Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Penghangat Ruangan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menggunakan penghangat ruangan merupakan cara paling mudah untuk membuat kamar lebih hangat ke seluruh ruangan. Meski nggak terllau banyak hunian yang menggunakanya, bukan berarti penghangat ruangan nggak memiliki banyak varian dan fitur khusus lho. Misalnya saja osilasi otomatis dan kontrol digital.

Kalau kamu sedang berencana membeli penghangat ruangan, jangan lupa perhatikan 8 tips berikut ini!

1. Kenali Jenis Penghangat Ruangan

Sebelum memilih penghangat ruangan, kenali jenis penghangat ruangan yang sesuai untuk ruangan kamu. Umumnya terdapat dua jenis penghangat ruangan, yaitu penghangat ruangan infra merah dan penghangat ruangan konvensional.

Penghangat Ruangan Infraredthespruce.com

Penghangat ruangan infra merah menggunakan gelombang infra merah untuk memanaskan area. Radiasi panas yang dihasilkan terasa saat kita berada di area yang terkena gelombang tersebut.

Konon, penghangat ruangan ini jauh lebih hemat energi serta ramah lingkungan dibandingkan penghangat ruangan konvensional. Berbeda dengan penghangat ruangan konvensional yang lebih fokus menghangatkan udara di sekelilingnya.

2. Penghangat Ruangan Portable atau Non-portable?

Jika kamu membutuhkan penghangat yang dapat dipindah ke mana saja layaknya furnitur portable, pilihlah penghangat ruangan portable/movable. Biasanya penghangat ruangan ini digunakan untuk beberapa keperluan tertentu seperti menetaskan telur. Selain itu, penghangat ruangan portable bisa digunakan untuk menghangatkan ruangan dalam waktu yang singkat.

Penghangat Ruangan Portablegoogle.com

Penghangat ruangan non-portable merupakan penghangat ruangan yang permanen dan biasa diaplikasikan pada ruang keluarga maupun di kamar tidur. Penghangat ruangan konvensional biasanya merupakan penghangat ruangan non-portable.

3. Sesuaikan dengan Luas dan Banyaknya Perabotan di Ruangan

Penghangat Ruangan Conventionalgoogle.com

Memiliki ruangan yang luas dan memiliki banyak perabotan di dalamnya? Sebaiknya kamu menggunakan penghangat ruangan konvensional. Penghangat ruangan ini akan menyebarkan kehangatan ke seluruh ruangan. Berbeda dengan penghangat ruangan infra merah yang cocok untuk ruangan kecil dan tidak banyak penghalang atau partisi ruangan di hadapannya.

4. Daya Listrik Penghangat Ruangan

Penghangat ruangan konvensional maupun infra merah keduanya sama-sama menggunakan daya listrik yang sama besar. Namun bila dihitung secara rinci, penghangat ruangan infra merah cenderung lebih hemat.

Penghangat Ruangan Daya Listrikgoogle.com

Penghangat ruangan infra merah akan langsung memberikan efek hangat segera setelah dinyalakan, berbeda dengan penghangat ruangan konvensional yang membutuhkan waktu jeda untuk merasakan efek hangat saat dinyalakan.

5. Keamanan Penghangat Ruangan

Jika tidak dipantau dengan benar, penghangat ruangan bisa jadi membahayakan karena bisa menyebabkan kebakaran. Jadi, jangan letakkan penghangat ruangan portable di dekat benda yang mudah terbakar.

Penghangat Ruangan Hindari Kebakarangoogle.com

Untuk mengurangi risiko kebakaran, banyak produsen yang melengkapi penghangat ruangannya dengan permukaan yang sejuk dan fitur mematikan daya otomatis jika penghangat ruangan secara tidak sengaja terbalik atau pelindungnya terlepas.

Selain itu, terdapat juga beberapa penghangat ruangan yang memiliki sensor. Jika suatu ruangan dirasa terlalu panas, maka penghangat ruangan akan menurunkan suhunya secara otomatis.

6. Noise-level Penghangat Ruangan

Seperti kebanyakan peralatan elektronik, banyak penghangat ruangan yang memiliki tingkat noise yang tinggi selama beroperasi. Oleh karena itu, pastikan memilih penghangat ruangan yang minim suara.

Penghangat Ruangan Suara Bisinggoogle.com

Pertimbangkan untuk tidak memilih heater fan jika kamu tidak menyukai gangguan kebisingan, karena baling-balingnya bisa menimbulkan suara berisik. Pertimbangan dari poin ini juga berhubungan dengan aktivitas di dalam ruangan. Jika aktivitas di dalam ruangan membutuhkan konsentrasi tinggi, maka pilihlah penghangat ruangan yang tidak bising.

7. Pertimbangan Harga

Penghangat Ruangan Hargagoogle.com

Pastikan memilih penghangat ruangan yang efisien dan sesuai dengan bujetmu. Umumnya brand-brand terkenal cukup kuat dan tahan lama. Perhatikan juga apa brand tersebut menyediakan garansi dan after sales service untuk produk-produknya.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse