Apa Itu Akrilik? Ini 5 Kreasi Stylish dari Bahan Akrilik!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Banyak dari kamu yang familiar dengan istilah akrilik sebagai cat untuk melukis, tapi akrilik yang Kania maksud sekarang ini adalah lembaran plastik yang menyerupai kaca yang biasa digunakan sebagai material pembuat furnitur atau bahan bangunan.

Nggak seperti kaca, akrilik memiliki bobot yang sangat ringan dan ketahanannya juga kuat. Sifatnya yang lentur membuat akrilik nggak gampang pecah dan mudah untuk dipotong ataupun dilubangi dengan bor. Biarpun begitu, akrilik tetap sama jernihnya dengan kaca. Kejernihan inilah yang membuat pernik dekorasi yang terbuat dari akrilik tampil stylish dan modern.

Penasaran pernik dekorasi apa saja yang bisa dibuat bahan akrilik? Ini dia 5 kreasi dari bahan akrilik yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Kalendar dari Akrilik

Kalendar akrilikpinterest.com

Untuk membuat kalender atau schedule board dari akrilik, bahan dan alat yang kamu perlu sediakan diantaranya adalah satu lembar akrilik yang memiliki ukuran yang sama, alat bor, empat buah sekrup standoff, dan selotip berwarna. Sebelum kedua lembar akrilik dilubangi, ukur dulu keempat sisinya untuk menandakan titik yang akan dibor.

Biasanya lembaran akrilik yang kamu beli masih dilapisi pembungkusnya. Untuk mempermudah penandaan dan pemboran, sebaiknya jangan buka dulu pembungkusnya.

Lubang bor untuk kalendar akrilikjenwood.com

Setelah keempat sisi dibor, saatnya kamu membuat tampilan kalender. Gunakan selotip berwarna untuk membentuk kolom-kolom tanggal dan hari. Kamu bisa mencetak huruf-huruf yang akan ditempelkan nantinya pada kertas sticker.

Langkah terakhir adalah menempelkan sekrup standoff ke lembaran akrilik  dinding. Tempatkan ujung bor pada bagian tengah sekrup standoff, lalu pasang bagian pentup sekrup pada akrilik dan rekatkan.

Paku kalendar akrilik jenwood.com

Tampilan akrilik yang transparan tapi juga bersifat plastik membuatnya bisa berfungsi seperti whiteboard atau papan tulis. Dengan begitu kamu bisa bebas menulis di kalendar atau schedule board dari akrilik dan dengan mudah bisa menghapusnya kembali.

Artikel-13

2. Bingkai Foto Akrilik

Bingkai foto akrilikpinterest.com

Bingkai foto akrilik nggak sekedar stylish, transparansi dari akrilik juga bisa memberikan tampilan efek melayang pada foto atau artwork yang kamu pajang di sana. Cara membingkainya sama seperti membingkai foto pada pigura biasa, kamu hanya perlu mengganti dua lapis kaca yang digunakan untuk mengapit foto dengan dua lembar akrilik. Bingkai foto akrilik ini jauh lebih aman dan ringan sehingga mudah untuk ditata dan dipindah-pindah.

Lubang bor untuk bingkai foto akriliklemonthistle.com

Jika kamu ingin merekatkan bingkai foto akrilik ini sebagai hiasan dinding, caranya nggak jauh berbeda dengan memasang kalender dari akrilik. Namun, kali ini kamu harus memastikan dua lembar akrilik terlubangi secara sejajar sehingga saat direkatkan dengan sekrup kedua pelapis ini bisa mengapit foto yang dipajang dengan pas.

3. Modifikasi Nampan Akrilik

Nampan dari akrilikgoogle.com

Akrilik dikenal sebagai salah satu material utama yang digunakan untuk berbagai wadah atau kotak penyimpanan, seperti tempat menyimpan make-up dan alat tulis. Kamu juga bisa memodifikasi tempat penyimpanan dari akrilik dengan kreasi sendiri, seperti nampan transparan ini. Tamu-tamu yang datang ke rumahmu bisa berdecak kagum kalau kamu menyajikan minuman untuk mereka dengan nampan stylish ini.

DIY nampan akrilikchasingayden.com

Cara modifikasinya sangat sederhanya, misalnya dengan mengukir permukaan akrilik dengan pola motif yang ingin kamu tampilkan. Kamu hanya perlu menjiplak motifnya dengan pena ukir (engraving pen) pada permukaan nampan akrilik.

Atau yang paling mudah adalah dengan melapisi bagian dalam akrilik dengan kertas kado. Kalau kamu susun beberapa nampan akrilik ini secara vertikal, bisa jadi rak display transparan yang stylish juga, lho.

4. Rak Tanaman Hias dari Akrilik

Rak tanaman dari akrilikdesignsponge.com

Rak akrilik yang dipasang di jendela ini bisa menjadi solusi untuk koleksi tanaman hias yang disimpan di dalam ruangan tapi tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup, seperti sukulen dan kaktus.

Rak akrilik ini juga pas ditempatkan pada jendela yang berdiameter kecil karena akrilik terhitung nggak terlalu tebal. Tapi, berat beban yang ditampungnya pun terbatas.

Bahan untuk membuat rak akrilikdesignsponge.com

Bahan dan alat utama yang diperlukan dalam membuat rak akrilik ini adalah lembaran akrilik yang dipotong menyesuaikan lebar jendela, braket untuk memasang akrilik, sekrup, dan double tape. Tentukan titik-titik di mana rak akan ditempatkan dengan membuat garis dari double tape, kemudian lubangi braket dan lembaran akrilik dengan bor sebesar diameter sekrup yang digunakan.

Rak akrilikdesignsponge.com

Tempelkan braket ke dinding dengan sekrup, bagian sekrup yang menonjol ke luar digunakan untuk menyambungkan braket dengan lembaran akrilik. Setelah seluruh lembaran akrilik terpasang, tanaman hias cantik pun siap untuk dipajang di rak akrilik ini.

5. Clipboard dari Akrilik

Clipboard dari akrilikdesignsponge.com

Untuk kamu penggermar gaya interior minimalis untuk ruang kerja atau belajar di rumah dan sedang mencari item dekor ruangan yang bisa melengkapi gaya desain tersebut, kamu bisa membuat rangkaian clipboard yang stylish dari akrilik.

Caranya mudah saja, tinggal siapkan binder clip, paku kait, pylox emas, dan beberapa akrilik yang dipotong seukuran foto polaroid (pemotongan akrilik bisa dilakukan di tempat kamu membelinya).

Bahan untuk membuat clipboard akrilikdesignsponge.com

Pylox emas digunakan untuk mewarnai binder clip, sedangkan paku kait ini digunakan untuk menggantung clipboard akrilik nantinya, cara memasangnya hanya tinggal ditancapkan ke tembok saja. Setelah binder clip yang diwarnai  kering, lembaran akrilik pun bisa langsung kamu jepit. Clipboard akrilik pun tinggal digantung. Tadaa!  kamu bisa menempelkan apapun di sana mulai dari foto, memo, bahkan aksesoris.


Gimana nggak sulit kan membuat kreasi sendiri dari akrilik? 5 kreasi dari akrilik ini nggak kalah kece dan keren dari pernik dekorasi lain yang bisa kamu beli secara langsung, lho. Yuk, langsung saja kerahkan kreativitasmu dengan mencoba membuatnya sendiri!

 

 

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse