7 Desain Bangunan Paling Menakjubkan Sedunia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dalam dunia arsitektur, seni menjadi salah satu fokus utama agar tercipta sebuah desain bangunan yang memukau. Bangunan-bangunan yang paling menakjubkan pun umumnya merepresentasikan fungsi atau sesuatu yang ada di dalamnya.

Seperti bangunan-bangunan peninggalan abad pertengahan yang ada di Eropa. Tidak lagi menjadi rahasia bahwa Eropa adalah rumah bagi beberapa desain bangunan yang paling menakjubkan di dunia. Namun dengan perkembangan zaman yang terus berjalan, desain bangunan paling menakjubkan sedunia tentu dapat ditemukan di beberapa tempat, tidak hanya di Eropa saja. Mau tahu desain bangunan seperti apa saja yang paling menakjubkan sedunia? Yuk, tengok apa saja!

1. Desain Bangunan Kunsthaus Graz di Austria

Desain Bangunan Kunsthaus Graz di Austriawikipedia.org

Kunsthaus Graz memiliki desain bangunan yang sungguh kontras dengan desain bangunan lain yang ada di sekitarnya. Terletak di Kota Graz, Austria, desain bangunan ini diprakarsai oleh dua orang arsitek berkebangsaan Inggris bernama Peter Cook dan Colin Fournie.

Dibangun pada tahun 2003, pembangunannya sendiri dibuat untuk mengapresiasi perayaan kebudayaan Eropa. Yang belum banyak orang tahu adalah bahwa bangunan unik dan menakjubkan ini merupakan sebuah museum seni.

Kunsthaus Graz disebut juga sebagai “Rumah Alien” karena bentuknya benar-benar berbeda dan mungkin hanya ada di film-film fiksi ilmiah saja. Kunsthaus Graz, yang memiliki tonjolan-tonjolan jendela bulat di atapnya, menempati lahan seluas lebih dari 11 ribu meter persegi.

Desain Bangunan Kunsthaus Graz Austriamuseum-joanneum.at

Yang unik dari desain bangunan Kunsthaus Graz adalah bahwa ia terbuat dari 900 cincin lampu hias neon yang membuatnya seperti serangkaian piksel yang amat besar.

Desain bangunan berwarna blue navy ini tidak biasa dan berbeda secara bebas dari konteks desain bangunan museum pameran konvensional karena di Eropa umumnya desain bangunan museum seni mempertahankan tradisi modernis Cube Putih.

Namun pada Kunsthaus Graz, tim arsitek menggunakan idiom gaya yang inovatif yang dikenal sebagai arsitektur gumpalan dalam suasana sejarah Murvorstadt.

2. Desain Bangunan Kinemax di Prancis

Desain Bangunan Kinemax Prancistwitter.com

Nonton bioskop di mall mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Bagi kamu yang sangat menyukai film mungkin tidak ada salahnya sekali seumur hidup harus mengunjungi Kinemax di Perancis yang pertama kali dibuka pada tahun 1987 karena mahakarya arsitekturnya benar-benar luar biasa megah dan indah.

Dari sisi eksterior, desain bangunan Kinemax menyerupai kristal raksasa yang menyembul dari dataran tanah seperti bongkahan kristal yang jatuh dari langit.

Desain Bangunan Bioskop Kinemax Prancisgoogle.com

Bangunan setinggi 35 meter ini memiliki 3000 piringan cermin yang menyelimutinya dan mencerminkan lingkungan dengan deformasi dalam arah acak seperti lukisan kubisme Picasso, melambangkan kecerdasan dan kesempurnaan alam.

Di sisi interiornya, pada desain bangunan pada Kinemax terdapat layar lebar beresolusi tinggi di mana layarnya sendiri berukuran dua kali lapangan tenis dengan ruangan yang mampu menampung 440 kursi.

Letak Kinemax yang berada di depan danau buatan sangat indah dan semakin menampakkan desain bangunan yang dibuat untuk menambahkan sensasi sebelum dan sesudah menonton sebuah film.

3. Desain Bangunan Krzywy Domek di Polandia

Desain Bangunan Krzywy Domek di Polandiaflickr.com

Desain bangunan Krzywy Domek atau dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Bengkok, pertama kali dirancang pada tahun 2004 oleh dua orang arsitek bernama Szotynscy dan Zaleski.

Dengan luas mencapai 4.000 meter persegi, Krzywy Domek sendiri merupakan salah satu bagian dari Rezydent Shopping Center di Polandia. Oleh dua orang arsitek tersebut, inspirasi Krzywy Domek bersumber dari gambar dari dongeng Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg.

Desain Bangunan Krzywy Domek Polandiaflickr.com

Dari depan jelas nampak keunikan desain bangunan Krzywy Domek yang berwarna krem semu ini karena bentuknya yang meliuk-liuk. Ketika malam tiba, Krzywy Domek menampilkan lampu-lampu berwarna kekuningan yang menyinarinya dan membuatnya tampak begitu misterius.

Namun di dalamnya, hanya seperti deretan pertokoan biasa. Memang daya tarik dari desain bangunan ini adalah sisi eksteriornya yang membuat kita sadar bahwa ilusi optik yang berwujud memang ada di Polandia.

4. Desain Bangunan Nautilus House di Meksiko

Desain Bangunan Nautilus House di Meksikowikiarquitectura.com

Di saat bangunan pada umumnya dibuat menggunakan bahan seperti semen, besi atau material batu bata, di Meksiko terdapat sebuah bangunan yang bukan cuma bentuknya saja yang unik, tapi bahan pembuatnya juga. Nautilus House, begitulah nama dari bangunan tersebut. Bangunan tersebut ternyata menggunakan bahan kulit kerang sebagai bahan utama.

Desain bangunan Nautilus House dicetuskan oleh seorang arsitek bernama Javier Senosiain. Bangunan yang sangat indah untuk dilihat ini dibuat dari kulit kerang pilihan.

Desain Bangunan Nautilus House Meksiko Eksteriorpinterest.com

Struktur bangunan ini sangat halus dan memiliki tangga yang berbentuk spiral. Javier Senosiain membangun Nautilus House dengan maksud untuk membawa kehidupan yang ada di air menjadi sebuah arsitektur, terinspirasi dari karya dari Gaudi dan Frank Lloyd Wright, lalu tercetuslah Bio-Architecture.

Desain bangunan ini manmpilkan potongan mencolok pada dinding kaca yang memiliki corak warna-warni dengan bulatan-bulatan. Desain bangunan pada interior Nautilus House ini memiliki 3 lantai.

Di dalamnya terdapat tanaman kecil yang berderet menemani setiap langkah penghuninya. Dinding kerang berwarna krem menciptakan suasana yang begitu natural dan sesuai dengan konsep yang diusungnya.

5. Desain Bangunan Crazy House di Vietnam

Desain Bangunan Crazy House di Vietnambooking.com

Berdekatan dengan Indonesia dan masih berada di kawasan Asia Tenggara, mungkin orang-orang tidak akan menyangka bahwa bongkahan kayu yang menjulang itu adalah Crazy House atau yang lebih dikenal dengan nama Hang Nga Guesthouse. Berada di kota Da Lat, desain bangunan yang diusung oleh seorang arsitek bernama Dang Viet Nga ini terinspirasi dari cerita dongeng dan struktur alam serta lingkungan sekitarnya.

Desain bangunan eksteriornya menyerupai sebuah pohon beringin, dengan bukaan jendela yang tidak rata dan struktur bercabang yang tumbuh di sepanjang dindingnya dan menjulang ke atas. Desain bangunan interiornya menyajikan 10 kamar yang masing-masing memiliki tema “hewan”tersendiri.

Desain Bangunan Crazy House di Vietnam Dalat timetravelturtle.com

Misalnya, terdapat kamar macan, kamar elang, kamar kanguru, dan lain-lain yang masing-masing dekorasinya cocok dengan tema. Pada kamar elang terdapat patung elang yang mengepakkan sayapnya, begitu juga di kamar kanguru yang menggabungkan perapian yang terletak di kantung perut kanguru.

Secara garis besar, desain bangunan Crazy House menyajikan sesuatu yang berbeda dan memberikan kesan yang menenangkan karena keremangan di dalam bangunan disertai warna-warna yang natural yang tidak mencolok mata.

6. Desain Bangunan Automium di Belgia

Desain Bangunan Automium di Belgiawikipedia.org

Atomium adalah sebuah bangunan ikonik di Brussels, Belgia, yang berdiri setinggi 102 meter. Desain bangunan ini terdiri dari sembilan ruang berbentuk bulat yang berdiamter masing-masing 18 meter dengan stainless steel sebagai material pembentuknya.

Automium juga merupakan sebuah monumen yang dibangun dalam rangka Expo ’58, sebuah World’s Fair di tahun 1958. Berbentuk bola yang terhubung satu sama lain membuat seluruhnya saling berhubungan. Proses pembuatan desain bangunan Automium adalah melalui unit sel kristal besi yang diperbesar 165 milyar kali.

Desain Bangunan Automium di Belgiaflickr.com

Pada desain bangunan Automium, warna krom dipilih untuk memperlihatkan modernitas dan ide-ide yang terinspirasi dari ilmu sains. Masing-masing bola terhubung dengan eskalator dalam silinder-silinder yang mencapai 114,8 kaki. Jendela di bola paling atas menyajikan pemandangan kota Brusel.

Sedangkan bola yang lain menampilkan eksibisi tahun 1950-an kecuali tiga buah bola yang tertutup bagi pengunjung karena tidak memiliki penyangga vertikal.

7. Desain Bangunan Guggenheim Museum di Spanyol

Desain Bangunan Guggenheim Museum di Spanyolwikipedia.org

Guggenheim Museum Bilbao adalah sebuah museum seni modern dan kontemporer, yang desain bangunannya dirancang oleh arsitek Kanada-Amerika Frank Gehry, dibangun oleh Ferrovial, dan terletak di Bilbao, Basque Country, Spanyol.

Desain bangunan tersebut direalisasikan pada tahun 1997 dan dibangun di sepanjang Sungai Nervion, melalui kota Bilbao ke Pantai Atlantik dengan konteks kontemporer yang merupakan konsep yang dihubungkan dengan modernitas dan peradaban.

Desain Bangunan Guggenheim Museum di Spanyol Interiorpinterest.com

Guggenheim adalah salah satu dari beberapa museum milik Solomon R. Guggenheim Foundation dan merupakan bangunan yang paling sering disebut sebagai salah satu karya yang paling penting diselesaikan sejak tahun 1980 dalam Survei Arsitektur Dunia 2010 antara para ahli arsitektur.

Sisi eksterior desain bangunan yang dibuat dengan batu mengkilap ini tampil acak, yang dimaksudkan untuk menangkap cahaya dari arah matahari terbit karena lengkungan-lengkungannya cenderung mengarah ke timur. Sisi interiornya memusatkan perhatian ke muara sungai Bilbao.

Seperti itulah tujuh desain bangunan paling menakjubkan sedunia. Dari semuanya, mana yang paling membuatmu takjub?

Temukan ragam furnitur berkualitas untuk rumahmu hanya di Dekoruma! Dekoruma jual kursi kantor, meja makan, rak dinding, dan sofa bed dengan beragam model serta ukuran.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual VIVERE, merek dekorasi terkenal dengan beragam jenis pilihan, mulai dari vas bunga, sarung bantal sofa, hingga jam dinding unik. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Voucher Dekohouse