, misalnya dengan menggunakan lemari kaca.

Lemari kaca tidak sekedar untuk ruang penyimpanan saja, tapi bisa digunakan juga sebagai partisi ruangan sederhana. Karena menggunakan material kaca, kamu bisa melihat bagian dalam lemari tersebut atau bahkan menembus ke bagian ruangan lain. Hal tersebut menciptakan ilusi ruangan lebih lega.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan lemari kaca supaya ruangan terlihat lebih lega, yuk simak beberapa model lemari kaca yang cantik berikut ini!

1. Lemari kaca untuk menyimpan koleksi tanaman

Lemari Kaca Menyimpan Tanamandezeen.com

Pernah melihat rumah kaca yang menjadi rumah bagi sejumlah tanaman? Lemari kaca yang satu ini merupakan versi mini dari rumah kaca tersebut. Agar terlihat lebih rapi, kamu bisa meletakkan tanaman hias kesayangan di dalam lemari kaca ini. Sifat kaca yang tembus cahaya ini memungkinkan tanaman untuk tetap bisa berfotosintesis dari dalam lemari.

Bagian atasnya sedikit terbuka agar tanaman tetap mendapatkan udara. Lemari kaca ini juga cocok untuk tanamanmu yang tidak boleh terkena langsung paparan sinar matahari.

2. Lemari kaca besar yang dikombinasikan dengan kayu

Lemari Kaca Besar Kayupinterest.com

Lemari kaca bukan berarti seluruh bagiannya harus terbuat dari kaca. Kamu bisa juga menggunakan lemari kaca yang dikombinasikan dengan material kayu. Hasilnya akan tercipta sebuah kesan yang kuat dan hangat. Material kayu ini bisa digunakan pada bagian belakang lemari, rak, dan struktur bagian pintu agar kaca tidak mudah pecah.

3. Lemari kaca untuk dinding yang menawan

Lemari Kaca Dindingpinterest.com

Dinding interior hunian tidak melulu berupa dinding batu bata yang diaci kemudian diberi cat. Ada pemilik hunian yang menginginkan dinding interiornya menggunakan material batu alam, beton, atau batu bata tanpa acian. Rasanya sayang jika dinding yang cantik tersebut ditutupi oleh lemari biasa. Gunakanlah lemari kaca yang seluruh permukaannya terbuat dari kaca seperti ini.

Meski diletakkan di dekat dinding, kamu masih bisa menikmati keindahan dinding tersebut. Bahkan, dinding tersebut bisa jadi latar belakang yang semakin mempercantik lemari kaca.

4. Lemari kaca yang menyerupai gerbang masuk

Lemari kaca yang menyerupai gerbang masukpinterest.com

Jika kamu tidak memiliki ruang kosong untuk meletakan lemari kaca, cobalah membuat lemari kaca built-in yang menyerupai gerbang masuk seperti ini. Selain sebagai tempat penyimpanan barang, lemari kaca ini bisa jadi pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Gunakan list dari besi agar strukturnya lebih kuat. Berikan penerangan dari bagian atas agar lemari kaca terlihat lebih elegan. Ketika berjalan di area ini, hati-hati supaya tidak menabrak ya.

5. Lemari kaca dapur dengan list melengkung

Lemari Kaca List Melengkungpinterest.com

List pada lemari kaca tidak selalu harus lurus membentuk persegi atau persegi panjang. Kamu juga bisa menggunakan list melengkung seperti yang ada pada lemari kaca dapur ini sehingga terlihat lebih cantik dan dinamis.

List seperti ini tidak akan mengurangi fungsi dari penggunaan lemari kaca, kamu masih bisa melihat bagian dalam lemari dengan mudah. Desain lemari kaca ini cocok banget diletakkan di model dapur minimalis.

6. Lemari kaca dengan roda

Lemari Kaca Rodapinterest.com

Model lemari kaca berikutnya adalah lemari kaca yang menggunakan roda. Kehadiran roda-roda ini akan mempermudah kamu memindahkannya ke sudut ruangan yang diinginkan tanpa bantuan orang lain dan tentunya mengurangi resiko kaca pecah saat dipindahkan nanti.

Lemari kaca model ini cocok digunakan sebagai partisi minimalis di ruangan. Hanya saja pastikan roda-roda tersebut terkunci dengan baik agar tidak bergeser ke sembarang arah serta melukai orang yang berjalan di sekitarnya.

7. Lemari kaca yang cocok diletakkan di sudut ruangan

Lemari Kaca Sudutamazon.co.uk

Lemari kaca yang satu ini memiliki sudut 90º sehingga cocok diletakkan di sudut ruangan dan sangat efisien. Lemari ini cocok dijadikan lemari pajangan atau rak display. Bagian belakangnya menggunakan material cermin sehingga akan menambah kesan luas pada ruangan tersebut.

 

8. Lemari kaca untuk memajang koleksi sepatumu

Lemari Kaca Sepatuhouzz.com

Wanita mana yang sanggup menolak lemari kaca berukuran besar ini untuk menyimpan semua koleksi sepatunya? Selain membuat ruangan terasa lebih lega, lemari kaca untuk sepatu ini akan membuatmu lebih mudah mencari sepatu yang ingin digunakan. Berikan penerangan secukupnya agar sepatu yang ada di dalamnya bisa jadi pajangan keren saat tidak digunakan.

9. Lemari kaca zaman dulu

Lemari Kaca Jaman Dulupinterest.com

Zaman dulu ada banyak lemari kayu yang menggunakan kaca pada bagian pintunya. Bagi kamu yang memiliki rumah bergaya shabby chic, tradisional, atau vintage, lemari kaca yang satu ini cocok untukmu. Lemari model jengki ini tampak cantik dengan dominasi cokelat khas kayu dan pintu kaca pada bagian atasnya.

10. Lemari kaca sekaligus nakas di kamar tidur

Lemari Kaca Samping Tempat Tidurpinterest.com

Nakas atau side table yang biasa diletakkan di samping tempat tidur tidak selalu harus berbentuk meja. Kamu bisa menggunakan lemari kaca berukuran kecil sebagai nakas juga. Bentuknya sederhana tanpa ukiran, cocok untuk kamar tidur bergaya Skandinavia atau rustic.

Bagian atasnya bisa untuk meletakkan kacamata, gelas, dan dekorasi vas bunga sedangkan bagian lemarinya bisa digunakan untuk menyimpan buku-buku yang sering dibaca sebelum tidur.

11. Lemari kaca untuk dapur elegan

Tidak dapat dipungkiri, dapur adalah salah satu area di rumah yang memiliki banyak barang. Mulai dari peralatan-peralatan masak, bahan makanan, barang elektronik, hingga peralatan makan. Rasanya akan sulit menyingkirkan barang-barang di dapur ini, sehingga sejumlah orang pada akhirnya menggunakan banyak lemari untuk menyimpan semua barang tersebut.

Lemari Kaca Dapurpinterest.com

Agar lemari-lemari tersebut tidak membuat dapur terasa sesak, gunakanlah lemari kaca khususnya pada bagian atas. Dapur akan terasa lebih lega karena kamu bisa melihat ruangan sebelahnya melalui lemari kaca. Ditambah lagi, anak-anak tidak bisa menjangkau lemari kaca ini tanpa pengawasan orang tua.

12. Lemari kaca melayang di dinding

Untuk ruangan yang sempit, penggunaan lemari yang diletakkan di lantai akan membuat ruangan terasa semakin sempit. Lemari yang tepat untukmu adalah lemari kaca melayang di bagian dinding. Tidak perlu berukuran besar, asalkan lemari ini cukup untuk menyimpan perabotan penting atau pun dekorasi.

Lemari Kaca Dindinggrahamandgarden.uk

Pastikan posisinya tidak terlalu rendah agar tidak mengenai kepala orang yang berlalu-lalang juga tidak mudah dijangkau oleh anak-anak karena akan membahayakan mereka. Jangan letakkan terlalu tinggi juga supaya kamu tidak perlu menggunakan kursi untuk mengambil barang dari dalam lemari tersebut.


Pada dasarnya penggunaan lemari kaca bisa membuat ruangan terlihat lebih lega. Namun, perhatikan juga aspek keamanannya agar kaca tidak pecah kemudian melukai penghuni rumah. Model lemari kaca apa yang kamu sukai? Kamu bisa menemukan berbagai model lemari di dekoruma, lho. Selamat memilih!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse