7 Desain Hunian Mempesona dengan Lantai Mezanin

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hunian dengan ruangan sempit kerap menjadi permasalahan yang merepotkan. Namun dengan desain yang baik, ruangan sempit di hunian bisa menjadi nggak hanya lebih luas tapi juga lebih estesis. Salah satu caranya adalah mengaplikasikan konsep lantai mezanin pada hunian milikmu. Intip inspirasi berbagai konsep lantai mezanin pada ruang-ruang sempit di hunian bersama Kania berikut ini!

1. Perluas Hunian dengan Lantai Mezanin

Memperluas Ruang Hunianfreshome.com

Hunian dengan lantai mezanin juga bisa menjadi solusi untuk memberikan penerangan dan sirkulasi udara yang baik untuk keseluruhan bangunan rumah. Seperti pada inspirasi desain lantai mezanin satu ini, di mana setiap lantai pada rumah dibangun dengan konsep mezanin.

Hal ini membantu setiap lantai mendapatkan penerangan dan juga sirkulasi udara dari void rumah di tengah-tengah lantai mezanin. Terapkan konsep ini jika lahan rumahmu terlalu sempit untuk menangkap cahaya dan sirkulasi udara secara horizontal.

2. Hunian dengan Desain Kamar Mezanin

Hunian Kamar Mezzaninegoogle.com

Punya kamar tidur yang sempit sehingga nggak memungkinkanmu memiliki wardrobe yang layak di hunian? Manfaatkan konsep mezanin pada kamar tidurmu dengan menjadikan lantai bagian bawah sebagai wardrobe, di mana lantai bagian atas bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur.

Selain menjadikan ruang di bawah tempat tidur sebagai wardrobe, kamu juga bisa memanfaatkan konsep mezanin pada tempat tidur ini sebagai ruang belajar, ruang kerja, bahkan sudut ruang baca yang nyaman.

3. Jadikan Loteng Hunian Menjadi Mezanin

Hunian Kamar Mezzanine Lotengtrendir.com

Hunian memiliki loteng yang cukup tinggi? Jika ya, manfaatkan ruang loteng pada hunian dengan membuat lantai mezanin tambahan. Jadikan lantai mezanin di loteng  sebagai ruang-ruang tambahan saja, seperti ruang kerja, ruang belajar, ataupun ruang penyimpanan untuk menghindari suasana yang kurang nyaman karena umumnya sirkulasi udara di loteng hunian kurang baik. Tetap tempatkan ruang utama seperti ruang keluarga dan kamar tidur pada lantai utama.

4. Konsep Mezanin pada Hunian Apartemen Studio

Hunian Apartemen Studio Mezzaninepinterest.com

Punya hunian berupa apartemen studio mungil? Dengan konsep lantai mezanin, kamu bisa membuat hunian sempitmu ini menjadi jauh lebih fungsional dan terasa lebih luas. Bangun lantai mezanin diatas ruang servis seperti kamar mandi atau dapur dan ruang makan.

Lantai mezanin bisa menjadi ruang tambahan seperti ruang kerja atau ruang santai keluarga jika ruang pada lantai mezanin cukup luas.

5. Ruang Tambahan pada Hunian Lewat Lantai Mezanin

Hunian Tambahan Mezzaninehouseandgarden.co.uk

Jika kamu memiliki kebutuhan ruang tambahan seperti ruang kerja atau ruang baca namun luas dari hunian sudah sangat terbatas, kamu bisa memanfaatkan lantai mezanin tambahan pada hunian untuk mewujudkan keberadaan ruang tersebut.

Seperti ruang lantai mezanin sebelumnya, manfaatkan ruang atas, dari ruang-ruang servis seperti kamar mandi atau ruang penyimpanan untuk mewujudkan ruang mezanin tamabahan untuk kebutuhan ruang hunian milikmu.

6. Hunian dengan Lantai Mezanin Modern

Hunian Mezzanine Modernpinterest.com

Konsep mezanin juga bisa memberikan kesan lebih modern pada hunian. Pada inspirasi desain ruangan sempit dengan lantai mezanin satu ini, terdapat permainan level dari lantai mezanin yang tidak hanya untuk menambah ruang, tetapi juga menghidupkan atmosfer yang lebih dinamis pada rumah.

Gunakan material-material dan bahan bangunan modern seperti kaca dan vinil dengan bentuk-bentuk lebih berani untuk memberikan nuansa modern pada desain lantai mezanin-mu.

7. Lorong Memanjang dengan Lantai Mezanin

Hunian Mezzanine Lorong Mamanjangknk-studios.com

Punya masalah dengan desain denah yang membentuk lorong dan terlalu sempit? Siasati dengan mengaplikasikan desain lantai mezanin. Untuk menghilangkan kesan sempit, buatlah konsep ruang-ruang lantai mezanin yang lebih terbuka dan juga aplikasikan juga warna-warna terang untuk membuat efek visual yang lebih luas pada rumah dan ruang-ruang sempit di dalamnya.


Tak sulit mengaplikasikan konsep lantai mezanin pada ruang sempit di hunian milikmu, bukan? Selain membuat rumah lebih menarik, konsep ini juga bisa menjadi solusi terbatasnya lahan. Selamat berkreasi dengan ruang-ruang sempit di hunianmu!

Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan baca artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Melalui artikel Dekoruma, kamu bisa menemukan berbagai inspirasi terkait rumah, seperti inspirasi warna cat rumah bagian luar yang elegan, model rumah kayu minimalis, dan sebagainya.

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur untuk melengkapi rumahmu, lho! Dekoruma jual meja belajar, kursi makan, sofa, dan lemari. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse