Salah Pilih Arsitek Hancurkan Rumah Impian! Ikuti 7 Tips Ini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk mampu menghasilkan sebuah rumah impian, tentu kamu membutuhkan bantuan profesional seorang arsitek. Namun, perlu kamu pahami bahwa peran arsitek tidaklah serta merta membuat desain rumah, tetapi lebih kepada mewu ide dan kebutuhan dari pemilik rumah.

Agar mampu mewujudkan desain rumah impian sangatlah penting memilih arsitek yang tepat. Tapi, bagaimana cara menemukan dan memilihnya? Berikut adalah beberapa cara dan tips dalam menemukan serta memilih arsitek yang pas untuk membantu mewujudkan desain rumah impianmu!

1. Libatkan kontraktor yang akan membangun rumahmu

Arsitek Libatkan Kontraktorgoogle.com

Jika pada tahap awal kamu sudah memilih kontraktor atau tenaga untuk membangun rumah, maka melibatkannya dalam memilih arsitek adalah salah satu tips yang tepat.

Dengan pengalamannya, tentu pihak kontraktor telah memiliki banyak relasi dan pengalaman bekerja sama dengan berbagai arsitek serta jasa desainer interior. Dengan melibatkan sang kontraktor, ia bisa menerka arsitek seperti apa yang kiranya cocok dengan ide desain rumah yang diinginkan.

Arsitek Libatkan Kontraktor Bangunanblogspot.com

Selain itu, memilih arsitek yang telah pernah bekerja sama dengan kontraktor yang akan membangun rumah memiliki nilai plus tersendiri karena pada akhirnya diperlukan kerja sama yang baik antara arsitek dan kontraktor agar desain rumah mampu terwujud dengan sempurna.

Mengingat pentingnya sinergi antara arsitek dan kontraktor, jangan ragu untuk mempertemukan kontraktor, konsultan design interior, dan arsitek selama proses desain agar desain mampu diwujudkan dengan baik oleh kedua tenaga profesional.

2. Sulit mencari arsitek? Mulai dari mencari karyanya!

Untuk orang yang nggak familiar dengan dunia dan industri arsitektur, mungkin kamu sulit untuk mengetahui arsitek-arsitek berpengalaman, apalagi sampai mengetahui lebih dalam mengenai arsitek tersebut.

Sulit mencari arsitek? Mulai dari mencari karyanya!unsplash.com/@studiorepublic

Namun, kamu pasti sering melewati atau melihat beberapa rumah yang mungkin memiliki gaya desain dan gambaran mendekati dengan desain rumah impian yang kamu inginkan.

Dari berbagai karya inilah kamu bisa memulai mencari siapa sosok arsitek yang berada dibalik desain-desain rumah tersebut. Arsitek-arsitek inilah yang bisa jadi pilihan awal kamu sebelum memutuskan satu di antaranya untuk membantumu mewujudkan proyek rumah impian.

3. Komunikasikan terlebih dahulu idemu dengan beberapa arsitek

Jangan terlalu cepat memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek. Berinteraksilah dengan beberapa arsitek sebelum memutuskan jasa arsitek mana yang akan kamu gunakan. Komunikasikan ide dan konsep yang kamu inginkan ada pada rumah impianmu.

Komunikasikan terlebih dahulu idemu dengan beberapa arsitekunsplash.com/@rawpixel

Sama halnya saat bekerja sama dengan jasa desain rumah, pastikan sang arsitek mampu menangkap semua ide dan mampu memberikan umpan balik yang juga memuaskan dan membuatmu merasa bahwa rumah impianmu mampu diwujudkannya.

Selain itu, pastikan gaya komunikasi dan kerja sang arsitek mampu bersinergi denganmu sebagai pemilik rumah, karena selama proses desain kamu akan berkomunikasi sangat intens dengan arsitek.

4. Perhatikan portofolio sang arsitek

Langkah selanjutnya untuk meyakinkan pilihanmu adalah dengan menganalisa dan mengamati portofolio sang arsitek sebanyak-banyaknya.

Cari tahu sejauh apa lingkup desain yang pernah dikerjakan dan juga apakah gaya dan karakter desain dari arsitek tersebut selaras dengan gaya dan desain yang kamu kehendaki, misalnya bagaimana model fasad rumah yang kamu mau.

Portfolio Arsitekunsplash.com

Nggak cuma gaya arsitek, pada saat menganalisa portfolio arsitek, nggak ada salahnya kamu juga mencari tahu informasi tambahan seperti berapa biaya desain dan pembangunan hingga permasalahan-permasalahan dalam mewujudkan proyek tersebut.

5. Tanyakan dan pastikan semua hal mendasar sebelum membuat kesepakatan dan memulai proyek

Kesepakatan Proyek dengan Arsitekunsplash.com/@etiennegirardet

Saat mengkomunikasikan ide dan konsep desainmu, berdiskusi mengenai proyek rumah impianmu saja tidaklah cukup untukmu menilai apakah arsitek tersebut cocok dan pas dengan proyek rumah serta gaya kerja yang kamu inginkan.

Untuk itu, saat berdiskusi ada beberapa pertanyaan mendasar yang sebaiknya ditanyakan pada arsitek saat awal sebelum memulai kesepakatan untuk menggunakan jasa arsitek tersebut. Beberapa pertanyaan dasar yang bisa kamu tanyakan pada arsitek antara lain:

Pengerjaan Proyek Arsitekunsplash.com/@d_mccullough

  • Apakah arsitek pernah mengerjakan proyek serupa baik dari segi kondisi lahan dan juga konsep dan seperti apa portofolio-portofolio yang dimilki arsitek yang mampu merepresentasi proyek-proyek tersebut?
  • Bagaimana proses desain dari proyek tersebut? Tahapan desain apa saja yang akan dilakukan dan berapa lama waktu yang digunakan dalam proses desain awal hingga kamu dapat melihat konsep awal dan estimasi hingga kamu mendapatkan desain final yang akan direalisasikan?

Konsep Arsitekunsplash.com/@yer_a_wizard

  • Permasalahan apa saja yang mungkin akan menghambat proyek setelah mengetahui konsep dan kondisi dari proyek sepeti ketidakmungkinan luas tapak ataupun pelanggaran peraturan atau perijinan yang ada?
  • Apakah arsitek mampu dan memiliki solusi untuk tetap bisa mewujudkan konsep yang kamu inginkan?
  • Bagaimana penghitungan biaya dari proyek dan sistem pemberian harga serta pembayaran jasa arsitek?

Selain pertanyaan-pertanyaan tersebut, jangan ragu untuk menanyakan hal-hal lain pada arsitek pada saat diskusi tengah berjalan. untuk menghilangkan keragu-raguanmu dalam menggunakan jasa sang arsitek.

6. Hemat boleh, tapi jangan menekan biaya jasa arsitek secara berlebihan

Pada poin sebelumnya, dijelaskan juga bahwa salah satu hal yang perlu kamu bahas dan diskusikan di awal sebelum memulai kerja sama dengan arsitek adalah mengenai biaya jasa sang arsitek.

Biaya Arsitekunsplash.com/@sharonmccutcheon

Untuk menentukan apakah sebuah harga jasa arsitek terlalu mahal atau tidak salah satunya dengan mencari referensi harga terlebih dahulu.

Ingatlah untuk tidak berlebihan dalam bernegosiasi dalam menentukan biaya jasa arsitek mengingat minimnya biaya jasa bisa berujung pada penurunan kualitas desain yang mungkin akan kamu terima. Jadi, lebih baik mencegah daripada rumah impianmu menjadi tidak sempurna dan sesuai yang kamu inginkan.

7. Masih ragu? Minta referensi orang terdekatmu

Referensi Arsitekunsplash.com/@rawpixel

Jika dengan segala langkah yang telah dijabarkan sebelumnya kamu masih menemukan keraguan dalam menggunakan jasa arsitek, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan kerabat atau orang terdekatmu yang sebelumnya pernah menggunakan jasa arsitek, apalagi rumah atau karya dari sang arsitek juga memiliki gaya yang sesuai dengan kemauanmu.


Itulah beberapa tips dan cara yang bisa kamu ikuti saat tengah memilih jasa arsitek untuk mewujudkan rumah impianmu. Jangan lupa perhatikan interior rumahmu juga. Di dekoruma.com, kamu bisa menemukan berbagai produk perabot dan dekor untuk rumah impian, bahkan, sampai ke jasa interior lho!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse