Malas Merapikan Rumah? Ini Dia 10 Cara Seru Bersih-bersih Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk sebagian dari kamu, pasti sulit menyempatkan waktu merapikan rumah di tengah kesibukan sehari-hari. Lalu, kamu pun berencana membersihkan rumahmu di akhir pekan. Namun, saat akhir pekan tiba, kamu terlalu malas bangun dari tempat tidur untuk segera merapikan rumah. Apalagi kamu menganggap kalau merapikan rumah itu kegiatan yang monoton dan melelahkan. Alhasil, kamu kembali menghindar dari kewajiban merawat rumahmu, atau malah pergi menghabiskan akhir pekan di luar rumah.

Cara Seru Merapikan Rumahsimplemost.com

Ada banyak tips dan trik untuk membuat kegiatan merapikan rumah jadi terasa lebih  mudah, tetapi belum tentu membuat kegiatan tersebut jadi lebih menyenangkan. Kali ini Kania akan menjelaskan 10 cara yang membuat kegiatan bersih-bersih di akhir pekan jadi lebih seru dan nggak ngebosenin. Dengan cara ini, dijamin kamu jadi nggak ingin menunda-nunda untuk menjaga kebersihan rumahmu!

1. Ingat Manfaat Dari Merapikan Rumah

Manfaat Merapikan Rumahonioncleaning.com

Kamu telah mengetahui banyak cara efektif untuk merapikan rumah. Kamu juga sudah memiliki alat-alat kebersihan terbaru, yang paling sulit? Memulainya!

Untuk mengawali kegiatan merapikan rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan, cobalah kamu melihat lebih jauh ke depan. Begitu banyak manfaat yang dapat kamu peroleh dari merapikan rumah. Rumah tidak hanya jadi bersih dan kinclong, kamu juga bisa merasa bahagia dengan merapikan rumah. Menurut penelitian dari British Journal of Sports Medicine, 20 menit waktu yang digunakan untuk merapikan rumah dapat mengurangi kecemasan dan stres sebanyak 20%.

2. Hidupkan Suasana Dengan Musik Favoritmu

Musik untuk Merapikan Rumahpinterest.com

Agar suasana lebih mendukung dan agar kamu jadi lebih bersemangat, kamu dapat memutar musik kesukaanmu. Kamu bisa mendengarkanya langsung dengan headphone atau memutarnya di speaker.  Jangan terlalu memikirkan berapa banyak bagian rumah yang harus kamu rapikan, mulai saja dan nikmati prosesnya.

Dengan musik, kamu bisa jadi lebih rileks saat merapikan rumah. Bisa sambil berdendang dan menari juga. Lewat suasana yang kondusif, kamu mudah berkonsentrasi. Merapikan rumah jadi lebih efektif, sehingga tidak ada setitik debu pun yang tertinggal.

3. Ajak Anggota Keluarga Yang Lain

Anggota Keluarga Merapikan Rumahpinterest.com

Tugas merapikan rumah bukan hanya tugas seorang ibu, tetapi juga tugas seluruh anggota keluarga. Karena begitu banyak yang harus dibersihkan mulai dari ruang keluarga, juga menata dapur, kamar tidur, dan kamar mandi, ajaklah anggota keluarga lain untuk terlibat.

Semakin banyaknya anggota keluarga lain yang berpartisipasi, merapikan rumah pun akan semakin seru dan menyenangkan. Selain rumah jadi lebih cepat bersih karena dikerjakan bersama-sama, kamu dan keluarga juga bisa jadi lebih dekat dan kompak.

4. Merapikan Rumah Sambil Bermain

Saat anggota keluarga yang lain ikut merapikan rumah, kamu bisa membuat sebuah permainan agar aktifitas ini semakin menarik. Jadikanlah kegiatan merapikan rumah sebagai sebuah ajang kerja bakti keluarga yang kompetitif. Misalnya, setiap hal yang harus dibersihkan diberi poin atau nilai.

Merapikan Rumah Sambil Bermaingoogle.com

Semakin sulit membersihkannya, maka poin semakin besar. Jadi ,setiap orang berlomba-lomba memperoleh poin sebanyak-banyaknya. Saat seluruh rumah telah rapi, pemenangnya pun akan mendapatkan hadiah. Misalnya, berlomba membersihkan lemari pakaian mereka masing-masing.

Untuk permainan bersama anak-anak, kamu juga bisa memberi tantangan kepada mereka untuk mengumpulkan barang-barang atau mainan mereka sesuai dengan warna yang sama. Dalam hal ini mereka bisa berlomba bersama saudara mereka, kamu sebagai orang tua yang akan menjadi juri dan memberikan nilai serta pujian atas kerja keras mereka.

5. Merapikan Rumah Sebagai Olahraga

Taukah kamu kalau merapikan rumah itu bisa membakar kalori? Merapikan rumah melibatkan aktifitas fisik dan pergerakanya juga dinamis. Kamu bergerak kesana kemari atau melakukan gerakan yang repetitif, sama halnya dengan berolahraga, kan?

Merapikan Rumah Sebagai Olahraganytimes.com

Dengan mengerjakan hal-hal yang ringan saja, seperti mengelap rak dan kabinet, dalam 1 jam  100 kalori bisa terbakar. Saat pekerjaan yang dikerjakan jauh lebih berat, seperti mengepel atau menyikat kamar mandi dan membersihkan ruang keluarga, kalori yang terbakar bisa sampai 200 kalori.

Agar semakin menantang, kamu bisa memasang target berapa banyak langkah untuk mencapai jumlah kalori yang harus terbakar, ukur dengan aplikasi pedometer di telepon genggammu. Lumayan kan, merapikan rumah bisa sambil berolahraga. Rumah bersih, badan pun sehat!

6. Berlomba dengan Waktu Saat Merapikan Rumah

Jangan terlena dan keasyikan bermain. Kamu juga harus ingat bahwa rumah harus segera rapi dan bersih. Merapikan rumah terlalu lama, bisa membuat rumah jadi cepat kotor lagi.

Berlomba Dengan Waktu Merapikan Rumahpinterest.com

Agar kegiatan merapikan rumah tetap efektif dan efisien, kamu bisa menargetkan batasan waktu, misalnya jika kamu dan keluarga mulai membersihkan rumah dari pagi, maka kalian harus menyelesaikan tugas kalian sebelum makan siang.

Dengan bekerja untuk mengalahkan waktu, kamu juga bisa lebih fokus dalam merapikan rumah. Berpura-puralah layaknya Cinderella yang akan pergi ke pesta dansa, tetapi harus merapikan rumahnya terlebih dahulu kalau tidak ia tidak bisa pergi. Lebih cepat selesai, kamu dan keluarga juga jadi lebih cepat untuk menikmati quality time  bersama di kegiatan yang lain.

7. DIY Alat Merapikan Rumah

Alat Merapikan Rumahgoogle.com

Kamu tentunya perlu menyediakan alat pembersih yang mudah digunakan, agar pekerjaan merapikan rumah juga menjadi lebih lancar tanpa kendala. Agar kamu semakin termotivasi dalam membersihkan rumah, kamu juga bisa membuat alat-alat pembersihnya sendiri, lho.

Ajak anak-anakmu mebuat tempat sampah sendiri. Mereka bisa menghias tempat sampah tersebut, seperti mewarnainya atau menempelkan sticker di sekeliling tempat sampah.

8. Buat Daftar Pekerjaan untuk Merapikan Rumah

List Untuk Merapikan Rumahpinterest.com

Membuat list pekerjaan yang harus dilakukan untuk merapikan rumah memang tidak menyenangkan, tetapi dengan adanya to-do list merapikan rumah akan jauh lebih cepat dan kegiatannya jadi terorganisir dengan baik. Dan ini penting apabila kamu merapikan rumah bersama anggota keluargamu yang lain, sehingga tidak ada yang mengerjakan tugas yang sama atau berselisih ingin mengerjakan pekerjaan rumah yang sama.

9. Reward untuk Hasil yang Baik

Reward Merapikan Rumahpinterest.com

Setelah rumahmu bersih dan kembali terbebas dari kotoran karena kerja kerasmu dan keluarga, kalian berhak atas sebuah penghargaan. Misalnya kalian bisa memesan makan favorit kalian untuk makan siang, atau sehabis menyikat kamar mandi dan kloset kamu bisa pedicure untuk merawat kembali jari-jari tangan dan kakimu. Reward seperti ini sebaiknya sudah kamu tentukan di awal sebelum mulai merapikan rumah, supaya kamu semakin termotivasi saat merapikan rumah.

10. Merapikan Rumah Sebagai Rutinitas

Merapikan Rumah Sebagai Runitasgoodhousekeeping.com

Cara paling ampuh agar membuat kegiatan merapikan rumah menjadi lebih mudah dan menyenangkan adalah dengan terbiasa mengerjakannya. Jika kamu sudah terbiasa merapikan rumah, kamu tidak akan merasa ini adalah pekerjaan yang berat, dan kamu pun bisa lebih menikmatinya. Sempatkanlah setiap hari untuk merapikan rumah, mulai dari merasa bertanggung jawab merapikan barang-barang milik pribadi. Ingatkan juga anggota keluarga lain untuk melakukan ini.


Bagaimana jadi bersemangat kan untuk merapikan rumah? Atau setelah membaca ini, kamu jadi terinspirasi membuat strategi sendiri agar kegiatan merapikan rumah menjadi lebih seru dan menarik? Jangan lupa baca artikel tips dan trik dari Kania yang lainnya hanya di dekoruma!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse