5 Desain Kolam Ikan Mini ini Bisa Buat Stresmu Berkurang, Lho!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ikan merupakan salah satu hewan yang umum dijadikan sebagai hewan peliharaan di dalam rumah. Memelihara ikan bisa menjadi salah satu wadah untuk refreshing bagi pemilik ikan, terlepas dari luasan lahan di rumah. Rumah kecil tetap bisa membangun kolam ikan mini, kok. Cukup atur proporsi kolam, air mancur, batu-batuan beserta vegetasi yang ingin ditanam agar tidak ada komponen-komponen yang memakan banyak lahan. Mulai bingung? Tenang, Kania punya referensi menarik untuk kamu yang ingin memiliki kolam ikan mini. Yuk disimak!

Kolam Ikan Mini dengan Bagian Dinding Transparan

Kolam Ikan Mini Dinding Transparanagglomobile.com

Yap, kamu bisa membuat kolam koiolam ikan mini namun dengan salah satu sisi dinding kolam ikan mini yang transparan. Bagian dinding kolam menggunakan kaca, sehingga kamu bisa melihat ikan-ikan peliharaan milikmu dengan jelas. Kolam ikan mini semacam itu cocok untuk memelihara ikan hias yang cantik karena pemilik bisa melihatnya lebih menyeluruh. Biasanya, model ini identik dengan kolam ikan minimalis.

Bentukannya memang mirip dengan akuarium yang umum digunakan oleh orang-orang di rumah, namun pemasangannya tetap seperti kolam ikan mini, yaitu di dasar tanah. Model-model kolam ikan mini seperti ini cocok untuk diterapkan di tanah halaman belakang yang berkontur cukup tajam. Kolam ikan mini semacam ini cocok bila kamu menginginkan desain yang modern dan minimalis.

Desain Kolam Ikan Mini yang Menyerupai Air Terjun Kecil

Kolam Ikan Mini Air Terjunpinterest.com

Air terjun seringkali menjadi pilihan yang menarik untuk destinasi liburan. Air terjun bisa meredakan stres bagi pengunjungnya karena air yang turun dengan stabil bisa merilekskan pikiran pengunjung yang melihatnya. Nah, kamu bisa ciptakan suasana air terjun pada rumah kamu melalui kolam ikan mini, lho. Ya, kamu tidak perlu menggunakan banyak lahan untuk membuat miniatur air terjun seperti kolam ikan mini ini

Kolam Ikan Mini Air Terjunpinterest.com

Pada dasarnya, kamu bisa menggunakan sistem model air mancur yang biasa digunakan sebagai dekorasi pada taman di rumah. Intinya adalah tata letak bahan-bahan yang diperlukan. Misalnya air mancur yang dipasang dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah agar kolam ikan mini terlihat seperti air terjun.

Manfaatkan bebatuan di sekeliling kolam ikan. Tambahkan vegetasi dan tanaman hias daun yang cocok untuk ditanam di dekat air, atau bahkan di bawah permukaan air. Wah, kombinasi-kombinasi yang sangat natural tersebut bisa membuat kolam ikan mini milik kamu menjadi pereda stres yang oke!

Kolam Ikan Mini yang Menyatu dengan Teras Rumah Kamu

Kolam Ikan Mini Menyatu dengan Teraspinterest.com

Biasanya di dalam ruangan dengan lahan yang terbatas, kamu mengurangi sekat-sekat yang tidak diperlukan, sehingga ruanganmu terkesan lapang, misalnya dapur yang tidak memiliki batas sekat antara ruang keluarga menyatu dengan ruang makan minimalis. Nah, kamu bisa terapkan hal tersebut pada teras rumah kamu, lho.

Jika lahan halaman belakang kamu terbatas, kamu masih bisa membangun kolam ikan mini, kok. Kuncinya adalah mengurangi sekat-sekatnya. Misalnya di halaman belakang terdapat teras minimalis yang diisi dengan kursi dan meja tahan air, serta beralaskan lantai kayu yang kuat.

Teras ini bisa langsung kamu sambungkan dengan kolam ikan mini, sehingga kolam ikan yang ada bisa menjadi perhatian bagi orang-orang yang duduk di teras. Bunyi air serta agerak air dan ikan yang menenangkan membuat para penghuni di teras bisa memanfaatkan kolam ikan mini tersebut untuk meredakan stress.

 

Kolam Ikan Mini dengan Jembatan Kecil

Kolam Ikan Mini Jembatanpinterest.com

Ya, kamu tidak salah membaca! Kania juga merekomendasikan bentuk kolam ikan mini dengan jembatan kecil di tengahnya bila kamu senang menghabiskan waktu di taman halaman belakang. Desain kolam ikan mini yang modern juga bisa kamu terapkan dengan jembatan kecil ini. Pasanglah jalan jembatan yang terbuat dari batu di tengah kolam.

Jembatan kecil tersebut bisa kamu gunakan untuk berjalan di tengah kolam atau bahkan duduk melihat kolam ikan mini tersebut. Bentuk path jalan bisa menyesuaikan gaya desain rumah kamu.

Kolam Ikan Mini dengan Air Terjun Berundak

Kolam Ikan Mini Air Terjun Berundukfamilyhandyman.com

Kalau kamu menginginkan suasana air terjun namun dikemas dalam gaya yang lebih modern, kamu bisa tiru salah satu desain kolam ikan minimalis ini. Kolam ikan mini dengan air terjun berundak kurang lebih mirip dengan desain kolam ikan mini yang seperti air terjun kecil, perbedaannya terletak pada penggunaan bentuk material yang lebih geometris sehingga lebih mudah untuk diatur. Kolam ikan mini seperti ini bisa diletakkan di ujung taman.

Kolam Ikan Mini Berundakcloudfront.net

Bentuk bagian dasar kolam dan bebatuan yang digunakan pada ikan mini model ini adalah persegi panjang. Susunannya mirip dengan susunan anak tangga yang teratur supaya air mengalir dengan stabil. Pinggir kolam ikan mini yang simpel juga bisa menjadi sarana duduk di sana sembari melihat ikan-ikan yang berenang di desain kolam ikan minimalis ini. Sangat menenangkan, bukan?


Jadi berikut adalah contoh 5 desain kolam ikan mini yang bisa membuat stres kamu berkurang. Kunci dasar yang membuat kolam ikan mini bisa menghilangkan stres adalah elemen air yang dominan, gerak ikan yang teratur,dan pemilihan material yang cenderung natural. Desain kolam ikan mini manakah yang menjadi favoritmu? 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse