5 Fakta Bidet, Alat Bilas Asal Perancis yang Elegan!

Meskipun kurang populer di Indonesia, tapi kamu yang pernah traveling ke negara-negara Eropa, China, Amerika Latin atau Timur Tengah pasti pernah menemukan perangkat satu ini. Ya, perangkat ini disebut bidet, berbentuk mirip wastafel namun memiliki fungsi yang jauh berbeda.

Ingin mengenal perangkat ini lebih jauh untuk diaplikasikan di toilet rumah kamu? Sekarang, Kania bakalan ajak kamu mengenal bidet lebih dalam serta menunjukan fakta-fakta menarik mengenai bidet. Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu Bidet?

Apa Itu Bidetgoogle.com

Jika wastafel bisa difungsikan untuk mencuci tangan, muka ataupun tubuh bagian atas, bidet berfungsi untuk membersihkan bagian bawah personal tubuh kamu. Bidet memiliki bentuk seperti bak pencuci yang juga sering digunakan sebagai tempat buang air kecil untuk wanita.

Bidetgoogle.com

Mengenai pembuatannya, kebanyakan bidet diproduksi menggunakan vitreous china sehingga tampilannya mirip dengan wastafel ataupun kloset. Sementara itu, pemasangannya sendiri biasa dilakukan dengan menggantungnya di dinding atau bertumpu di lantai.

Bidet Menggantungarchiproducts.com

Berikut ini, terdapat fakta-fakta menarik mengenai bidet yang wajib kamu ketahui sehingga bisa menggunakannya secara benar ataupun menempatkan bidet di toilet rumah secara tepat.

Ditempatkan Dekat Kloset

Bidet Dekat Klosetlushome.com

Kebanyakan bidet ditempatkan berdekatan dengan kloset sehingga memudahkan penggunannya. Memiliki rupa yang mirip dengan bak cuci piring pendek ataupun kloset dengan keran, jangan sampai terkecoh saat ingin menggunakannya.

Dalam pemasangannya, sebaiknya bidet memiliki ukuran setara dengan kloset sehingga memudahkan sistem pemompaan. Peletakkan bidet pun usahakan berdekatan dengan kloset agar lebih praktis saat ingin digunakan.

Dipakai Setelah Menggunakan Kloset

Membersihkan Bidetgoogle.com

Penggunaan bidet bertujuan untuk membantu kamu membersihkan bagian genital sehabis memakai kloset, baik itu kloset jongkok atau kloset duduk. Setelah kamu membersihkan bagian personal menggunakan tisu di tempat tisu, kamu bisa membasuhnya melalui bidet karena dinilai lebih higienis. Namun, pastikan tidak ada kotoran ataupun tisu yang menempel pada bagian genital sebelum menggunakan bidet karena bisa menghambat jalur air.

Bidet Terpisah dan Menyatu dengan Kloset

Di sejumlah negara, bidet ditempatkan secara terpisah dengan kloset pada kamar mandi. Bidet terpisah merupakan versi orisinil yang telah eksis di Eropa sejak abad ke-18. Tentunya, penggunaan bidet mengharuskan kamu menggunakan kloset terlebih dulu sehingga tetap higienis.

Bidet Modernamazon.com

Di era modern, bidet sudah diproduksi menyatu dengan kloset duduk. Penggunaan bidet berpadu kloset ini menyesuaikan minimnya ukuran kamar mandi di Asia ataupun Amerika. Jika menggunakan bidet jenis ini, tentunya kamu tak perlu beranjak untuk membersihkan bagian genital sehabis buang air kecil atau buang air besar.

Penggunaan Bidet Menyesuaikan Desain

Bentuk Bidetamazon.com

Dalam penggunaannya, kamu harus menyesuaikan desain pada bidet. Di sini, kamu bisa menyesuaikan posisi duduk karena terdapat bidet yang dilengkapi keran pada bagian belakang atau keran air di bagian depan. Sementara untuk bidet berpadu kloset, tentunya posisi duduk dilakukan percis seperti saat melakukan buang air.

Bidet Modern Dilengkapi Banyak Fitur

Bidet modern umumnya dilengkapi banyak fitur berupa tombol yang bisa kamu aktifkan saat ingin menggunakannya, meskipun di desain kamar mandi mungil. Untuk membasuh, kamu bisa menekan tombol wash yang bekerja mengeluarkan alat penyemprot di bagian bawah untuk membilas bagian genital.

Fitur Bidetgoogle.com

Bidet modern juga banyak yang dilengkapi pengontrol suhu air sehingga bisa disesuaikan menurut kebutuhanmu. Untuk mengeringkan air pada tubuh bagian bawah, beberapa bidet pun sudah dilengkapi fitur pengering udara sehingga tak perlu lagi menggunakan tisu toilet.


Melalui penjelasan di atas, tentunya kamu akan lebih mudah membedakan bidet, wastafel, dan kloset. Tertarik memasang bidet di rumah? Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di Dekoruma, ya!

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual Dunlopillo, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse