5 Bahaya Tungau Kasur Bagi Kesehatan Keluargamu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kasurmu sudah terlihat bersih dan nyaman digunakan untuk tidur? Amati baik-baik karena bisa saja ada bahaya yang mengintai dari tungau kasur di sana. Tungau kasur adalah hewan sejenis microspider yang hidup di lingkungan kotor dan berkembang biak dengan sangat cepat. Biasanya akan meninggalkan serpihan tubuhnya di bawah kasur, pinggir-pinggir kasur atau dilipatan sprei.

bahaya tungau kasurapartmenttherapy.com

Pada dasarmya, tungau memperoleh makanan dari serpihan kulit manusia yang mengelupas pada saat kita tidur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rata-rata setiap orang melepaskan 1,5 juta sel kulit mati per jam dan mengeluarkan keringat 0,9 liter per hari, termasuk pada saat tidur.

Bisa dibayangkan berapa banyak sel kulit mati yang menempel di kasur kesayanganmu. Itulah yang menyebabkan tungau kasur dapat berkembang biak secara pesat. Tungau kasur ini nantinya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Apa saja bahaya yang disebabkan oleh tungau kasur?

1. Tungau kasur menyebabkan alergi pada kulit gatal-gatal

Tungau Kasur Kulit Gatal Pada Kulitgoogle.com

Tungau kasur bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Jika semakin parah, maka akan berubah menjadi ruam merah. Itu merupakan reaksi yang paling umum apabila kulit terpapar kotoran tungau. Pada dasarnya, yang berbahaya bagi manusia adalah kotoran tungai, bukan tungai kasur itu sendiri.

2. Tungau kasur juga bisa menyebabkan sakit kulit

Tungau kasur juga bisa menyebabkan sakit kulitgoogle.com

 

Pada kondisi yang parah, tungai kasur dapat menyebabkan kulit yang gatal menjadi kudis (scabies). Jika seseorang terkena kudis, maka sangat rentan menularkan penyakit tersebut kepada orang lain. Selain itu, kondisi yang sangat parah pun dapat diikuti dengan demam.

Namun, kondisi yang sangat umum dan belum parah biasanya hanya gatal-gatal diikuti munculnya bentol-bentol pada permukaan kulit. Kamu tetap harus waspada, bukan berarti kondisi tersebut tidak bisa berangsur menjadi kondisi yang semakin parah. Makanya, kamu harus rajin membasmi tungau yang mungkin bersarang di kasur.

Selain alergi kulit, tungau kasur juga menjadi penyebab bersin-bersin

Tungau Kasur Bersingoogle.com

Ini merupakan alergi lain yang disebabkan oleh tungau kasur, apabila kotoran si tungau kasur bercampur dengan debu kemudian udaranya terhirup manusia ketika bernapas. Debu yang bercampur dengan kotoran tungau kasur itu akan menempel di dinding dalam hidung dan menyebabkan reaksi alergi berupa bersin-bersin.

Kotoran tungau kasur menjadi pemicu sakit pernafasan

Tungau Kasur Sakit Pernapasangoogle.com

Seperti dijelaskan sebelumnya, udara yang bercampur dengan debu dan kotoran tungau sangat berbahaya bagi pernafasan. Salah satunya karena udara kotor tersebut akan menempel pada hidung dan menghasilkan lendir yang berakibat pilek bahkan hingga kesulitan bernafas. Sprei yang dibiarkan kotor terlalu lama juga memiliki dampak yang sama. Jadi, rajinlah membersihkan kasur di rumah.

Tungau kasur sangat berbahaya bagi penderita asma

Tungau Kasur Asmagoogle.com

Selain menyebabkan alergi kulit, gatal-gatal hingga kudis dan pilek, tungau kasur juga sangat berbahaya bagi penderita asma. Asma merupakan gangguan pada saluran pernapasan manusia sehingga menyebabkan gejala berupa kesulitan bernapas bagi penderitanya.

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma atau bahkan yang tidak memiliki riwayat penyakit ini sekalipun, jika menghirup debu yang sudah bercampur dengan kotoran tungau kasur bisa saja akan mengalami gejala asma yang cukup parah.

Bagaimana cara membasmi tungau kasur?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membasmi tungau kasur. Salah satu cara yang perlu dilakukan yaitu dengan mengganti sprei dan sarung bantal serta guling secara rutin. Paling tidak ganti sprei milikmu seminggu sekali untuk menghindari kedatangan tungai kasur.

Membasmi Tungau Kasurhuffingtonpost.com

Kamu juga bisa menghindari bahan-bahan yang disukai tungai kasur, seperti bahan kapuk. Ganti bahan kapuk dengan bahan dakron atau busa. Jika kamu masih tetap ingin menggunakan bahan kapuk, sebaiknya gunakan pembungkus plastik sebelum melapisi kasur dengan sprei.

Sesekali lepaskan sprei dan bersihkan kasur dengan menggunakan vacuum cleaner. Lakukan minimal satu atau dua bulan sekali untuk menghindari tungau yang bersarang di kasurmu.


Setelah tahu bahaya tungau kasur di atas, jangan lupa lebih rajin memperhatikan kebersihan tempat tidurmu ya, apalagi sekarang nggak perlu repot membeli peralatan bersih-bersih, lewat dekoruma kamu bisa membelinya secara online. Selamat bersih-bersih!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse