Nggak Selalu di Dinding, Ini 10 Kreasi Kertas Dinding Keren!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sesuai dengan namanya, kertas dinding merupakan elemen dekoratif utama pada dinding, melapisi dinding dengan kertas dinding pastinya dapat mempercantik ruangan di rumah. Terlepas dari itu, sebenarnya banyak inovasi yang bisa kamu lakukan dengan kertas dinding.

Motif dan polanya yang beragam bisa kamu aplikasikan di berbagai macam tempat, tidak hanya dinding saja. Dengan dekorasi kertas dinding, kamu bisa mengubah tampilan rumah dan furnitur dengan hasil 180 derajat berbeda dari awalnya.

Untuk bermain dekorasi menggunakan kertas dinding atau wall covering, kamu juga tidak perlu membeli kertas dinding baru, gunakan saja sisa dari kertas dinding yang telah terpakai. Berikut Kania rangkum beberapa inovasi yang bisa kamu buat untuk mempercantik hunianmu dengan kertas dinding.

1. Kertas Dinding Sebagai Dekorasi Tangga

Kertas Dinding Dekorasi Tanggapinterest.com

Dekorasi kertas dinding yang satu ini bisa menjadi sebuah kanvas baru untuk kamu berkreasi. Untuk kamu yang merasa sayang membuang sisa-sisa dari kertas dinding , kamu bisa membuat sisa kertas dinding sebagai pernik untuk menghias tangga rumahmu.

Tidak usah khawatir kalau kertas dinding yang tersisa tidak cukup, kamu bisa menempelkan kertas dinding dengan motif atau aksen yang berbeda-beda pada setiap anak tangganya.

1. Dipasang di Langit-Langit

Kertas Dinding Dekorasi Langit-Langitdecoist.com

Kertas dinding yang dipasang pada tembok mengelilingi ruangan memang bisa membuat suasana jauh lebih hidup. Namun, aksen tidak hanya datang dari dekor di dinding-dinding ruangan saja. Kamu bisa menciptakan aksen ruangan lewat  penggunaan kertas dinding yang dipasang di langit-langit ruangan.

Penggunaan kertas dinding pada langit-langit ruangan sekarang ini sedang menjadi tren karena efek yang dihasilkan pada suasana ruangan sangat signifikan. Kertas dinding bisa meghadirkan tekstur dan detail pada langit-langit yang monoton, apalagi efek ini datangnya dari atas sehingga kesannya jadi lebih dramatis. Melalui dekorasi ini, perpaduan warna cat dinding dan kertas dinding akan terlihat harmonis.

2. Dijadikan Dekorasi Lantai

Kertas Dinding Dekorasi Lantaiapartmentherapy.com

Mungkin kamu tidak pernah menyangka bahwa kamu bisa menggunakan kertas dinding pada lantai rumahmu. Tentu saja bisa, tapi sebaiknya aplikasi kertas dinding pada lantai tidak untuk ruangan yang besar. Kertas dinding yang dipasang pada lantai berfungsi sebagai elemen dekoratif saja, jadi kamu bisa menerapkannya pada ruangan-ruangan kecil, seperti ruang laundry dan setrika atau area masuk.

Kamu juga bisa menerapkan dekorasi kertas dinding pada lantai pada sudut-sudut ruangan dikombinasikan dengan material lantai seperti lantai keramik, parket, dan material lantai kayu. Jangan lupa melakukan pernis untuk kertas dinding yang telah direkatkan ke lantai.

 

4. Mempercantik Island Bar

Kertas Dinding Dekorasi Mini Barpinterest.com

Bosan dengan meja island bar yang polos? Apalagi saat kamu mencoba mendesain dapur rumahmu dengan konsep serba putih, island bar yang menjadi focal point ruangan terasa monoton dan membosankan. Saat kamu sebagai pemilik rumah mulai merasakan merasa bosan, kamu bisa mengganti furnitur atau membuatnya jadi elemen dekorasi. Island bar pun hanya jadi pemanis dapurmu saja.

Selain itu, kamu bisa memberikan sentuhan dekoratif dengan menambahkan aksen pada bagian depan island bar. Kamu bisa menempelkan kertas dinding berpola geometris yang simpel untuk konsep dapur dengan satu warna. Tambahkan dekorasi vas bunga sebagai finishing.

5. Kabinet di Rumah Jadi Makin Unik Pakai Kertas Dinding!

Kertas Dinding Dekorasi Kabinetpinterest.com

Jika kamu memiliki lemari tua yang terlihat usang dan lapuk, selain dengan cara mengecat ulang dan melakukan finishing, baik pernis atau plitur, kamu juga bisa menggunakan dekorasi kertas dinding untuk membuat hiasan rumah dengan teknik decoupage.

Dekorasi dengan kertas dinding bisa menjadi alternatif untuk kabinet yang tidak terbuat dari kayu. Sentuhan dekorasi yang kamu dapat terapkan adalah dengan menempelkan kertas dinding pada bagian laci atau menempelkannya di pinggir-pinggir kabinet.

6. Rak Biasa Jadi Luar Biasa

Kertas Dinding Dekorasi Rakapartmentherapy.com

Tidak hanya pada kabinet, kamu juga bisa mendekorasi rak buku atau rak ambalan yang menempel di dinding dengan kertas dinding. Kertas dinding tersebut ditempelkan pada bagian dalam rak, motif kertas dinding menjadi latar dari buku atau pajangan. Tampilan rak pun semakin manis dengan adanya tekstur dan detail.

Teknik ini juga bisa kamu aplikasikan pada bingkai foto, kertas dinding yang dibingkai efeknya seperti sebuah lukisan mahal yang siap dipajang untuk mempercantik rumahmu.

7. Makan Lebih Seru dengan Pelapis Meja Cantik

Kertas Dinding Dekorasi Mejapinterest.com

Kamu juga bisa menggunakan kertas dinding untuk melapisi sebuah meja kayu. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memotong kertas dinding tersebut sesuai dengan ukuran meja dan tempelkan ke permukaan meja, pasang beberapa paku payung di sisi-sisi ujung meja.

Jika kamu punya budget lebih, kamu bisa membeli beberapa variasi motif kertas dinding. Pilih jenis kertas dinding yang mudah dipasang dan dilepas seperti sebuah portable wallpaper, sehingga kamu bisa mengganti-ganti kertas dinding pada meja tersebut sesuai dengan nuansa yang ingin kamu ciptakan pada saat itu. Sama halnya dengan menciptakan suasana baru dengan cara mengganti taplak meja.

8. Kertas Dinding Untuk Dekorasi Alat Elektronik

Kertas Dinding Dekorasi Kulkasapartmentherapy.com

Kertas dinding adalah material yan pas untuk mendekorasi alat elektronik. Alat elektronik seperti kulkas umumnya memiliki permukaan luar yang glossy atau licin. Untuk bisa memperoleh tampilan yang menarik pada kulkas, biasanya casing kulkas harus dilepas dan diganti dengan casing baru yang lebih berwarna dan bermotif.

Dengan kertas dinding, kamu hanya perlu merekatkannya langsung pada permukaan luar kulkas, kertas dinding mampu merekat pada permukaan kulkas yang licin. Hasil dekorasinya pun tetap mengkilap dan masih mudah untuk dilap atau dibersikan.

9. Tidur Lebih Nyenyak dengan Dekorasi Penutup Lampu

Kertas Dinding Dekorasi Penutup Lampupinterest.com

Inovasi lain yang bisa kamu lakukan dengan kertas dinding adalah menggunakanya sebagai cover dari penutup lampu. Aksen yang diberikan kertas dinding pada penutup lampu tidak hanya melengkapi tampilan lampu yang menarik, lampu akan memberikan siluet cahaya yang cantik saat dinyalakan. Dari selembar kertas dinding, kamu bisa mendapatkan dekorasi yang apik serta ambience ruangan yang atraktif sekaligus.

10. Kertas Dinding untuk Dekorasi Tempat Sampah

Kertas Dinding Dekorasi Tempat Sampahhometalk.com

Siapa bilang tempat sampah tidak boleh berwarna-warni? Fungsinya yang sangat penting, terkadang membuat kita mengabaikan tampilan estetis dari sebuah tempat sampah. Karena kertas dinding bisa dipasang di mana pun, nggak ada salahnya menjadikan kertas dinding sebagai dekorasi tempat sampah.

Ketika ada barang di rumah yang tampilanya mencolok, pemilik rumah akan cenderung memperhatikan barang tersebut. Nah, siapa tahu dengan tampilan tempat sampah yang lebih menarik, kamu jadi semakin rajin membuang sampah pada tempatnya.


Ternyata, kertas dinding memang dapat dipakai dimana-mana ya, penerapan dekorasinya juga mudah. Variasi motifnya membantu kamu mempercantik tampilan ruangan. Setelah ini, dekorasi kertas dinding mana yang akan kamu coba?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse