8 Dekorasi yang Nggak Boleh Kelupaan di Kamar Tidur Utama

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menurut kamu, apa saja sih yang paling esensial yang harus ada pada sebuah kamar tidur utama? Kasur berukuran besar, lemari, atau meja rias yang cantik? Sebenarnya keperluan dasar yang ada dalam sebuah kamar tidur utama menyesuaikan dengan penghuninya.

Ada yang membutuhkan sistem penyimpanan (storage) yang banyak, ada yang membutuhkan pencahayaan optimal, ada pula yang membutuhkan tekstil-tekstil pada kamar tidur utama yang sesuai dengan minat. Lalu bagaimana dengan dekorasi pada kamar tidur utama?

Yuk, kita cek, apa dekorasi kamar tidur kamu sudah lengkap?

Jangan Lupa Pasang Lampu Tidur

Lampu tidur termasuk furnitur dan dekorasi yang esensial pada kamar tidur utama. Pilih kap lampu yang sesuai dengan gaya interior pada kamar tidur, ya. Lampu tidur yang dijual di pasaran cukup bervariasi, dari berbagai model hingga berbagai kelebihan yang canggih.

Lampu Tidur Kamar Tidur Utamadekoruma.com

Contoh-contoh lampu tidur yang canggih misalnya penerangan (brightness) yang bisa diatur, hingga lampu tidur yang bisa menembakkan cahaya berbentuk bintang-bintang sehingga kamar tidur utama kamu bisa saja disulap menjadi seperti planetarium. Seru, kan? Jadi jangan lupa dengan lampu tidur, ya!

Nakas yang Sesuai Minat dan Kebutuhanmu

Bila kamu belum terlalu familiar dengan istilah tersebut, nakas atau side table adalah meja kecil yang biasanya diletakan di samping kasur. Nakas sebaiknya mudah dijangkau dari kasur. Nakas juga biasanya dilengkapi dengan laci di bawah meja untuk memanfaatkan ruang yang ada sebagai tempat penyimpanan.

Nakas Tidur Kamar Tidur Utamadekoruma.com

Letaknya yang di samping kasur membuat nakas menjadi cukup ikonik di sebuah kamar tidur utama. Saat ini sudah banyak nakas yang dijual di pasaran dalam berbagai model, dari yang bertemakan modern sampai rustic. Kamu pilih yang mana?

Material Tekstil pada Kamar Tidur Utama yang Bagus

Sprei Kamar Tidur Utamadekoruma.com

Sebuah kamar tidur utama tentu menggunakan berbagai bahan tekstil untuk banyak hal, mulai dari kasur, bantal, guling, selimut, hingga sofa atau tirai. Selain fungsinya, tekstil-tekstil yang digunakan pada kamar tidur utama juga menjadi elemen dekorasi, lho, maka dari itu kamu harus pilih tekstil yang bagus dan berkualitas baik. Ketahui jenis sprei yang tepat buatmu dan tipe gorden jendela apa yang sesuai untuk hunianmu.

Pajang Foto Keluarga, Yuk!

Foto bersama keluarga atau pasangan bisa kamu jadikan sebagai elemen dekorasi pada kamar tidur utama, lho. Foto keluarga bisa mencerminkan identitas kamar tidur utama dengan baik. Kamu bebas untuk memajangnya, entah di dinding sebagai kolase bingkai foto pada bagian atas headboard, di atas nakas, atau di atas meja rias.

Bingkai Foto Kamar Tidur Utamapinterest.com

Kamu bisa menggunakan frame yang simpel, frame yang unik, atau digantung seperti orang-orang yang memajang foto polaroid. Dijamin kamar tidur utama kamu semakin nyaman untuk kamu sekeluarga.

Pamerkan Karya Seni Favoritmu

Mandala tapestry Kamar Tidur Utamapinterest.com

Bila kamu memiliki karya seni baik berupa 2 dimensi atau 3 dimensi yang cukup mewah atau menjadi favorit, kamu bisa memajangnya di kamar tidur utama. Misalnya lukisan yang ditata rapi, Mandala tapestry juga menarik untuk dipajang di kamar tidur utama.

Untuk karrya 3 dimensi, misalnya guci cina favoritmu, letakkan saja di sudut ruangan. Selain membuat kamar tidur utama kamu menjadi lebih elegan, hal ini bisa menjadi poin plus karena kamar tidur utama merupakan ruang yang tergolong pribadi di sebuah hunian.

Tampilkan Elemen Vegetasi

Apapun gaya interior rumah yang ingin kamu aplikasikan dalam kamar tidur utama, tambahkan unsur vegetasi yang simpel dan menarik. Sukulen, kaktus, atau bunga lainnya bisa menjadi opsi yang pas. Kamu malas untuk mengurusnya? Bunga-bunga palsu juga tidak masalah, kok.

Tanaman Vegetasi Kamar Tidur Utamadekoruma.com

Pajang di sudut-sudut ruangan, misalnya di dekat jendela atau di atas nakas. Bunga bisa membuat suasana kamar tidur utama jadi lebih romantis! Tapi kami punya opsi lain, lho. Kamu bisa memajang bunga kering yang dipasang di dalam sebuah frame. Pengaplikasian motif floral juga bisa dipertimbangkan.

 

Memilih Karpet yang Akan Digunakan

Karpet Kamar Tidur Utamagoogle.com

Karpet juga cukup sering dipakai pada kamar tidur utama. Walaupun karpet tidak selalu digunakan pada sebuah kamar tidur utama, karpet tetap bisa menjadi elemen dekorasi yang membuat kamar semakin nyaman.

Adanya karpet juga bisa menjadi dekorasi yang cukup dominan, lho. Karpet di pasaran dijual dengan bermacam-macam bahan, motif, warna, ukuran hingga harga yang sangat bervariasi. Pilih karpet sesuai kebutuhanmu, ya.

Tunjukkan Koleksimu pada Kamar Tidur Utama

Rak Display Kamar Tidur Utamahgtv.com

Kamar tidur utama sebaiknya tidak hanya bagus dan nyaman, tetapi juga bisa mencerminkan preferensi penghuni di dalamnya. Kamu senang mengoleksi barang mulai dari action figure sampai barang-barang antik? Letakkan saja pada rak display. Sama halnya seperti memajang karya seni di dalam kamar tidur utama, kamu tidak perlu khawatir koleksimu akan rusak atau hilang hanya karena diletakkan di luar kamar. Tentunya koleksi kamu bisa menjadi elemen dekorasi yang keren, lho.


Itulah 8 dekorasi yang nggak boleh kelupaan di kamar tidur utama. Beberapa diantaranya memang cukup esensial dari segi fungsi juga. Jangan bingung ketika memilih dekorasinya, karena kamu bisa cek secara online di dekoruma dan menemukan dekorasi yang kamu inginkan. Selamat berkreasi!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse