Nyeni Banget! Ini 7 Ide Gradasi Warna untuk Interior Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kalau mendengar istilah gradasi warna kemungkinan besar kamu akan langsung menghubungkannya dengan gaya rambut atau model baju. Wajar memang karena seni mewarnai ini sudah marak menghiasi dunia fashion dan hair styling terlebih dulu. Tapi saat ini gradasi warna juga sudah mulai populer diterapkan berbagai bidang termasuk di dunia desain interior.

Teknik pewarnaan seperti tie-dye, dip-dye, ataupun ombre memang dikenal bisa menghasilkan gradasi warna, walaupun sebenarnya ada banyak cara kreatif lainnya yang bisa membentuk gradasi warna.

Gradasi warna juga bisa muncul dari penyusunan keramik dan mozaik ataupun perpaduan beberapa warna cat yang solid. Penerapan gradasi warna di dunia desain interior juga nggak memiliki batasan, kesan artistik yang dihasilkan dari gradasi warna membuatnya bisa membaur dengan berbagai gaya interior.

Mau tahu seperti apa variasi gradasi warna di berbagai gaya interior? Yuk, langsung saja simak inspirasi berikut ini!

1. Gradasi warna pada dinding ruang tamu

Gradasi warna biru putih pada ruang tamuideal-home.com

Teknik pewarnaan ombre adalah teknik gradasi warna yang biasa diterapkan untuk mengecat dinding. Teknik gradasi warna ini menghasilkan perubahan warna tua ke muda secara halus.

Seperti yang terlihat pada warna cat ruang tamu ini, teknik ombre diterapkan untuk menghasilkan gradasi warna biru ke putih yang berubah secara perlahan dari bawah ke atas. Gradasi warna ini memberi kesan artistik yang kuat pada ruang tamu bergaya modern klasik ini.

Gradasi warna biru pada interior bohemianfreshome.com

Beda dengan gradasi warna di atas, gradasi warna pada ruang tamu bergaya bohemian ini warna krem menjadi warna akhir dari gradasi warna biru. Gradasi warna pada dinding ini juga memperlihatkan efek kusam yang membuatnya terasa menyatu dengan warna-warna kayu dan motif etnik yang tampil lewat elemen dekor ruangan.

2. Sudut ruang santai yang dibalut gradasi hijau tosca

Sudut santai dengan gradasi warna hijau toscahouzz.com

Masih dengan teknik ombre, gradasi warna pada  sudut santai ini tampil unik dengan perubahan warna yang memudar dari atas ke bawah, nggak hanya pada dinding perubahan warna ini diikuti oleh item dekorasinya.

Warna hijau tosca dari cushion empuk dan selimut terlihat memudar dengan penggunaan hammock berwarna putih. Gradasi warna yang satu ini  membuat sensasi berbaring di atas hammock seperti melayang-layang di udara.

3. Gradasi warna pada mural pegunungan di kamar anak

Kamar anak dengan gradasi warna abu-abu putihpinterest.com

Gradasi warna juga bisa muncul pada penerapan warna-warna yang solid seperti pada mural pegunungan yang menghiasi dinding desain kamar anak ini. Variasi gradasi warna solid ini memainkan warna abu-abu tua yang memuda secara vertikal. Gradasi warna yang telihat tegas seperti ini lebih mengarah pada teknik gradasi warna modern.

4. Ilusi optik dari gradasi warna pada dinding

Gradasi warna hijau putih ruang makanhouzz.com

Memainkan teknik gradasi warna ternyata juga bisa menghasilkan sebuah ilusi visual. Seperti pada ruang makan ini, perubahan warna tua ke muda yang dibuat memudar secara horizontal seperti menampakkan adanya dimensi lain pada dinding tersebut. Ruangan jadi terlihat lebih luas dengan perpaduan warna seperti ini.

5. Tirai ombre sebagai pernik dekoratif

Gradasi warna biru dongker merah marun pada tiraifreshome.com

Gradasi warna pada interior rumah nggak selalu harus diterapkan pada kanvas besar seperti dinding. Kamu juga bisa menerapkannya pada elemen dekoratif, seperti tirai atau gorden.

Uniknya, tirai di ruang tamu ini gradasi nggak memperlihatkan perubahan warna pada satu rona. Warna biru dongker berubah menjadi warna maroon dan berakhir di warna putih.

6. Furniture hack yang menghasilkan gradasi warna

DIY gradasi warna rak bukudecoist.com

Gradasi warna juga bisa dikreasikan sendiri dengan memodifikasi furnitur yang ada di rumah. Kamu bisa mengecat ulang lemari dan meja berlaci sehingga menampilkan sebuah gradasi warna.

Selain itu, menggabungkan beberapa bagian furnitur yang nggak lagi terpakai juga bisa menghasilkan gradasi warna, seperti pada rak buku ini yang dibuat dari ambalan bekas lemari ini.

Gradasi warna pada furnitur pinterest.com

Sekarang ini, furnitur yang menampilkan gradasi warna pada desainnya juga sudah marak diproduksi. Nggak hanya pada lemari dan meja berlaci saja, tapi gradasi warna juga bisa ditemukan pada kursi ataupun sofa impianmu.

7. Inspirasi gradasi warna untuk interior kamar mandi

Gradasi warna juga bisa dihasilkan dari menyusun keramik kamar mandi yang berbeda-beda warnanya. Pada dinding kamar mandi ini, keramik kamar mandi yang lebih tua dipasang dibagian tengah dinding, lalu di bagian bawahnya warna keramik pun kian memudar.

Gradasi warna keramik kamar mandigoogle.com

Selain itu, gradasi warna juga nggak harus selalu nampak dari penggunaan warna-warna yang polos, gradasi warna juga bisa munsul dari item bermotif, seperti pada kerai penutup shower ini. Uniknya perubahan warna abu nggak mengikuti turunan warnanya, dua warna terakhir dari gradasi warna abu adalah coklat muda dan krem. Nggak masalah kok, tetap menghasilkan gradasi warna yang padu.

gradasi warna pada kerai kamar mandihouse-interior.net

Gimana apa kamu jadi tertarik menerapkan gradasi warna untuk mendekorasi hunianmu? Kalau kamu suka dengan artikel inspirasi ini kamu jangan lupa share dan baca artikel lainnya dari dekoruma.com, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse