5 Tips Jitu Memilih Konsep Desain Toko Kekinian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Saat ini era digital berkembang dengan sangat pesat. Era digital yang serba mudah, rupanya dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mulai berjualan secara online. Dengan berjualan online, kamu bisa mencakup segmentasi yang sangat luas, daerah yang tak terbatas juga tidak memerlukan modal besar. Meski begitu, nggak sedikit orang yang memilih untuk membangun toko fisik.

Ada beberapa penjual yang lebih memilih berjualan secara offline. Tapi, untuk penjual online, kehadiran toko fisik memudahkan pembeli saat ingin menukar barang yang dibelinya secara online.  Di sinilah konsep desain toko offline menjadi penting, karena desain toko yang bagus bisa menarik calon pembeli ke tokomu. Apa saja sih, elemen penting untuk desain toko kekinian? Yuk, baca sampai akhir!

Desain toko tidak terlepas dari jenis usahanya

Desain Toko Jenis Usahanyapinterest.com

Kamu seorang yang baru akan memulai berbisnis? Mengidentifikasi jenis bisnis yang baru akan kamu mulai menjadi hal yang sangat penting. Mengapa? Karena jenis bisnis perlu disesuaikan dengan tema desain toko yang akan kamu bangun. Misalnya, kamu akan berbisnis kuliner seperti toko kue. Maka, desain tokonya akan berbeda dengan desain toko baju atau toko sepatu.

Mendefinisikan segmentasi penjualan yang berpengaruh pada desain toko

Segmentasi Desain Tokogoogle.com

Selain mengidentifikasi jenis usahamu secara pasti, kamu juga perlu mendefinisikan secara jelas konsumen yang menjadi sasaran. Apa kesukaannya, status sosial dan ekonominya, serta di mana lokasi tokonya. Desain toko yang baik adalah desain toko yang sesuai dengan kondisi konsumen sasarannya.

Menentukan tema

Tema Desain Tokoaustin.eater.com

Berikutnya, untuk memulai menentukan desain toko, jangan lupa kamu perlu menentukan temanya terlebih dulu. Tema desain toko tentunya harus sesuai dengan barang yang kamu jual. Misalnya untuk membuat toko kue, maka pilihan desain toko yang sesuai adalah desain dengan warna-warna pastel atau serba putih. Namun, jika kamu akan berbisnis pakaian dengan membuka distro, maka desain toko minimalis bisa menjadi pilihan.

Pilih warna cat tembok yang sesuai dengan tema desain toko

Perpaduan Warna Desain Tokowincantonwindow.co.uk

Warna merupakan unsur penting dalam desain karena warna dapat mempengaruhi perasaan manusia yang melihatnya. Warna dapat membentuk sudut pandang yang berbeda tergantung dari audiensnya. Selain itu, pemilihan perpaduan warna adalah salah satu aspek yang penting dalam menciptakan desain yang indah. Sama halnya dengan pemilihan warna cat rumah pada tokomu. Kombinasi warna yang tepat akan menciptakan desain toko yang maksimal.

Desain Toko Shabby Chicpinterest.com

Selain warna cat, pemilihan dekor ruangan juga nggak kalah penting. Misalnya, jika kamu membuka toko pakaian perempuan, kamu bisa memilih desain interior feminin atau interior klasik, seperti gaya shabby chic atau interior dengan desain vintage. Untuk desain vintage, misalnya, tampilkan ciri khas desain vintage seperti pemakaian furnitur bergaya jadul ataupun penerapan motif di ruangan.

Unsur pencahayaan menjadikan desain toko tampak maksimal

Pencahayaan Cukup Desain Tokopinterest.com

Cahaya menjadi bagian penting saat menkonsep tokomu. Unsur pencahayaan menjadi salah satu faktor penentu minat beli dan daya tarik konsumen terhadap suatu barang. Pencahayaan toko yang kurang baik akan menciptakan ketidaknyamanan calon pembeli, karena tentunya kamu akan kesulitan dalam memilih dan memperhatikan detail suatu barang di tempat yang cahayanya redup, bukan? Makanya, pilihlah lampu berkualitas baik untuk tokomu. Kalau ragu, jangan segan berkonsultasi dengan jasa desain interior yang sudah berpengalaman,


Itulah 5 tips  buat kamu yang tertarik untuk membuka sebuah tokoDesain toko yang baik bukan hanya cantik atau keren, tapi juga bisa mencerminkan visi bisnismu. Semoga membantu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse