Nyentrik dan Stylish, Inilah 5 Model Atap Rumah Minimalis Masa Kini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebagai “pelindung” sebuah hunian minimalis, model atap rumah minimalis haruslah memiliki struktur desain yang kokoh dan bisa melindungi penghuni rumah dari panas dan hujan. Mungkin dari kamu banyak yang meragukan fungsi dari model atap rumah minimalis karena bentuknya yang terlalu nyentrik dan modern, jauh berbeda dari model atap konvensional. Padahal biarpun sangat stylish, model atap rumah minimalis tetap mengedepankan fungsinya.

Model atap rumah minimalis memilik karakteristik bentuk yang geometris, struktur yang tersusun rapi, dan desain yang simpel dan modern. Bentuknya memang kebanyakan datar atau miring, tetapi banyak sekali variasi desainnya. Penasaran? langsung saja simak artikel berikut ini!

1. Model Atap Rumah Minimalis dengan Kecuraman yang Ekstrim

Model Atap Rumah Minimalis dengan Kecuraman yang Ekstrim houzz.com

Tidak jarang ditemukan model atap rumah minimalis yang berbentuk ekstrim, seperti atap dari dak beton yang dipasang dengan tingkat kemiringan yang tinggi. Konsep desain seperti ini digunakan untuk meninggikan langit-langit dengan tipe-tipe plafon berukuran rendah, sehingga pertukaran udara di dalam rumah jauh lebih sehat dan tidak lembap.

Model Atap Rumah Minimalis dengan Kecuraman yang Ekstrim houzz.com

Pada model atap rumah minimalis bernama Steep Shed Roof ini, konsep desainnya dikombinasikan dengan elemen tradisional, seperti katu dan bambu untuk menciptakan kesan sejuk yang lebih maksimal.

2. Model Atap Rumah Minimalis Datar dari Bahan Konkret

Model Atap Rumah Minimalis Datar dari Bahan Konkretpinterest.com

Model atap rumah minimalis ini adalah model yang paling umum ditemukan di kawasan perumahan mewah bergaya modern. Atap ini terbuat dak beton kedap air yang dilapisi semen.

Karena tidak ada kemiringan, perlu dibuat sebuah sistem drainase yang baik pada model atap agar air hujan tidak menggenang atau membanjiri atap. Namun, dengan bentuknya yang datar, model atap rumah minimalis ini cocok diaplikasikan pada taman atau kebun di atap rumah.

2. Model Atap Rumah Minimalis Jenis Skilion

Model Atap Rumah Minimalis Jenis Skilionpinterest.com

Atap berjenis skilion adalah model atap rumah minimalis yang biasanya diterapkan pada tipe-tipe rumah yang dipasarkan di Indonesia. Bentuknya merupakan peralihan dari atap konvensional dengan dua sisi berlawanan arah, tapi kedua sisinya seperti terpotong tidak simetris.

Bagian tengah yang terpotong ini yang biasanya dijadikan tempat untuk sistem saluran air. Kemiringan model atap rumah minimalis ini pun lebih curam daripada atap konvensional.

3. Model Atap Rumah Minimalis pada Skandinavian House

Model Atap Rumah Minimalis pada Skandinavian Housedeezen.com

Selain jenis skilion, model atap rumah minimalis untuk rumah-rumah di negara Skandinavian juga merupakan model atap minimalis yang dimodifikasi dari model atap konvensional. Pada model atap rumah minimalis ini, atap terbentuk dari satu sisi dengan kemiringan yang landai.

Bagian overhang (teritis) atap sengaja dipotong dan digantikan dengan dak benton yang datar. Model atap rumah minimalis ini merupakan peleburan dari dua konsep desain berbeda yaitu, skandinavian dan minimalis.

4. Model Atap Rumah Minimalis Berbentuk V

Model Atap Rumah Minimalis Bentuk Vdeezen.com

Model atap rumah minimalis yang satu ini selain dikenal dengan atap berbentuk hurf V, juga dikenal dengan nama butterfly roof, karena memang bentuknya persis seperti kepakkan sayap kupu-kupu. Tidak seperti model atap rumah minimalis pada umumnya yang overhang-nya dibuat menurun, overhang atap ini dibuat menghadap ke atas.

Model Atap Rumah Minimalis Bentuk Vdeezen.com

Namun, sepasang sayap tersebut kedua sisinya tidak simetris, salah satu dibuat lebih landai dan menurun sebagai jalan turunnya air hujan. Bagian yang menjadi tempat bertemunya kedua sayap di dalam ruangan terlihat membenam, sehingga memberikan pengalaman ruang yang unik.


 

Itulah 5 model atap rumah minimalis yang populer di zaman ini. Tentu saja selain konstruksi bangunan, desain dan interior ruangan pun harus diperhatikan. Untuk itu, jangan lupa lengkapi interiormu dengan perabotan yang tepat. Kamu bisa menemukannya di dekoruma secara online lho. Model atap yang mana favoritmu?

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse