Nggak Disangka, Ini 7 Manfaat Kapur Barus untuk Kesehatan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu pasti biasa menggunakan kapur barus sebagai pengharum untuk kamar mandi atau ruang penyimpanan tertutup, seperti laci dan lemari, ‘kan? Wanginya yang khas dan menyengat memang bisa mengusir bau tidak sedap yang sering muncul di tempat-tempat yang kedap udara.

Kapur barus juga bisa digunakan untuk mengusir serangga dan ngengat sehingga barang-barang yang kamu simpan di lemari aman dari gangguan kecoa, gangguan rayap, atau semut. Namun, tahukah kamu bahwa kapur barus yang biasa kita temui hanyalah kapur barus sintetis?

pohon kapur barus

pinterest.com

Kapur barus pada awalnya berasal dari bahan alami, yaitu pohon kapur barus atau Cinnamomum camphora. Kalau kamu menemukan kapur barus alami, manfaat yang diberikan lebih besar dari sekedar mengusir serangga!

kristal pohon kapur barus

bobo.grid.id

Di samping dua fungsi utamanya tadi, ternyata kapur barus yang alami juga memiliki banyak manfaat  terutama untuk masalah kesehatan. Kristal putih yang menjadi komponen penyusun kapur barus berasal dari pohon Dryobalanops aromatica dan Cinnamomum camphora.

Dua bahan ini memiliki banyak kandungan material alami yang berkhasiat menyembuhkan penyakit. Mau tau apa saja khasiat dari kapur barus? Yuk langsung saja simak artikel berikut ini!

1. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Kapur barus untuk gangguan pernafasangoogle.com

Buat kamu yang punya masalah dengan gangguan pernafasan, selain selalu merapikan rumah dengan benar untuk menjaga kesehatan, kamu bisa menghirup kapur barus yang telah direbus bersama air mendidih selama 10 menit untuk menghilangkan rasa sesak yang disebabkan oleh lendir atau dahak. Sifat dekongestan yang dimiliki kapur barus bisa membantu membuka aliran udara pada saluran pernafasan yang terganggu.

Oleh karena itu, kapur barus menjadi salah satu bahan utama yang digunakan dalam pembuatan balsam gosok. Kelebihannya ini membuat kapur barus bisa membantu mengobati penyakit flu, sinus, asma, dan bronkitis. Tapi jangan lupa, ventilasi di rumah pun harus baik, ya!

2. Menghilangkan Rasa Gatal

Kapur barus dan airgoogle.com

Kapur barus juga dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal dan iritasi kulit akibat gigitan serangga. Kapur barus membantu menghilangkan bengkak pada sel-sel kulit yang memerah akibat rasa gatal.

Kamu bisa langsung mengoleskan kapur barus yang sudah dicampur dengan air pada permukaan kulit yang terinfeksi, bengkak, atau terdapat bintik-bintik merah. Jaga juga kebersihan rumahmu dari serangga, misalnya saja tungau.

3. Menyembuhkan Luka Bakar

Krim kapur barus untuk luka bakar pinterest.com

Kapur barus yang dicampur dengan air dan dibiarkan mengental seperti krim juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar kecil. Dengan mengoleskan krim secara rutin pada bagian kulit yang terbakar, kapur barus akan membantu luka untuk cepat mengering sampai terbentuk jaringan kulit baru.

Sensasi dingin yang diberikan kapur barus juga membantu meredakan rasa sakit pada syaraf dan bagian luar kulit yang terbakar. Supaya lebih efisien, taruh obat-obatan di kotak penyimpanan khusus agar kamu mudah menemukannya.

4. Mengurangi Rasa Sakit Pada Sendi

Kapur barus dan minyak kelapapinterest.com

Nggak hanya sebagai obat luar saja, efek analgesik yang dimiliki oleh kapur barus juga membuat kapur barus bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi dan otot yang diakibatkan dari kekakuan sendi, rematik, maupun keseleo.

Kamu bisa mencampur kapur barus dengan minyak kelapa. Gunakan campurannya untuk memijat bagian-bagian tubuh yang dirasa nyeri. Hal ini juga bisa membantu permasalahan gangguan syaraf jika dilakukan secara berkala. Memasang aromaterapi juga disarankan. Aromaterapi punya banyak manfaat, salah satunya untuk membantumu tetap rileks.

5. Melembabkan Kulit yang Kering

Kapur barus untuk kulit kaki yang keringgoogle.com

Karena kapur barus memiliki sifat melembabkan, kapur barus bisa membantu mengatasi beberapa permasalahan kulit kering, seperti kulit bersisik dan kulit telapak kaki yang pecah-pecah (kapalan). Caranya adalah dengan merendam kakimu pada larutan kapur barus yang dicampur dengan air.

Gunakan penggosok atau bath sponge agar sel-sel kulit mati semakin mudah terkelupas. Lakukan ini secara rutin satu minggu sekali sampai kulitmu terasa lebih halus dan kuat.

6. Menghilangkan Infeksi Jamur Pada Kuku

Larutan Kapur barus untuk infeksi jamur kuku kaki

Kulit pada jari kaki terutama ibu jari merupakan bagian kulit yang paling mudah terkena infeksi jamur. Hal ini biasanya ditandai dengan kuku yang mengeras dan warnanya mulai mengusam.

Kapur barus bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi pada kuku disebabkan oleh jamur. Untuk mengoleskannya, sebaiknya kapur barus dicampur dengan cairan lemon, minyak kayu putih, atau mentol terlebih dahulu.

7. Menyehatkan Rambut

Kapur barus untuk rambutyoutube.com

Siapa yang menyangka kalau kapur barus juga memiliki khasiat kecantikan? Dengan mencampur kapur barus dengan minyak kelapa, lalu mengoleskannya pada kulit kepala membuat rambutmu tidak mudah rontok dan bercabang.

Hal ini dikarenakan kapur barus dapat meningkatkan peredaran darah disekitar kulit kepala dan memberikan nutrisi kepada folikel rambut sehingga rambut tumbuh sehat dan kuat.

Kapur barus untuk rambut sehatyoutube.com

Wah, ternyata banyak sekali ya khasiat yang dimiliki oleh kapur barus! Apa kamu jadi tertarik mencoba menyembuhkan gangguan kesehatanmu dengan kapur barus? Tidak hanya untuk kesehatan, jika ada tikus masuk ke dalam rumah, kamu bisa melakukan cara mengusir tikus dengan kapur barus, lho!

Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek inspirasi serta informasi menarik lainnya di Dekoruma! Ragam furnitur berkualitas dengan model kekinian juga bisa kamu temukan di Dekoruma, lho! Dekoruma jual laci, meja makan, kursi teras, rak tv, lemari dapur, dan sofa minimalis. Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse