6 Hal yang Sering Kamu Lupa Waktu Membeli Pemanas Air

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pemanas air adalah salah satu item yang wajib ada di kamar mandi bagi sebagian orang. Saat cuaca dingin atau sedang tidak enak badan, pemanas air ini menjadi penyelamat untuk membasuh diri. Menemukan pemanas air di pasaran bukanlah hal yang sulit, selain itu desainnya pun semakin variatif sehingga bisa disesuaikan dengan tampilan kamar mandi.

Namun, masalah yang sering terjadi adalah ketika kamu sudah membeli pemanas air kemudian baru menyadari kalau benda ini kurang pas dengan kamar mandi dan kebutuhan penghuni tempat tinggal. Sebelum nasi berubah menjadi bubur alias kamu menyesal karena salah beli, sebaiknya pahami 6 hal yang sering kamu lupa waktu membeli pemanas air berikut ini!

1. Apakah pemanas air memiliki temperatur yang konstan?

Pemanas air memiliki temperatur yang konstangoogle.com

Ada pemanas air yang memiliki temperatur konstan dan ada juga yang selalu berubah. Pemilihan pemanas air yang memiliki temperatur konstan akan menghemat waktu saat hendak mandi karena kamu tidak perlu repot menyesuaikan temperatur yang pas di tubuh lagi.

2.  Ketahui jenis pemanas air yang sesuai

Ketahui jenis pemanas air yang sesuaigoogle.com

Pemanas air atau water heater yang dijual di pasaran terdiri atas beberapa jenis. Ada yang menggunakan gas, listrik dengan tabung, listrik tanpa tabung, serta tenaga surya. Pemanas air dengan gas adalah yang termurah di antara jenis lainnya. Namun kamu harus bersiap untuk sering membeli atau mengganti tabung gas.

Pemanas air listrik memakan banyak energi listrik, sehingga tidak disarankan untuk hunian dengan daya listrik yang kecil. Sedangkan kamu yang ingin berhemat listrik dalam jangka panjang, memiliki dana lebih, dan memimpikan rumah ramah lingkungan, bisa mencoba pemanas air dengan tenaga surya.

Cicilan Nol Persen Dekoruma

Lokasi hunian juga turut mempengaruhi pemilihan jenis pemanas air. Jika kamu tinggal di kota yang bersuhu tinggi, gunakan pemanas air listrik karena proses pemanasan air tidak akan berlangsung lama, energi listrik pun tidak terbuang banyak. Bagi kamu yang tinggal di dataran tinggi, gunakan pemanas air gas yang lebih irit berhubung airnya butuh proses lama untuk pemanasannya.

3. Membaca spesifikasi pemanas air

Membaca spesifikasi pemanas airgoogle.com

Untuk mendapatkan pemanas air atau produk elektronik yang hemat energi, kamu harus membaca spesifikasi dari produk yang ditawarkan. Biasanya, ada indikator hemat energi dengan satuan EF atau Energy Factor. Indikator ini berkisar pada 0,5 hingga 2,0. Semakin tinggi EF, maka pemanas air ini semakin hemat energi. Jangan malas membandingkan spesifikasi produk satu sama lain ya.

4. Apakah pemanas air tersebut ada pengamannya?

Apakah pemanas air tersebut ada pengamannya?google.com

Agar tidak mudah terjadi konsleting dan kerusakan lainnya, pastikan pemanas air yang kamu pilih sudah dilengkapi dengan elemen pengaman seperti ELCB, safety device, dan switch anti kontak pada bagian luar.

5. Memperhatikan kapasitas pemanas air

Memperhatikan kapasitas pemanas airgoogle.com

Jumlah air yang digunakan untuk mandi perlu disesuaikan juga dengan kapasitas pemanas air. Misalnya saja untuk mengisi bathtub, membutuhkan pemanas air dengan kapasitas setidaknya 50 liter untuk 1 orang dan 80 liter untuk 2 orang.

Untuk kamar mandi dengan shower kamar mandi dan digunakan oleh 2 orang, membutuhkan produk dengan kapasitas setidaknya sebesar 15 liter. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan satu rumah tangga dan berbagai kegiatan, kamu membutuhkan kapasitas setidaknya 150 hingga 250 liter.

6. Tidak menanyakan biaya pemasangan dan panjang pipa pemanas air

Tidak menanyakan biaya pemasangan dan panjang pipa pemanas airgoogle.com

Agar tidak terjadi kesalahan pada saat memasang pemanas air, kamu perlu menyerahkannya kepada tenaga ahli. Tanyakan kepada pihak penjual apakah kamu akan dikenai lagi biaya pemasangan tersebut. Kamu juga perlu tahu bahwa pipa pemanas air dihitung per meter. Sebelum membeli, pastikan kamu sudah mengukur panjang pipa yang dibutuhkan dan menanyakan harga pipa tersebut.


Pemilihan pemanas air yang tepat akan membuat seluruh penghuni tempat tinggal merasa nyaman dan efisien dalam jangka waktu panjang. Sudah siapkah kamu untuk memilih dan membelinya?

Temukan ragam furnitur dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual lemari pakaian, sofa, meja makan, kursi teras, hingga meja belajar minimalis. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong.

Kalau kamu sedang mencari kasur baru untuk kebutuhan tidurmu, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Ada aneka jenis kasur dari merek-merek ternama, seperti spring bed Serta, Guhdo, Comforta, dan King Koil. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse