Punya Apartemen Mungil? Begini Cara Menatanya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tinggal di apartemen mungil? Mungkin, kamu merasa sulit melakukan penataan dekorasi di apartemen kecil. Hal ini disebabkan karena keterbatasan ruang yang menyulitkan pengaturan interior di dalam kamar.

Sekarang Kania bakal mengajak kamu untuk menata ulang apartemen mungil secara maksimal, memberikan kesan lebih estetik, tapi tetap fungsional. Nah, bagaimana sih caranya? Simak tips berikut ini, yuk!

Pintu Kamar Mandi dengan Panel Kaca

Apartemen Pintu Kacajonnylives.com

Mengikuti luas kamar apartemen yang mungil akan berimbas pada ukuran model kamar mandi yang juga sempit. Untuk memberikan kesan luas dan tidak pengap, kamu bisa menggunakan pintu dengan panel jenis kaca yang sekaligus bisa menambah pencahayaan ke dalam kamar mandi. Alhasil, kamar mandi kamu akan terkesan luas dan memberikan kenyamanan saat menggunakannya.

Pembagian Ruang Dapur dan Penyimpanan

Jika tidak ditata dengan baik, mungkin kamu kesulitan mencari sudut ruang yang pas untuk digunakan sebagai dapur bersih. Meskipun apartemen kesayanganmu hanya berukuran sekitar 24 meter persegi, kamu tetap bisa memiliki fungsi dapur dengan memanfaatkan ruang tersisa, lho.

Apartemen Lemari Perabotlakbermagazin.hu

Di sini, kamu bisa menggunakan rak beton yang penggunannya dibagi-bagi, misalnya sisi kanan untuk dapur beserta peralatannya, sementara bagian lainnya digunakan untuk menyimpan TV dan peralatan elektronik. Pada bagian bawah rak, kamu juga bisa memaksimalkan ruang penyimpanan untuk menempatkan koper dan sepatu.

Lanjut ke bagian samping kiri, tempatkan lemari tanpa pintu berukuran mini. Sementara bagian atas rak bisa dipakai untuk menyimpan koleksi buku dan benda-benda dekor lainnya seperti tanaman sintetis.

Aplikasikan Partisi

Apartemen Partisiaw-pc.com

Meskipun apartemen studio milikmu ukurannya sangat kecil, kamu tetap bisa mengaplikasikan partisi ruangan sebagai pembatas antara tempat tidur dan ruangan lainnya. Dalam penerapannya, tentu partisi untuk apartemen kecil memiliki bentuk berbeda dengan partisi yang biasa terdapat di rumah.

Seperti yang terlihat pada gambar, kamu bisa menggunakan partisi berbentuk slide untuk membatasi ruangan tidur. Tak hanya membuat apartemen mungil tampak menarik, kehadiran partisi memberikan batasan antara ruang privasi dan ruang publik.

Dekorasi Minimalis

Apartemen Dekorasipinterest.com

Mengingat terbatasnya lahan pada apartemen mungil, kamu pun harus pintar dalam mengatur dekorasi kamar. Sebaiknya, pilihlah dekorasi yang benar-benar fungsional. Namun jika ingin mendapatkan sentuhan berbeda di dalam kamar, kamu bisa menempelkan satu buah lukisan di dinding kamar untuk memberikan kesan artistik.

Gunakan Warna Monokrom

Penggunaan cat warna-warni di dalam apartemen mini memberikan kesan sumpek. Sebaiknya, terapkan gaya monokrom, misalnya dengan mengaplikasikan cat berwarna putih. Mengenai furnitur, kamu bisa memilih dekorasi berwarna senada dengan dinding atau dekorasi dengan ornamen warna gelap.

Pasangkan Cermin Besar

Apartemen Cermin

Pada gambar, kamu bisa melihat bahwa cermin yang terdapat di kamar apartemen berukuran sangat besar. Selain memberikan pencahayaan yang baik ke dalam kamar, kaca tersebut menyuguhkan kesan kamar menjadi lebih luas.

Namun, bagaimana jika kamar apartemen kamu hanya dilengkapi kaca atau jendela berukuran kecil? Untuk menyiasatinya kamu bisa menggunakan cermin besar dan menempatkannya di salah satu sudut ruangan untuk tetap memperoleh kesan luas.

Ciptakan Ruang Kerja Dalam Kamar

Untuk memaksimalkan ruangan di apartemen, kamu bisa menyatukan ruang kerja dengan ruang tidur. Ruangan kerja diciptakan dengan memanfaatkan salah satu sudut ruangan dekat tempat tidur. Di sini, kamu bisa menaruh sebuah meja kantor dan kursi kantor untuk menegaskan fungsinya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menata ulang apartemen mungil kamu? Kamu bisa lho, menemukan dekor dan perabotan yang kamu perlukan di Dekoruma! Dekoruma jual rak sepatu, lemari pakaian, lampu gantung, kursi bar, dan masih banyak lagi. Dekoruma juga jual King Koil dan Guhdo, merek kasur yang memberikan kamu kenyamanan maksimal saat tidur.

Selain membeli furnitur, kamu juga bisa menggunakan jasa interior apartemen Dekoruma untuk mendesain apartemenmu. Selamat mencoba tips Kania di atas!

Voucher Dekohouse