[Report] Ruma Jumpa 4: Mengupas Keuntungan Pakai Jasa Desainer Interior

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setelah keberhasilan Ruma Jumpa sebelumnya, Ruma Jumpa hadir kembali tepat di hari Sabtu, tanggal 10 Februari 2018 kemarin. Di Ruma Jumpa yang keempat ini, dekoruma mengusung tema “Kenapa Mengisi Rumah dengan Desainer Interior Lebih Hemat & Untung?” dan membahas keuntungan menggunakan jasa desainer interior dalam mendesain rumah. 

Topik tersebut dibahas tuntas oleh dua desainer interior yang sudah sering bekerja sama dengan dekoruma (Interior Design Partner), yaitu Terry dan Matheus. Bertempat di Hong Kong Cafe yang terletak di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, acara yang sekaligus menjadi ajang kumpul-kumpul komunitas ini dihadiri kurang lebih 50 orang pencinta home & living!

Ruma Jumpa 4 Dekoruma

Perbincangan diawali dengan masing-masing dari kedua narasumber menceritakan pengalaman mereka dalam menyelesaikan proyek desain interior. Kebanyakan, case yang mereka tangani berhubungan dengan kegagalan dalam mendesain bangunan dan furnitur.

Terry menceritakan beberapa kegagalan desain yang sering ia temukan adalah struktur desain kitchen set yang buruk, seperti desain counter untuk kompor yang jebol karena rangkanya tidak mampu menopang berat kompor.

Ruma Jumpa 4

Kegagalan-kegalan desain lain yang diungkapkan oleh Terry terjadi karena pemilik rumah tidak begitu memahami tentang desain hunian yang ideal. Beberapa diantaranya adalah disproporsi dari penataan furnitur dengan dekorasi, pemilihan kombinasi warna cat dan dekorasi dinding yang tidak senada dengan warna furnitur, dan kesalahan menggunakan material beludru pada dinding ruangan.

Ruma Jumpa 4 Dekoruma

Matheus turut berbagi kisah mengenai salah satu proyek yang ia tangani untuk sebuah rumah di bilangan Pantai Indah Kapuk, saat struktur rumah yang ia tangani kurang baik sehingga langit-langit rumah jebol. Talkshow kemudian dilanjutkan dengan penjelasan bahwa kegagalan desain dalam membangun rumah dapat dihindari dengan meminta saran dari desainer interior.

Kedua narasumber kemudian memberikan penjelasan yang lebih mendalam mengenai keuntungan menggunakan jasa desainer interior, terutama untuk bangunan rumah yang luasnya terbatas.

Ruma Jumpa 4

Selain menghidari kegagalan, pemilik rumah dapat menghemat biaya dan waktu. Anggaran juga akan lebih pasti, karena telah disesuaikan dengan budget. Pemilik rumah tidak perlu membuang-buang waktu untuk membaca resensi produk dan membanding-bandingkan harga barang karena desainer interior tahu mana yang terbaik dan memiliki koneksi vendor yang luas.

Desainer interior juga dapat menjembatani komunikasi antara pemilik rumah dengan arsitek atau kontraktor, sehingga tidak terjadi miskomunikasi dan hasil akhir sesuai dengan desain yang diinginkan.

Ruma Jumpa 4 Dekoruma

Terry pun menambahkan bahwa seorang desainer interior tidak hanya mementingkan segi estetika dari desain sebuah hunian, tetapi juga kegunaannya. Pada salah satu proyek yang dikerjakan Terry bersama interior dekoruma di Jatibening, desain hunian yang diterapkan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pemilik rumah dengan mengedepankan fungsi dari furnitur dan dekorasinya.

Antusiasme pun semakin terlihat saat para peserta dipersilakan bertanya oleh MC Rindra. Salah seorang peserta bertanya mengenai solusi hemat memiliki tampilan rumah yang baru tanpa harus keluar banyak biaya. Kedua narasumber sepakat solusi yang tepat adalah melakukan furnishing atau cat ulang pada furnitur lama.

Ruma Jumpa 4 Dekoruma

Pertanyaan peserta lain juga tidak kalah menarik, pertanyaan “apakah mungkin melakukan perubahan desain di rumah?” muncul saat seorang peserta menginginkan transisi gaya dari shabby chic ke skandinavia.

Menurut kedua narasumber, solusi yang bisa dilakukan adalah menerapkan konsep yang berbeda-beda untuk setiap ruangan, tapi jangan terlalu memaksakan tetap menggunakan furnitur yang lama.

Ruma Jumpa 4 Dekoruma

Seperti pada penyelenggaraan acara Ruma Jumpa sebelumnya, talkshow ini selalu dimeriahkan dengan segmen photo competition. Kali ini hadiahnya berbeda, tim stylist dari dekoruma akan mendekorasi ulang (make over) rumah salah seorang peserta yang paling kreatif dalam menangkap momen acara Ruma Jumpa yang keempat. Acara kemudian ditutup melalui testimonial dan feedback positif dari para pengunjung yang datang.

Poster Rumah Jumpa 5 Dekoruma

Dekoruma juga menyelenggarakan acara gathering komunitas lainnya, lho! Kamu bisa menemukan teman baru dengan interest yang sama soal home and living. Tertarik? Acara Ruma Jumpa akan kembali diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 mendatang dengan tema Faktor Penting Mengisi Interior Rumah. Acaranya terbuka untuk umum dan gratis. Jika tertarik menjadi peserta, kamu bisa langsung mengisi form pendaftarannya di bawah ini! 🙂

DAFTAR ACARA RUMA JUMPA SEKARANG

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse