Hilangkan Stress, Ini 6 Keindahan Ajaib Zen Garden!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sedang mencari-cari spot yang tepat di rumah untuk dijadikan tempat meditasi atau sekedar ingin memiliki taman rumah yang bisa digunakan sebagai tempat berelaksasi? Konsep taman zen garden atau taman tradisional khas Jepang bisa jadi pilihan buat kamu yang membutuhkan sarana untuk menenangkan hati di rumah.

Istilah zen garden berasal dari taman yang ada di kuil Zen Budhism di Kyoto, taman yang ada di kuil tersebut merupakan landmark desain taman tradisional khas jepang.  Dalam bahasa Mandarin, zen memiliki arti ‘keadaan meditasi’.

Oleh karenanya, zen garden memang didesain sebagai taman yang berfungsi untuk relaksasi, meditasi, sekaligus kontemplasi. Seperti apa variasi konsep dari taman bergaya zen garden? Yuk langsung saja lihat keenam inspirasi zen garden berikut ini.

1. Zen graden khas taman rumah tradisional Jepang

Nggak seperti taman pada umumnya yang dipenuhi dengan rumput dan tanaman hijau, konsep zen garden khas bangunan tradisional rumah Jepang elemen pengisinya didominasi oleh batu alam, kerikil, dan pasir. Secara garis besar zen garden tradisional memiliki penggambaran eksotis tentang pulau-pulau yang terapung di tengah lautan.

Zen garden tradisionalarchitecturaldesign.com

Susunan batu koral, kerikil, dan pasir pada permukaanya dibuat pola yang menyerupai gelombang air yang menjadi simbol lautan. Sedangkan bebatuan yang ditumbuhi lumut, rumput semak, dan pohon bonsai, menjadi simbol daratan atau pulau.

2. Zen garden untuk rumah modern

Zen garden yang satu ini tampil modern dengan perpaduan rumput taman  dan panel-panel pagar kayu yang memagari dinding halaman belakang rumah. Konsep zen garden modern ini masih diisi oleh elemn-elemen utama penyusun zen garden seperti batu, kerikil, dan batu pasir.

Zen garden modernpinterest.com

Di area bersantai, sofa outdoor dari material rotan bersanding dengan pilihan tanaman khas daerah tropis memberikan kesan modern tropis yang kuat pada taman ini. Cocok untuk diterapkan untuk rumah-rumah modern di perkotaan.

3. Zen garden indoor yang bernuansa kayu

Selain pada taman di luar rumah, konsep zen garden juga bisa kamu terapkan di dalam rumah. Ruang kosong di sudut rumah yang terkena pencahayaan natural dari skylight bisa kamu manfaatkan untuk membuat zen garden.

Zen garden bernuansa kayupinterest.com

Agar tampil lebih sejuk, komposisi elemen penyusun zen garden, yaitu kerikil dan batu bisa dikombinasikan dengan unsur alam yang lain seperti lantai kayu dan memunculkan lebih banyak eksotisme tanaman hidup.

4. Zen garden untuk teras belakang yang kecil

Teras belakang rumah yang mungil juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat zen garden. Seperti pada zen garden ini yang memaksimalkan luasan terbatas pada teras rumah yang sederhana. Elemen kerikil dan pasir digantikan oleh tanah yang melingkupi batu-batu alam yang tersebar di teras mungil tersebut.

Zen garden teras sempitfreshome.com

Susana hangat khas zen garden muncul dari penggunaan pagar berwarna terang. Dilengkapi area transisi dari dudukan kayu sebagai tempat yang tepat untuk menikmati keindahan taman.

5. Zen garden mini di ruangan void untuk suasana segar di tengah rumah

Zen garden yang ada di dalam rumah nggak selalu harus ditempatkan di sudut rumah. Kamu juga bisa memanfaatkan bagian void rumah di bagian tengah untuk membuat zen garden mini.

zen garden ruangan voidpinterest.com

Elemen pasir, bebatuan, bambu, dan rumput semak dirangkai apik pada zen garden mini yang satu ini seperti sebuah miniatur zen garden yang ada di rumah dan kuil tradisional Jepang.

6. Zen garden yang lebih berwarna

Zen garden bisa tampil lebih dinamis apabila elemen penyusunnya memunculkan warna-warna yang lebih pekat dan beragam. Seperti pada zen garden ini yang terlihat lebih hidup dengan kombinasi batuan dan kerikil yang memiliki warna dan tekstur berbeda.

zen garden dengan rumputfreshome.com

Warna hijau dari rumput juga menyeimbangkan komposisi elemen kering tersebut. Dengannya, kesan natural yang tenang pada zen garden terasa jauh lebih hidup.


Nggak perlu menyediakan area yang luas untuk membuat zen garden. Zen garden bisa ditempatkan dimana saja, di luar ataupun di dalam rumah. Tunggu apa lagi, langsung saja coba terapkan konsep zen garden di rumahmu! Cek juga artikel-artikel menarik lainnya di dekoruma.com, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse