Tagihan Listrikmu Naik? Pakai Pendingin Ruangan Hemat Energi!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bagi kita yang hidup di negara dengan iklim tropis, untuk menjalankan aktivitas di dalam ruangan, sehari-harinya kita sangat tergantung dengan pendingin ruangan (AC). Dalam penggunaanya pun, kita tidak tanggung-tanggung untuk memasang pendingin ruangan pada suhu dingin maksimal dalam jangka waktu yang lama.

Dengan kondisi seperti itu, sudahkan kamu memakai pendingin ruangan yang hemat energi? Jika belum, siap-siap saja menerima tagihan listrik yang membengkak!

Pendingin Ruangan Hemat Energisamsung.com

Kali ini Kania akan membahas dengan tuntas tentang elektronik pendingin ruangan yang hemat energi. Pendingin ruangan tersebut menggunakan teknologi inverter untuk kinerja kompresornya. Untuk lebih jelasnya mengenai teknologi inverter pada pendingin ruangan, yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Teknologi Inverter?

Pendingin Ruangan Inverter

google.com

Teknologi inverter adalah teknologi terbaru yang membuat mesin pada pendingin ruangan dapat mengontrol kinerja kompresor agar tetap stabil, sehingga tidak memakan banyak energi pada saat menghasilkan temperatur ruangan yang diinginkan.

Proses ini adalah kebalikan dari mekanisme yang berlangsung pada pendingin ruangan konvensional atau non-inventer, yang menggunakan teknologi mati-nyala (on-off) pada kompresornya, sehingga daya yang dibutuhkan besar dan lebih boros energi.

Kinerja Mesin Efisien, Suara Lebih Tenang

Mengapa kinerja mesin pada pendingin ruangan dengan inverter lebih efisien? Sesaat setelah pendingin ruangan dinyalakan, kompresor yang bertugas mengalirkan gas freon akan mulai bekerja dengan kecepatan maksimal sampai mencapai suhu ruangan yang diinginkan.

Pada pendingin ruangan inventer, kecepatan kompresor langsung disesuaikan sesaat setelah mencapai suhu yang diinginkan, sehingga kompresor tidak lagi bekerja secara penuh. Berbeda dengan elektronik rumah non-inverter, kompresornya tetap bekerja maksimal selama pendingin ruangan tersebut digunakan.

Pendingin Ruangan Kinerja Efisiendigitaltrends.com

Perbedaan dari penggunaan pendingin ruangan inverter dengan pendingin ruangan non-inverter dapat jelas terdeteksi melalui suara kompresor yang dihasilkan. Karena pada non-inverter kompresor bekerja dengan penuh, suara yang dihasilkan pun bising.

Sedangkan pada teknologi inverter, kinerja kompresor pendingin ruangan  jauh lebih efisien, maka suara yang dihasilkan pun lebih senyap. Pas buatmu yang ingin suasana tenang di ruang santai.

Teknologi Hemat Energi

Pendingin Ruangan Hemat Energipinterest.com

Dengan pengoperasian mesinnya yang lebih efisien, pendingin ruangan inverter pun menjadi lebih hemat daya. Pendingin ruangan inventer bisa menghemat sampai 80% dari energi yang dibutuhkan untuk pendingin ruangan konvensional. Cocok untuk interior apartemen minimalis idaman milenial.

Teknologi inverter juga bisa menurunkan daya hingga 225 Watt saat digunakan pada waktu yang lama, seperti pada malam sampai pagi hari. Penggunaan pendingin ruangan dalam waktu yang lama, dengan adanya inverter, justru akan semakin hemat.

Mengurangi Biaya Tagihan Listrik

Hemat energi sudah pasti berarti hemat di kantong. Dengan catatan, penggunaan pendingin ruangan tersebut pun benar, maksudnya tidak selalu dipasang pada suhu dingin maksimal dan dijaga perawatannya.

Biaya tagihan listrik dari penggunaan AC inverter bisa menurun sampai 50% per bulannya. Luar biasa hemat, kan? Pas untuk jadi solusi di tengah naiknya tarif dasar listrik di Indonesia.

Pendingin Ruangan Hemat Budgetgoogle.com

Memiliki pendingin ruangan inverter seperti memiliki investasi jangka panjang. Dengan biaya listrik yang berkurang, ditambah performa ketahanan pendingin ruangan inverter yang baik, membeli AC inventer jauh lebih ekonomis.

Lebih Cepat Dingin

Selain karena pada 20 menit pertama proses pendinginan ruangan, inverter langsung menggunakan daya maksimum untuk lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan, jenis freon pada pendingin ruangan  dengan inverter juga memiliki cooling index yang tinggi, sehingga ruangan pun jadi lebih cepat dingin. Proses pendinginan dengan teknologi inverter ini 30% lebih cepat daripada pendingin ruangan konvensional.

Pendingin Ruangan Cepat Dingingoogle.com

Teknologi inverter juga mampu mendinginkan ruangan dengan temperatur yang lebih presisi. Suhu ruangan dipertahankan tanpa adanya perubahan siklus temperatur yang naik-turun, sehingga dinginnya ruang keluarga milikmu bisa tetap nyaman.

Pendingin Ruangan Ramah Lingkungan

Jenis freon pada pendingin ruangan inverter juga sangat ramah lingkungan, rata-rata menggunakan freon jenis R32. Kualitas freon tersebut memiliki nilai Global Warming Potential (Potensi Penyebab Global Warming) yang rendah. Sehingga freon yang terbuang ke udara tidak lagi bisa melubangi lubang ozon.

Pendingin Ruangan Ramah Lingkungangoogle.com

Untuk tata letak penempatan kompresor, pendingin ruangan inverter memiliki pipa hubung yang panjang, sehingga kamu dapat lebih leluasa untuk mengatur tempat penyimpanan kompresornya. Jadi, kamu bisa menciptakan daerah rumah ramah lingkungan.

Ketahanan Jangka Panjang

Untuk mendukung efisiensi kerja mesin, pendingin ruangan inverter menggunakan perangkat dengan ketahanan material yang baik. Dengan ini berarti, umur dari AC inverter untuk tetap bisa bekerja secara efektif cukup panjang.

Pendingin Ruangan Tahan Lamapinterest.com

Selain itu, pendingin ruangan inverter dapat mengembalikan aliran minyak pelumas pada pipa yang mengalir ke dalam unit AC yang ada di dalam ruangan untuk kembali menuju unit kompresor. Ketahanan pipanya pun dapat terjaga.

Teknologi Canggih dan Terkini

Pendingin ruangan inverter telah dilengkapi teknologi canggih. Pada malam hari, AC inverter dapat menurunkan suhu 1 derajat setiap dua jam sekali secara otomatis, sehingga suhu di ruangan tidak terlalu dingin. Dengan teknologi seperti ini, konsumsi listrik berlebih jadi bisa dihindari saat ruangan sudah terlalu dingin.

Pendingin Ruangan Canggihgoogle.com

Saat ini sudah ada beberapa pendingin ruangan inverter yang dilengkapi teknologi sensor. Sensor tersebut mampu mendeteksi keberadaan manusia, sehingga pendingin ruangan dapat  menaikkan dan menurunkan suhu secara otomatis.

Sebagai contoh, mendukung konsep desain futuristik, pendingin ruangan dapat mati dengan sendirinya saat tidak ada orang dalam ruangan. Fitur ini akan membuat pendingin ruangan inverter semakin hemat energi.

Perhatikan Penggunaan Pendingin Ruangan

Pilihlah kapasitas pk AC sesuai dengan kebutuhan ruang dan ukuranya. Standarnya seperti ini, pendingin ruangan dengan 1/2 pk dipasang untuk untuk ruangan paling kecil, sebesar 10 m².

1pk untuk ruangan sebesar 18 m² dan 2pk untuk ruangan berukuran 36 m². Penentuan pk ini perlu diperhatikan agar kamu tidak kedinginan ataupun kepanasan karena kapasitas pk dari AC-nya tidak pas dengan ukuran ruangan.

Penggunaan Pendingin Ruangan google.com

Perhatikan juga posisi yang tepat untuk meletakan pendingin ruangan, baik itu di kamar tidur atau di ruang TV keluarga, beberapa pendingin inverter dapat terganggu kinerjanya dan  sulit mendinginkan ruangan, saat ditempatkan dekat dengan jendela besar yang terlalu terpapar sinar matahari.

Jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk menggunakan pendingin ruangan dengan teknologi inverter, dan kamu tidak menghiraukan hal-hal diatas kamu tidak akan merasakan keuntungan maksimal dari penggunaan pendingin ruangan inverter.

Penggunaan Pendingin Ruangangoogle.com

Banyak sekali ya keunggulan dari pendingin ruangan berteknologi inverter. Selain canggih, cepat pendinginannya, dan ramah lingkungan, kinerja mesinnya yang efisien dan hemat energi, membuat pendingin ruangan inverter bisa menjadi solusi dari naiknya tagihan listrik rumahmu.

Ingat juga, dalam penggunaanya kamu tidak boleh sembarangan dan sebaiknya rutin melakukan servis setiap 2-3 bulan sekali, supaya ketahanannya terus terjaga. Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek artikel informatif lainnya di dekoruma.com, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse