7 Inspirasi Fasad Rumah Minimalis Karya Arsitek Indonesia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bingung bagaimana memiliki fasad rumah dengan desain trendi tapi mudah diterapkan? Pada saat-saat seperti ini, fasad rumah minimalis selalu jadi pilihan paling aman untuk memiliki rumah yang keren tanpa perlu menampilkan desain yang berlebihan. Nggak cuma mudah diterapkan dalam hal desain dan konstruksi, kebanyakan fasad rumah minimalis juga bisa membuat rumah tampil lebih outstanding meski tampil sederhana.

Fasad rumah minimalis sendiri kini sudah menjadi tren dan banyak digemari sebagai pelengkap tampilan rumah impian. Tapi, seperti apa sebenarnya tampilan fasad rumah minimalis?

Karakteristik Fasad Rumah Minimalis

Fasad rumah minimalis memiliki kesederhanaan dalam bentuk dan juga fungsi. Kamu mungkin nggak akan menemukan bentuk-bentuk yang terlalu rumit dan asimetrik serta ornamen-ornamen estetis yang non-fungsional. Kesederhanaan fasad rumah minimalis nggak cuma dalam soal bentuk dan juga fungsi tapi juga dalam pemilihan material. Material dalam fasad rumah minimalis umumnya menggunakan material konvensional dan tak terlalu variatif.

Karakteristik Rumah Minimalis

Tampilan fasad rumah minimalis identik dengan kesan “bersih”, terbuka, dan terang. Hal ini bisa dilihat dari bentuk yang mulus serta elemen bukaan serta penggunaan warna-warna terang. Dalam fasad rumah minimalis, kamu juga akan bertemu dengan detail-detail ornamen yang sederhana.

Meskipun begitu, berbagai karakter fasad rumah minimalis tersebut tentu masih bisa kamu kembangkan dan kreasikan untuk menciptakan fasad rumah impianmu. Untuk mempermudah kreasimu, ayo simak berbagai ide kreasi fasad rumah minimalis karya arsitek Indonesia berikut!

Inspirasi Fasad Rumah Minimalis Karya Arsitek Indonesia

1. Sunter Residence – Cosmas Gozali

FacadRumah Minimalis Sunter Residence Cosmas Gozaliarchdaily.com

Salah satu penerapan konsep fasad rumah minimalis yang bisa jadi contekan pertamamu adalah Sunter Residence karya Atelier Cosmas Gozali. Konsep paling menonjol dari fasad rumah minimalis ini adalah pemilihan warna putih yang mendominasi bangunan.

Nggak cuma warna putih, elemen lain dari fasad rumah minimalis satu ini yang cukup menonjol adalah pengulangan garis vertikal pada fasad rumah minimalis. Meskipun hadir dengan bentuk-bentuk gubahan masa geometrik sederhana, konsistensi dari fasad rumah minimalis ini membuatnya tetap terlihat elegan dan estetis.

2. SR House – Nataneka Architects

Facad Rumah Minimalis SR House Nataneka Architectsarchdaily.com

Banyak kok desain rumah mewah karya arsitek Indonesia, salah satunya SR House. Pengulangan bentuk persegi dan elemen basic lainnya adalah ciri dari fasad rumah minimalis karya Nataneka Architect satu ini. Berbeda dengan fasad rumah minimalis sebelumnya, fasad satu ini lebih berani dalam permainan perpaduan warna. Namun, pemilihan warna earthy tone yang senada membuat fasad rumah ini tidak kehilangan kesan minimalisnya.

Selain warna yang lebih hidup, kamu juga bisa melihat permainan tekstur dan material dalam fasad rumah minimalis ini sehingga membuatnya lebih menyatu dengan lingkungan dan cocok untuk kamu yang juga ingin memberikan sentuhan natural pada fasad rumahmu. Berbagai elemen ini terlihat menyeimbangkan bentuk gubahan masa yang sangat rigid pada fasad rumah minimalis ini sehingga terlihat lebih menarik.

3. IS House – Studio Ton Ton

Facad Rumah Minimalis IS House Studio Ton Tonstudiotonton.com

Fasad rumah minimalis selanjutnya adalah fasad rumah minimalis karya Studio TonTon. Menonjol dengan gubahan masa berbentuk rumah konvensional, fasad rumah ini tetap tampil memukau dengan menonjolkan warna monokrom putih dan abu-abu. Warna monokrom sendiri sudah menjadi hal yang sering ditemu di model rumah minimalis, terutama di rumah-rumah kecil.

Fasad rumah minimalis ini menjadikan sifat asli dari material menjadi nilai estetika tersendiri. Bukaan yang besar juga mendominasi fasad rumah minimalis satu ini. Setiap elemen line dari bingkai jendela dan bukaan lainnya dari fasad rumah minimalis ini membantu memberikan wajah minimalis pada bangunan rumah ini.

4. House at Pasteur – ADDO Architect

Facad Rumah Minimalis House at Pasteur ADDO Architectresidentialarchitect.com

Rumah selanjutnya lagi-lagi menunjukkan bahwa untuk tampil menonjol nggak perlu berlebihan dalam pemilihan bentuk, warna, dan juga material. Fasad rumah minimalis yang diberi nama House at Pasteur karya ADDO Architect Memiliki warna putih yang mendominasi, namun diperkaya dengan penggunaan mateial bertekstur yang menjadi point of interest dari fasad rumah minimalis ini tanpa membuatnya terlihat terlalu ramai. Soal bentuk, persegi dan juga elemen vertikal dan horizontal menjadi permainan dasar dari fasad rumah ini.

5. W House – Studio Air Putih

Facad Rumah Minimalis W House Studio Air Putihblogspot.com

Selanjutnya merupakan fasad rumah minimalis karya Studio Air Putih yang diberi nama W House. Fasad rumah minimalis satu ini juga memiliki gubahan masa yang didominasi pengulangan bentuk persegi dikombinasikan dengan taman bergubahan diagonal yang membuatnya terlihat lebih dinamis.

Penggunaan warna putih dan abu-abu yang dikombinasikan dengan tekstur asli beton yang keabuan membuat fasad rumah minimalis terlihat estetis meski tanpa penggunaan warna-warna dinamis. Pemilihan warna ini juga membuat tanaman-tanaman hijau yang dimiliki rumah ini menjadi lebih menonjol.

6. White Box House – Indra Tata Adilaras

fasad rumah minimalis White Box House - Indra Tata Adilarasarchdaily.com

Dengan melihat sekilas saja kamu pasti langsung bisa merasakan kesan minimalis yang kuat dari fasad rumah minimalis yang satu ini. Fasad rumah minimalis karya Indra Tata Adilaras ini mengeksplorasi bentuk persegi hanya dengan sedikit memotongnya untuk memberikan fungsi teras pada rumah minimalis ini. Ditambah dengan penggunaan warna putih dominan, hal ini membuat fasad rumah makin menarik.

7. Rumah Miring – Andyrahman Architect

Facad Rumah Minimalis Rumah Miring Andyrahman Architectarchello.com

Fasad rumah minimalis lainnya adalah rumah minimalis karya Andyrahman Architect yang diberi nama rumah miring. Nama rumah ini terinspirasi dari fasad rumah minimalis ini sendiri. Tak bermain dengan bentuk gubahan masa yang basic, fasad rumah minimalis satu ini mengombinasikannya dengan garis-garis diagonal yang menjadikan fasad rumah terlihat lebih dinamis.

Warna dominan dari fasad rumah minimalis ini adalah warna keabuan bertekstur yang didapatkan dari material asli finishing dari fasad yang dikombinasikan dengan material lainnya.


Itulah berbagai referensi inspirasi fasad rumah minimalis yang bisa jadi salah satu pilihan  bagi rumah impianmu. Untuk memberikan kesan minimalis yang lebih sempurna, sempurnakan fasad rumah minimalis dengan furniture serta interior berkonsep minimali syang bisa kamu temukan di dekoruma. Fasad rumah minimalis seperti apa yang kamu inginkan untuk rumah impianmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse