6 Cara Mudah Menanam Bunga Kertas di Rumah

Bunga kertas atau yang dikenal juga dengan nama bunga Bougenville adalah salah satu jenis tanaman hias yang populer karena sangat mudah dipelihara dan dirawat. Selain itu, tanaman hias bunga satu ini juga memiliki jenis dan varietas warna yang beragam sehingga kamu bisa berkreasi dengan berbagai jenis warna untuk membuat taman bunga yang cantik dan sesuai dengan impianmu.

menanam bunga kertasgardenista.com

Tertarik untuk memiliki bunga kertas di taman rumahmu? Yuk, pelajari bagaimana cara menanam bunga kertas dan juga tips perawatan agar bunga ini terus-terusan mekar dengan subur!

1. Persiapkan Media Tanam Bunga Kertas

Media Tanam Bunga Kertasbebeja.com

Salah satu karakter dari tanaman hias satu ini adalah ia menyukai media tanam yang berpori sebagai media sirkulasi udara dan drainase air yang baik. Maka dari itu, media tanam yang dianjurkan untuk menanam bunga kertas adalah media tanam campuran yang berpasir.

Gunakan campuran pasir malang dan juga tanah humus sebagai media tanam untuk menanam bunga kertas. Pasir malang yang kasar juga akan membantu menstabilkan kelembapan dari media tanam sehingga bunga kertas bisa tumbuh lebih baik

2. Menanam Bunga Kertas

Setelah media tanam siap, cara paling mudah untuk memulai adalah dengan membeli langsung bibit dari bunga kertas. Namun, jika kamu ingin mencoba mengembangbiakkannya dari tanaman yang sudah ada, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya dengan stek batang.

Pilih batang tanaman bunga kertas yang cukup dewasa lalu potong dengan potongan menyerong dan meruncing. Tancapkan batang tersebut pada media tanam sedalam lima sentimeter.

menanam bunga kertasplantsrescue.com

Teknik menanam bunga kertas selanjutnya populer dan menjadi favorit karena kamu bisa menanam berbagai jenis warna dalam satu batang yang sama. Cara melakukan sambung pucuk adalah dengan menyambung batang muda dari satu tanaman bunga kertas, ke batang tanaman bunga kertas lain yang telah dewasa. Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, metode ini akan lebih mudah berhasil ditangan para ahli.

3. Memangkas Tanaman Bunga Kertas Dengan Teratur

Memangkas Bunga Kertasblogspot.com

Setelah menanam tanaman bunga kertas, salah satu perawatan yang harus dilakukan secara rutin adalah pemangkasan. Memangkas ranting nggak hanya membantu tanaman hias tetap rapih tapi juga memberi rangsangan untuk tanaman bunga kertas tumbuh dan berbunga.

Selain ranting, memangkas akar juga diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan akar tanaman bunga kertas tidak melebihi batas kapasitas pot bunga.

4. Siram Bunga Kertas Secukupnya

menyirami bunga kertasrodalesorganiclife.com

Seperti tanaman hias lainnya, penyiraman adalah hal wajib yang perlu dilakukan agar bunga kertas bisa terus hidup subur. Namun, perlu kamu ketahui bahwa jenis tanaman hias satu ini memerlukan satu waktu dalam satu tahun tanpa penyiraman sama sekali. Masa ini disebut masa kering.

Masa ini biasanya ditandai dengan kemunculan awal-awal kuncup bunga. Pengeringan ini akan menstimulasi bermekarannya kuncup-kuncup bunga kertas tersebut. Pada masa-masa ini, hentikan penyiraman tanaman selama beberapa hari.

5. Lakukan Pemupukan Ulang

Pupuk Bunga Kertasgoogle.com

Untuk memberikan nutrisi tambahan pada bunga kertas, kamu juga perlu memberikan pupuk. Umumnya, pemupukan ini bisa dilakukan sekali dalam satu bulan. Pupuk yang bisa digunakan juga beragam, mulai dari pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk kimiawi.  Karena pada umumnya tanaman bunga kertas memiliki daya tahan yang tinggi, lakukan pemupukan sewajarnya saja agar media tanam tidak berlebihan nutrisi.

6. Letakkan Di Tempat Yang Banyak Sinar Matahari

penempatan bunga kertaspinterest.com

Jenis tanaman bunga kertas memerlukan matahari yang cukup banyak. Hal tersebut membuat bunga yang juga sering disebut tanaman hoki ini lebih cocok berada di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Dengan demikian bunga kertas akan tumbuh lebih subur.


Dengan mengikuti tips dan cara menanam dan merawat bunga kertas di atas, memiliki kuntum bunga cantik dan berwarna-warni di tamanmu bukanlah hal yang mustahil, bukan? Yuk, segera lengkapi kebutuhan perlengkapan outdoor dan taman dari Dekoruma!

Selain perlengkapan taman, kamu juga bisa menemukan aneka jenis kasur yang nyaman dan berkualitas untuk menemani tidur nyenyakmu, lho! Dekoruma jual The Luxe, Alga, Guhdo, King Koil, dan ragam merek kasur terkenal lainnya. Dekoruma juga menyediakan meja belajar, meja rias, dan aneka meja lainnya.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui DekorumaHouse, lho! Kamu bisa menemukan aneka jenis properti, seperti rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Jakarta Selatan, rumah baru di Tangerang, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat yang tentunya dengan harga terbaik. Yuk, langsung saja temukan hunian impianmu di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse