7 Macam Tanaman Hortikultura yang Bisa Ditanam di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Aneka Jenis Tanaman Hortikultura

Apa sih tanaman hortikultura itu? Untuk memahami tanaman hortikultura, ada baiknya kalian ketahui dulu asal muasal dari kata ini, yaitu hortus (tanaman kebun) dan cultura (budidaya) dari bahasa Latin. Jika digabungkan, tanaman hortikultura berarti budidaya tanaman kebun.

Secara luas, tanaman hortikultura juga bisa meliputi scope lokasi yang lebih luas, termasuk produksi pertanian tradisional ataupun modern. Tanaman hortikultura memiliki ciri produk yang segar, tapi mudah rusak alias tidak tahan lama.

Macam-Macam Tanaman Hortikultura Yang Bisa Ditanam di Rumahunsplash.com/@organicdesignco

Jadi, tanaman hortikultura lebih sering mengarah pada produk-produk konsumsi seperti buah di kebun buah-buahan, walaupun ada juga yang termasuk tanaman hias. Kalau kamu punya hobi berkebun, saatnya punya tanaman hortikultura yang cocok untuk dibudidayakan di rumah!

1. Macam-Macam Bawang

Daun bawang, bawang merah, dan bawang putih — tiga macam bawang ini bisa dengan mudah menjadi tanaman hortikultura yang bisa kamu coba di rumah. Tanaman bawang cocok di daerah yang memiliki iklim kering dan sinar matahari yang cukup.

Tanaman Holtikultura Bawangblogspot.com

Selain itu, cara menumbuhkan tanaman hortikultura ini juga cukup fleksibel dengan dek lahan kebun yang kecil saja, misalnya kebun di atap. Awali saja dengan benih jenis bawang yang dikehendaki, lalu persiapkan area tanam baik berupa lahan kecil ataupun di polybag. Lakukan penyiraman, perapian, dan penyiangan yang teratur.

2. Tanaman Cabai

Tanaman Holtikultura Cabegoogle.com

Harga tanaman cabai melonjak? Tidak perlu cemas kalau kamu punya tanaman hortikultura cabai di rumah. Tidak perlu lahan luas untuk menanam cabai karena media tanam cabai cukup mudah, bisa di polybag atau pot bunga.

Cabai sangat cocok di iklim Indonesia yang terik, tapi jangan sampai lalai dalam menyiraminya supaya tidak kering, kerdil, atau rontok. Awasi juga pH tanah dengan cara menambah kapur untuk kondisi tumbuh yang semakin ideal. Kalau tanaman cabainya sudah berbuah, kamu bisa langsung menggunakannya untuk masak atau bisa juga untuk keperluan rumah tangga lainnya, seperti menghilangkan kutu beras.

3. Tomat

Sebagai jenis tanaman hortikultura yang banyak dicoba di masyarakat Indonesia, tomat merupakan produk yang masuk ke golongan yang biasa ditanam di kebun sayur dan juga buah-buahan.

Tanaman Holtikultura Tomatgoogle.com

Kaya dengan kandungan  nutrisi, tanaman hortikultura ini sering jadi favorit untuk ditambahkan ke dalam masakan, disajikan mentah sebagai pencuci mulut, bahkan digunakan sebagai tanaman obat bahan dasar obat untuk menyembuhkan penyakit.

Ada beberapa varietas tomat yang bisa dijadikan tanaman hortikultura. Yang terpenting adalah kualitas bibit tomat. Jadi, pastikan kamu memilih jenis bibit unggul untuk tanaman hortikultura tomat terbaik!

4. Sayur Sawi

Tanaman Holtikultura Sawipinterest.com

Walaupun bukan tanaman asli Indonesia, tanaman hortikultura sawi tetap menjadi favorit karena sifatnya yang cocok dengan iklim, cuaca dan tanah kita. Sawi juga umumnya tahan terhadap hujan, cuaca panas, dan tidak melihat ketinggian dataran supaya bisa tumbuh subur.

Oleh karena itu, budidaya tanaman hortikultura sawi umumnya mengikuti cara-cara merawat tanaman yang umum saja, seperti mengolah lahan, menyiapkan benih, menanam, memupuk, dan memelihara secara rutin.

5. Daun Pandan

Tanaman Holtikultura Daun Pandangoogle.com

Siapa yang tidak suka dengan tanaman hortikultura yang satu ini?

Wangi dan berkhasiat, menanam pandan bisa memberikan berbagai solusi paten untuk rumah tangga. Dimulai dari menjadi bahan masakan saat masak di dapur, mengatasi sakit perut, kurang nafsu makan, menetralisir racun, hingga mengusir bau tak sedap.

Pandan juga mudah dibudidayakan di rumah. Cukup sediakan sepetak tanah atau pot berukuran sedang di lokasi yang teduh dan mudah diairi. Pandan bisa jadi pemanis taman rumah juga, lho!

6. Kangkung

Tanaman Holtikultura Kangkunggoogle.com

Tren tanaman hidroponik sekaligus tanaman hortikultura sudah bukan hal baru lagi. Salah satu jenis tanaman hortikultura yang bisa kamu tanam dengan cara hidroponik adalah kangkung. Hanya dibutuhkan waktu 4-6 minggu setelah pembenihan dan kamu sudah bisa menikmati tanaman hortikultura yang lezat ini.

Media yang digunakan bisa berupa nampan bambu, mangkuk baskom, atau wadah lainnya di rumah. Pilih pupuk untuk tanaman hidroponik yang berkualitas supaya kangkung tumbuh lebat, sehat, dan bergizi.

7. Lidah Buaya

Tanaman Holtikultura Lidah Buayagoogle.com

Nah, tanaman hortikultura yang satu ini juga sangat mudah untuk dicoba ditanam di rumah. Hampir sama dengan pandan yang minim perawatan, tanaman lidah buaya cukup ditaruh di daerah yang teduh, tapi tetap terkena sinar matahari supaya bisa tumbuh subur. Misalnya, kamu bisa coba menanamnya di dekat kanopi di rumah. Selain bentuknya yang menarik, tanaman hortikultura ini juga kaya manfaat, terutama dalam segi kesehatan dan bisa dimanfaatkan sebagai sajian dingin bersama minuman.


Bagaimana, apa kamu jadi tertarik menanam tanaman hortikultura di rumah? Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, di Dekoruma kamu juga bisa membeli furniture online, lho!

Ada beragam jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual kursi anak, lemari dapur, meja tv, kursi teras, rak sepatu, hingga kasur. Nah, untuk kasur, Dekoruma jual The Luxe dan King Koil, dua merek kasur ternama yang nyaman banget. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu berasama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse